Macem-macem Maskot Piala Dunia dari Masa Ke Masa

Gak cuma soal kompetisi sepak bola, perhelatan Piala Dunia juga selalu punya banyak hal menarik yang selalu beda-beda. Tiap negara yang jadi tuan rumah Piala Dunia, mereka pasti juga harus nyiapi maskot Piala Dunia yang unik buat nunjukin karakter negara itu sekaligus buat promosi negaranya.

Meskipun ajang piala dunia udah berlangsung dari tahunn 1930, tapi penggunaan maskot Piala dunia pertama kali tahun 1966 di Inggris. Dan penggunaan maskot ini berlanjut terus sampe sekarang. Buat kamu yang lupa atau mungkin belum tau, nih macam-macam maskot Piala Dunia dari yang paling terakhir.

1. Zabivaka (Rusia 2018)

Zabivaka si serigala sporty yang lagi asik main bola. Dalam bahasa Rusia, Zabivaka itu artinya “Sang Pecetak Gol”. Kalo kata orang-orang jaman dulu, nama adalah doa. Mungkin harapannya di dari maskot Piala Dunia ini, Rusia berharap bisa lebih banyak nyetak gol dari tahun-tahun sebelumnya. Zabivaka dibuat sama mahasiswi desain grafis Tomsk State University, Yekaterina Bocharova. Dia nyiptain Zabivaka karena terinspirasi dari kartus Disney loh.

2. Fuleco (Brasil 2014)

Nama Fuleco diambil dari kata futebol yang artinya sepak bola dan ecologia yang artinya lingkungan. Brazil gak cuma sekedar ngejadiin Fuleco sebagai maksot Piala Dunia doang, tapi juga mau mengkampanyekan buat ngejaga kelestarian armadio, hewan endemik Brazil yang sekarang udah hampir punah. Makanya di ajang Piala Dunia lalu, armadilo dijadiin maskot Piala Dunia Brazil.

3. Zakumi (Afrika Selatan 2010)

Karakter Zakumi ngewakilin hewan yang sering ditemuin di Afrika Selatan, yaitu macan tutul. Nama Zakumi diambil dari gabungan kode negara Afrika Selatan yaitu “ZA” dan kumi, salah satu kata dari bahasa Afrika yang artinya sepuluh

4. Goleo VI (Jerman 2006)

Maskot Piala Dunia Jerman 2006, Goleo, bertentuk singa dan selalu berdampingan sama Pille, si bola yang bisa ngomong. Nama Goleo merupakan gabungan dari kata Goal dan Leo. Sebenernya karakter Goleo sempet dapet banyak kritik, soalnya singa bukan ikonnya Jerman, justru singa ngelambangin negara sainggan Jerman, yaitu Inggris.

5. Ato, Kaz, dan Nik aka The Spheriks (Korea Selatan-Jepang 2002)

The Spheriks yang terdiri dari Ato, Kaz, dan Nik ini bisa dibilang unik banget. Dengan warna oren (Ato), ungu (Nik) dan biru (Kaz), karakter The Spheriks jadi terkesan futuristik. The Spheriks juga pernah dibiki serial animasinya loh. Mereka tergabung di Atmoball, olahraga semacam sepak bola dimana Ato sebagai pelatihnya, Nik dan Kaz sebagai pemain.

6. Footix (Prancis 1998)

Footix berwujud ayam jantan, yang juga merupakan lambang dari negara Prancis. Sesuai sama jersey timnas Prancis waktu itu, warna baju Footix juga disesuaikan sama jersey timnas Prancis. Nama Footix diambil dari kata Football yang udah pasti tau lah ya artinya apa, dan ditambah akhiran -ix, nama akhiran yang di kalangan orang-orang Galia.

7. Striker (Amerika Serikat 1994)

Sebenernya di Amerika, sepak bola bukan olahraga yang populer. Jadi pas Amerika jadi tuan rumah Piala Dunia, yang dipilih jadi maskotnya adalah hewan yang paling umum, yaitu anjing. 

8. Ciao (Italia 1990)

Diantara maskot Piala Dunia Lainnya, mungkin Ciao ini yang bentuknya paling gak biasa. Dengan bentuk stick figure yang kepalanya dari bola, dengan warna merah putih hijau sesuai sama bendera Italia. 

9. Pique (Meksiko 1986)

Di Piala Dunia tahun 1986, cabe jalapeno khas Meksiko yang jadi maskot yang dikasih nama Pique. Nama Pique berasal dari kata picante, bahasa Spanyol yang artinya pedas. 

10. Naranjito (Spanyol 1982)

Naranjito merupakan maskot pertama yang dibuat selain dari bentuk manusia dan hewan. Naranjito diambil dari kata naranja dalam bahasa Spanyol yang artinya jeruk. Yap, sesuai namaya, bentuk Naranjito pun berbentuk bulan berwarna oren kaya buah jeruk. Naranjito pake jersey warna merah dan biru, sesuai sama karakter Spanyol.

11. Gauchito (Argentina 1978)

Gaucho, sebutan bocah gembala hewan asal Argentina jadi maskot di Piala Dunia tahun 1978 yang dikasih nama Gauchito. Gauchito pake topi, syal, dan bawa cambuk yang bisa diliat gayanya aja udah Argentina banget. Apalagi Guchito pake jersey belang biru-putih sesuai sama bendera Argentina.

12. Tip dan Tap (Jerman Barat 1974)

Tip dan Tap, dua anak laki-laki yang pake jersey timnas Jerman dengan tulisan WM 74 di dadanya. Kata WM sendiri singkatan dari Weltmeisterschaft yang kalo diterjemahin artinya Piala Dunia.

13. Juanito (Meksiko 1970)

Juanito digambarkan sebagai sosok anak laki-laki tembem dengan topi sambero khas Meksiko dengan tulisan MEXICO 70. Dikasih nama Juanito soalnya nama Juan merupakan nama yang umum banget di Spayol.

14. World Cup Willie (Inggris 1966)

Dan inilah maskot pertama dari perhelatan Piala Dunia. World Cup Willie, maskot berbentuk singa jantan yang lagi main bola ini didesain sama ilustrator buku anak-anak dari Inggris, Reg Hoye. Singa yang juga merupakan simbol dari kerjaan Inggris, mengenakan kaos Union Jack dengan tulisan WORLD CUP di bagian dada.

Kalo favorit kamu, maskot yang mana nih?

Ditulis oleh: Aulia Niken Anggraini

Artikel Piala Dunia Lainnya

RELATED POST

RECENT POST

Ada Presiden Kroasia Pas Final Piala Dunia, Bikin Gagal Fokus, Ternyata Ini Penyebabnya


Harusnya yang Menang Piala Dunia Itu Kroasia Aja, Ini Dia 5 Alasannya


Lebih Bangga Mana Diendorse Sama Online Shop atau Kayak Cowok Satu Ini?


Tetew! We The Fest Bakal Ada Lagi nih! Tetew! Taun ini Line upnya Kece-kece! Nih Liat Aja Sendiri!