Terungkap Sudah Warna Asli Patung Liberty di New York

Siapa yang tak kenal dengan Patung Liberty yang menjadi simbol kemerdekaan dan kebebasan yang berdiri kokoh di Kota New York di Amerika Serikat. Patung wanita yang memakai mahkota dan mengangkat obor dengan tangan kanan ini pun jadi salah satu hal yang tak pernah luput ditampilkan dalam berbagai film besutan Hollywood.

Sudah berapa banyak film yang menggambarkan bencana yang kemudian menjatuhkan Patung Liberty. Tapi kali ini kita bukan membahas tentang kehancuran Patung Liberty dalam film, melainkan tentang wujud asli sesungguhnya Patung Liberty.

Kamu pasti gak tahu, kan, kalau sebenarnya Patung Liberty yang diberikan oleh Prancis pada 1886 ini bukanlah berwarna biru-kehijauan seperti sekarang.

Lah, jadi warna aslinya apa, dong?

Baru-baru ini sebuah badan bernama American Chemical Society merilis video yang menjelaskan tentang evolusi Patung Liberty secara ilmiah. Ternyata patung setinggi 93 meter ini mengandung 30 ton tembaga. Kalau begitu jelas, dong, harusnya Patung Liberty berwarna apa? Ya, sama seperti warna tembaga, yaitu merah-kecokelatan. Pasti kamu pernah lihat tembaga dalam keseharian.

Terus, warna biru-kehijauannya apakah cat? Tentu bukan, katanya warna ini muncul disebabkan oleh oksidasi yang terjadi pada 30 tahun pertama Patung Liberty diletakkan di Pelabuhan New York yang menghadap laut. Oksidasi oleh oksigen, hujan, dan air laut telah mengubah warna Patung Liberty. Hm, kalau kamu belum seratus persen percaya, coba aja kamu bikin patung tembaga dan taruh di dekat pantai atau pelabuhan Muara Angke, kita tunggu 30 tahun lagi apakah warnanya berubah.

Sumber

BACA JUGA DEH!

RELATED POST

RECENT POST

Gara-gara Kecelakaan Fortuner, Pamor Bakpao Kembali Naik


Keluh Kesah Kejadian yang Selalu Ada Setelah Jam Olahraga


Suka Duka Kejadian yang Selalu Ada di Mobil Antar Jemput Pas Pulang Sekolah


Kebiasaan Orang Indonesia Kalo Ada Petir Suka Ngomong Kayak Gini Nih