Fakta Menarik Tentang Kain Ulos yang Dibeli di “Goresan Jejak”

Buat kamu yang nonton “Goresan Jejak” Indonesia Kaya episode 4, kamu bakal diajak buat nikmatin keindahan alam Danau Toba. Febrian yang datang sehari lebih cepat dari Adisty sempet liat-liat pembuatan ulos dan membelinya.

Nah, buat kamu yang mau beli kain Ulos, jangan sampai salah beli ya. Soalnya beda motif Ulos, beda juga fungsi penggunaannya.

1. Ulos Ragidup

Ragi artinya corak, dan Ragidup artinya lambang kehidupan. Ulos ini sulit banget pembuatannya, terdiri dari 3 bagian; dua sisi yang ditenun sekaligus, dan satu bagian tengah yang ditenun tersendiri dengan sangat rumit. Biasanya ulos ini dikasih sama orangtua pengantin perempuan ke ibu pengantin laki-laki.

2. Ulos Ragi Huting

Ulos ini sekarang udah jarang banget ditemui, zaman dulunya sipakai sama gadis-gadis Batak di bagian dada untuk menunjukkan kalau gadis tersebut patuh akan adat istiadat Batak.

3. Ulos Ragi Hotang

Ulos ini biasanya diberikan kepada sepasang pengantin. Pemberian ulos ini artinya orangtua pengantin perempuan telah menyetujui putrinya untuk diperistri oleh laki-laki tersebut. Hmmm Adisty kenapa belinya Ragi Hotang ya? Apa jangan-jangan buat Febrian?

Oiya, jangan lupa juga kunjungi website Indonesia Kaya dan ikuti kontes video dengan hadiah perjalanan cruise mewah ke Labuan Bajo. Sampaaai jumpa.

RELATED POST

RECENT POST

Lakuin 5 Hal ini Berlama-lama, Biar Cewek Kamu Keenakan


Penyakit yang Sering Diderita Anak Muda di Akhir Tahun


5 Alasan Kamu Harus Belanja Hari Ini Juga


Keseruan Jalan-jalan Men di Ideafest 2018