Penerbangan Jakarta-Banyuwangi Dibuka, ini 4 Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi di Sana!

Kabar gembira buat para pejalan, sekarang kalau ingin ke Banyuwangi enggak perlu serepot dulu. Sebelumnya dari Jakarta kita hanya bisa naik pesawat hingga Surabaya, lalu lanjut pesawat lain atau naik kereta ke Banyuwangi. Sekarang maskapai NAM Air membuka penerbangan langsung ke Banyuwangi.

Ada dua penerbangan dalam sehari, yaitu pukul 07.05 WIB dan 09.05 WIB, dengan durasi penerbangan 1,5 jam. Pesawatnya adalah Boeing 737-500 dengan kapasitas 150 penumpang.

Nah, sesampainya di Banyuwangi, ini 4 pantai rekomendasi Jalan2Men yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Jaraknya sekitar 67 kilometer dari Kota Banyuwangi. Kita bisa naik bus atau menyewa mobil ke sini. Pantai ini terkenal dengan bukit kecil di pesisirnya, yang akan terlihat makin indah saat matahari terbenam.

Selain itu pantainya yang landai asyik untuk duduk-duduk bersantai menikmati pemandangan. Untuk pencinta ombak, pantai ini cocok banget untuk berselancar. Tak heran kalau kita akan melihat banyak yang berselancar di sini.

2. Pantai Teluk Hijau

Sesuai namanya, pantai tersembunyi yang berada di sebuah teluk ini memiliki air jernih berwarna toska. Letaknya di Desa Sarongan, termasuk wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Untuk mencapainya, kamu bisa menyewa perahu dari desa nelayan di daerah Pantai Rajekwesi. Kalau kamu rajin, bisa juga trekking melewati hutan.

Pantai ini bisa untuk snorkeling atau direnangi, dan kalau ingin berkemah, kamu bisa meminta izin ke Taman Nasional Meru Betiri terlebih dahulu, ya.

3. Pantai Sukamade

Pantai ini masih satu wilayah dengan Teluk Hijau, yaitu di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Bedanya pantai ini terkenal sebagai habitat penyu raksasa dan kita bisa menyaksikannya bertelur. Kita bisa mencari pemandu di sana dan ikut tur untuk melepas tukik atau anak penyu.

Kalau penasaran dengan Pantai Sukamade, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor sekitar 15 kilometer dari Teluk Hijau.

4. Pantai Plengkung (G-Land)

Inilah pantai idaman bagi para peselancar dari seluruh dunia. Pantai Plengkung yang berada di Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu lokasi selancar terbaik di dunia. Pada pertengahan tahun, antara Juli dan September, ombak di sin bisa mencapai 8 meter.

Dari Banyuwangi, kita bisa sewa mobil menuju Tegaldlimo selama 2 jam, lalu lanjut ke Pos Pancur di TN Alas Purwo selama 1 jam. Sesampainya di Pos Pancur, kita bisa trekking 2 jam ke pantai atau sewa Jeep dan motor trail milik pengelola taman nasional.

Baca Ini Juga