5 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen yang Harus Kamu Tau

Kalo kamu nonton lanjutan dari video “Goresan Jejak” Indonesia Kaya, kamu bakal kagum banget sama keindahan Api Biru Ijen, yang ternyata cuma ada 2 di dunia, yaitu di Indonesia dan di Islandia. 

Kalo kamu mau ngerasain sensasi yang sama kayak di video “Goresan Jejak” episode 2 ini, kamu emang harus pagi-pagi datengnya. Katanya sih paling pas tuh dateng sampai di kawah Ijen jam 5 pagi. Tapi sebelum itu, kamu harus tau nih beberapa fakta menarik tentang Kawah Ijen.

1. Bukan Api Beneran

Api biru ini adalah fenomena alam, yaitu gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen. Dan itu yang bikin terlihat kayak api berwarna biru. Jika dilihat dari dekat api biru di Kawah Ijen seperti api biru yang sering kamu liat di kompor gas. Udah banyak banget peneliti yang dateng ke sini buat meneliti soal fenomena alam ini. Sekitar tahun 2010-an, ada seorang peneliti dari Universitas Geneva di Swiss. Dia meneliti api biru selama 3 hari dengan cara hanya memakai masker dan kacamata hitam. Lalu tidur di bebatuan di sekitar kawah. Untuk membuktikan kalo itu emang bukan api, tapi terlihat menyala seperti api.

Kenapa harus pakai masker? Karena ternyata api ini muncul dari bersamaan dengan asap belerang dari dalam kawah. Kalo sampai terhisap, maka si korban akan mengalami pusing.

2. Rute Perjalanan

Buat kamu yang mau liat Api Biru, kamu harus naik Gunung Ijen dulu. Kurang lebih 3 km dari pos pertama pendarian di Pos Paltuding.

Perjalanan di kilometer pertama gak begitu berat, cenderung landai. Tapi begitu ke kilometer kedua mulai tanjakan yang lumayan berat. Setelah itu kamu masih harus turun ke bawah kawah kurang lebih 800 meter jauhnya. Jadi kamu siapin fisik dan perlengkapan ya, suhunya juga lumayan dingin lho.

3. Taksi Manusia

Buat kamu yang kayaknya gak kuat buat nanjak, di Kawah Ijen ini ada semacam taksi atau ojek manusia gitu. Tenag, kamu gak bakalan digendong gitu kok. Tapi ada gerobak gitu buat kamu duduk terus bakalan didorong sama mereka. Jadi kamu gak bakal capek, mungkin sedikit malu aja.

4. Penambang Belerang

Gak cuma menikmati fenomena Api Biru, di Kawah Ijen kamu juga bakal liat kegiatan penambang belerang yang hilir mudik dari dasar kawah. Kamu bakalan kaget sih ngeliat para penambang ini, karena keberaniannya dan cara menambangnya yang masih konvensional.

5. Rencana Kereta Gantung

Untuk mengembangkan pariwisata di Kawah Ijen, pemerintah pusat dan daerah berencana membangun cable car atau kereta gantung di sana. Bupati Azwar Anas berharap kereta gantung ini bisa membantu mereka yang sudah manula untuk tetap bisa menikmati keindahan Gunung Ijen tanpa harus turun ke bagian dasar kawah, sehingga bisa melihat blue fire dari kereta gantung. Semoga gak malah jadi ngerusak keindahan alamnya ya.

Oiya, jangan lupa ada kuis yang berhubungan dengan episode 2 “Goresan Jejak” di Website-nya Indonesia Kaya yang hadiahnya seru abis. Buruan, siapa tau kamu yang menang. 

RELATED POST

RECENT POST

Lakuin 5 Hal ini Berlama-lama, Biar Cewek Kamu Keenakan


Penyakit yang Sering Diderita Anak Muda di Akhir Tahun


5 Alasan Kamu Harus Belanja Hari Ini Juga


Keseruan Jalan-jalan Men di Ideafest 2018