Sexy! Selain Batu Bara, 5 Hal ini Sebenarnya Bisa Jadi Sumber Listrik Juga Loh!

Sebuah video berjudul “Sexy Killers” yang heboh di YouTube Indonesia, sempat membuat kita tersadar akan banyaknya kebutuhan listrik bagi masyarakat Indonesia. Kita juga jadi menyadari keberadaan PLTU di Indonesia, dan prihatin akan penanganan yang kurang bagi masyarakat yang hidup di kawasan PLTU. MBDC jadi kepikiran dan mencoba mencari sumber listrik lain yang bisa jadi alternatif dari batu bara. Ternyata ada banyak loh! MBDC pengen juga kamu tahu beberapa nih.

1. Matahari

Salah satu anugerah dari Tuhan adalah Indonesia selalu dapat merasakan matahari setiap hari. Walaupun banyak dikeluhkan, karena hawa jadi panas, tapi sebenarnya dapat merasakan matahari setiap hari adalah keuntungan yang seharusnya bisa kita manfaatkan loh! Matahari harusnya diberdayakan untuk jadi sumber listrik melalui panel surya. Walaupun biayanya lebih besar, tapi sumber ini tidak merusak alam dan bisa banget diaplikasikan di Indonesia.

2. Stress

Para peneliti dari Swiss menciptakan material baru yang menghasilkan listrik saat dipelintir dan diregangkan. Fungsi bahan karet tersebut bisa diterapkan berkat efek piezoelektrik, yakni sebuah konsep tentang bagaimana gerakan dapat menghasilkan listrik. Jadi untuk menghasilkan listrik, bahan ini harus diberikan stress atau tekanan. Bisa juga nih buat jadi bahan mainan anti-stress, biar stress pikiran bisa jadi listrik. Apalagi lagi jaman nge-review mainan anti-stress gitu kan. 

3. Kincir Angin

Saat ini, pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) pertama dan satu-satunya di Indonesia hanya ada di desa Mattirotasi, Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulawesi Selatan (Sulsel). Dengan memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektare (ha) menggunakan kincir angin raksasa, PLTB Sidrap bisa menghasilkan listrik 75 megawatt untuk mensuplai listrik ke sekitar 80 ribu rumah tangga di Sulsel. Ide yang bagus nih sebenernya, dan perlu ditambah lagi, karena bisa memberdayakan wilayah Indonesia yang berangin.

4. Lantai Dansa

Namanya adalah “The Dancer”. Lantai dansa ini mampu menggunakan gerakan manusia sebagai energi. Energi kinetik ini secara langsung diubah menjadi listrik yang memberi daya pada lampu LED lantai. Keren juga sih kalo suatu saat Indonesia punya tempat Clubbing yang merangkap jadi Pembangkit Listrik Tenaga Penari. Biar ajojing lebih berfaedah gitu.

5. Miras Sitaan

Minuman beralkohol yang dipanaskan bisa diubah menjadi biogas. Para ahli mengatakan satu ton alkohol dapat membuat listrik setara yang dibutuhkan untuk menyalakan rumah selama setengah hari. Memang gak bisa memenuh kebutuhan ratusan rumah, tapi dari pada miras sitaan dibuang, atau digilas kayak gambar diatas, mendingan dijadiin listrik kan?!

Ternyata banyak juga kan sumber lain yang bisa dijadikan listrik dan lebih ramah lingkungan? Pemerintah mungkin perlu tau tentang hal ini, kalo gak tau, coba di share ya!

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!