Padahal Udah Masuk Mata Najwa, Gak Taunya Ilmuwan 'The Next Habibie' ini Cuma Pepesan Kosong

Akhir-akhir ini, nama Dwi Hartanto kian santer. Dia adalah (konon) ilmuwan asal Indonesia yang mengaku berprestasi dan mengharumkan nama bangsa namun ternyata kabar tersebut hanyalah pepesan kosong alias bohong. 

Ini dimulai dari sebuah berita dari Detik tentang profil Dwi Hartanto yang kemudian jadi viral di beberapa media online di Indonesia. Dan yang paling parahnya, pada November tahun lalu, ia pernah diwawancarai oleh Najwa Shihab di program Mata Najwa, langsung dari Belanda lho. Dwi Hartanto juga pernah disebut oleh mantan presiden BJ Habibie dalam salah satu program di Metro TV. 


Berikut ini beberapa kebohongan yang dikarang oleh Dwi Hartanto

1.  Lulusan Sarjana di Tokyo Institute of Technology, Jepang

2. Juara riset teknologi antar space agency dunia di Jerman tahun 2017, hadiahnya cek sebesar EUR 15000

3.  Merancang dan meluncurkan roket TARAV7s di Belanda tahun 2015

4. Ahli dalam bidang kedirgantaraan dan telah mengantongi 3 jenis paten

5. Sedang mengembangkan teknologi pesawat tempur generasi ke-6

6. Mengembangkan dan mengorbitkan active nanosatellite di Belanda tahun 2009

Padahal semuanya itu cuma pepesan kosong alias karangan belaka. Ia sendiri sudah menandatangani surat yang berisi pengakuan bahwa beberapa hal yang selama ini disampaikannya ke publik itu bohong. 

Nih dia suratnya, 

Wah, sayang yah. Sekelas mahasiswa doktoral kudu bohong sama orang banyak. Kini yang tadinya mba Najwa mungkin Pak Habibie bangga terhadap Dwi udah kecewa banget ya setelah mengetahui bahwa semua yang dibeberkan tentang prestasinya hanyalah sebuah kebohongan. 

Eh tapi ngomong-ngomong soal bohong nih

Selain prestasi kira-kira apa sih topik-topik yang bisa buat bahan bohong? 

kebohongan di sekitar kita

Status

Topik bohong yang standar dan paling umum. Kenalan sama cewek, ngaku single padahal udah nikah. Atau kegep pake cincin kawin, tapi ngakunya baru aja cerai. 

Nonton konser

Anak musik sering melakukan kebohongan yang keren ini. Cuma pengen dianggap keren aja, orang-orang sampe bela-belain ngobrol dia udah pernah nonton konsernya artis-artis dunia. 

Nonton film

Ini kejadiannya kalo lagi ada film yang lagi hype, pengennya semua orang gak mau kalah kalo mereka adalah orang yang pertama kali nonton. 

Dengerin lagu

Topik ini lebih kepada tujuan biar akrab dengan lawan bicara ketika ngobrolin musik. Kadang orang berbohong pernah denger lagu dari artis tertentu, biar keliatan asik aja, referensinya banyak. 

Nah, kamu pernah bohong apa aja nih? 

yang pengen gak bohong

RELATED POST