Motor Boleh Lewat Thamrin, Kecelakaan Akan Bertambah

Hari ini resmi sudah motor boleh melintasi jalan Thamrin. Salah satu jalan protokol di Jakarta yang sejak Desember 2014 itu bebas sepeda motor kini boleh dilintasi oleh kendaraan roda dua menyusul hasil putusan Mahkamah Agung yang mencabut Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat pukul 06.00 sampai 23.00 WIB.

Alasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jelas. Ia ingin kendaraan roda dua atau sepeda motor bisa melintasi Jalan MH Thamrin lagi. Dia mau warga Jakarta bisa mengakses seluruh jalan di Jakarta. Anies ingin Jakarta “Accessible”

“Jadi, rancangan yang sudah ada supaya diubah agar bisa mengakomodasi kendaraan roda dua. Kami ingin pastikan bahwa seluruh areal di Jakarta ini memang accessible kepada warganya, baik yang roda dua, roda empat, maupun lebih,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan sejak November tahun lalu seperti yang dikutip Kompas.com

baca juga

Meski demikian, tentu ada banyak yang tidak setuju soal pencabutan larangan ini. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra salah satunya juga Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa serta banyak pihak lainnya, termasuk pengamat transportasi. 

Dilansir dari Detik, Kombes Halim kuatir angka kecelakaaan akan bertambah seiring dengan dikeluarkannya kebijakan baru ini. 

Sebagai perbandingan, di tahun 2016, jumlah kecelakaan adalah sebanyak 8.985, dari angka itu, 5.626 di antaranya melibatkan sepeda motor. Di tahun 2017 jumlah angka kecelakaan 8.090, dari angka itu 5.043 di antaranya melibatkan sepeda motor. 

Nah, jika dibandingkan tahun 2016 ke 2017 ada penurunan 10 persen.

baca juga

Nah, apakah nanti semuanya akan berubah seiring dengan diperbolehkannya lagi motor masuk ke Thamrin? Kalo pengendara motor sih mana peduli? Yang penting mereka bisa mudah kemana-mana dan cepet sampai tujuan. Bukankah sebagian besar yang pake motor juga pengennya begitu? Kamu juga kan?  

baca juga

RELATED POST