Band-band Ini Pernah Gagal Manggung di Luar Negri

Bermain di luar negri adalah impian semua band Indonesia. Siapapun band kalau ditawarin main di luar negri, ya pasti mau aja. Apalagi kalau di festival sekelas SXSW (South By Southwest) yang digelar di Austin, Houston Texas. 

Sejak tahun 1987, SXSW emang sudah dikenal sebagai festival musik yang mengakomodiir band-band yang tak terdengar dari seluruh dunia. Selain musik, SXSW juga ikut menyertakan screening film dan art, diskusi, workshop dan lain sebagainya.  

Banyak band Indonesia yang telah berlaga di festival ini. Rata-rata ya band-band di luar mainstream, mulai dari White Shoes and The Couples Company, The SIGIT sampai Shaggydog. 

Baru-baru ini, diumumkan bahwa tiga band Indonesia, masing-masing Efek Rumah Kaca, Stars and Rabbit dan Kimokal terpilih untuk berlaga di SXSW tahun ini. 

Meski demikian, ternyata gak semua band bisa lancar main di SXSW. Ada juga loh band yang udah kepilih tapi sayangnya mereka batal main di festival ini.

Sore

Di tahun 2011, band yang digawangi Ade Paloh, Awan Gardina, Reza Dwiputranto dan Bemby Gusti ini pernah terpilih main di SXSW. Namun karena permasalahan visa dan budget, mereka batal berangkat. 

The Experience Brothers

Alasan visa dan pendanaan juga jadi kendala bagi duo rock asal Bekasi yang digawangi dua bersaudara, Daud Sarassin dan Ibrahim Saladdin. Harusnya mereka bermain di SXSW di tahun 2014.  

Sigmun

Bersamaan dengan The Experience Brothers, band rock asal Bandung Sigmun harusnya bermain di SXSW 2014 lalu, namun kesalahpahaman akan pendaftaran visa yang diajukan Sigmun dengan Kedutaan Amerika jadi pengganjal mereka untuk bermain pertama kali di Amerika. Padahal mereka sudah melakukan penggalangan dana untuk bermain di sana. 

yang demen festival

The Trees and the wild

Band indierock asal Jakarta ini harusnya bermain di SXSW di tahun 2017, namun niat mereka batal karena mereka tidak terpilih karena syarat yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai pihak yang membantu memberangkatkan musisi ke SXSW harus band yang pergi dibatasi cuma 5 orang termasuk personel. Secara personil Trees and The Wild saja lebih dari 5 orang, belum dengan roadie dan manajer, syarat itu tak bisa dipenuhi mereka, imbasnya mereka batal. 

Kimokal

Bersama dengan The Trees and The Wild, duo elektronik asal Jakarta ini juuga harusnya bermain di SXSW di tahun 2017, namun karena mereka tidak terpilih karena syarat yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang pergi dibatasi cuma 5 orang termasuk personel, ya mereka batal berangkat. 

The SIGIT

Di tahun 2008, band rock asal Bandung ini harusnya bermain di festival SXSW bersama White Shoes and The Couples Company. Namun karena permasalahan waktu keluar visa ditambah dengan keterbatasan dana, mereka urun berangkat. MEski demikian di tahun 2009 mereka akhirnya bisa tampil di Austin, bahkan mereka sekalian menggelar konser di sekitaran California juga. Wow!

yang suka nonton band

RELATED POST

RECENT POST

Lakuin 5 Hal ini Berlama-lama, Biar Cewek Kamu Keenakan


Penyakit yang Sering Diderita Anak Muda di Akhir Tahun


5 Alasan Kamu Harus Belanja Hari Ini Juga


Keseruan Jalan-jalan Men di Ideafest 2018