Pengguna Mac Terancam Perangkatnya Ke-Lock Sendiri dan Dimintai Uang Tebusan Sama Hacker

Buat pengguna mac, mau iPhone, iMac, iPod atau apapun itu, kayaknya kamu bakal gak tenang kalo tau berita ini. Soalnya udah sekitar lima orang yang ngelaporin kalo perangkat mac-nya mendadak jadi Lost Mode. 

Sebenernya fitur Lost Mode adalah fitur yang ada di dalam perangkat mac. Fitur itu biasanya dipake buat jaga-jaga kalo prangkat kamu dicuri orang lain. Fitur Lost Mode akan mengamankan semua data sehingga si pencuri gak bisa buka. 

Tapi masalahnya, fitur itu dipake buat hacker untuk dapetin uang. 

Mereka manfaatin fitur Lost Mode supaya bisa minta tebusan sama si pengguna Mac. Jadi cara kerja mereka begini. Pertama mereka hack semua data icloud pengguna mac. setelah itu mereka ngaktifin Lost Mode. Jadi walaupun kamu gak aktifin fitur itu, fitur itu akan tetep aktif. Dan walaupun kamu tau password kamu, kamu tetep gak bisa akses. 

Abis mengaktifkan Lost Mode, si hacker akan minta kamu ngirim pesan ke email yang dia kasih. Hal itu bertujuan supaya si hacker tau email kamu dan bisa matiin Lost Mode.

Tapi dengan syarat kamu harus transfer sejumlah uang ke akun yang udah dikasih sama si hacker. Tapi itu juga gak jaminan bakal dibukain lagi Lost Mode-nya sama si hacker. 

Cara kerja modelan kayak gini hampir sama kayak virus ransomware WannaCry yang belom lama ini sempet bikin heboh orang sedunia. Jadi gimana nih? Masih berani pake mac?

Artikel tentang hacker lainnya

RELATED POST