Konser Rich Chigga di New York Minim Tepuk Tangan

Itu yang dirasakan oleh sebagian orang Indonesia yang kebetulan nonton aksi bocah rapper ajaib dari Jakarta yang namanya Rich Chigga.

Seperti kita tau bahwa Rich Chigga lagi ngadain tur nya ke Amerika Serikat

Dimulai dari kota New York (10 Mei), lalu ke Orange County (14 Mei) dan berakhir di Los Angeles (15 Mei). Di New York sendiri, Rich Chigga tampil di venue kecil namanya SOB’s (Sound of Brazil) letaknya di daerah Tribeca.

Zeke Khaseli, musisi asal Jakarta, vokalis band Zeke And The Popo yang kebetulan lagi tinggal di New York untuk sekolah di sana gak sengaja dateng ke konser itu demi memuaskan rasa dahaganya akan rapper asal Jakarta ini.

Dan seperti apa konsernya, ini dia hasil laporan padangan mata Zeke tentang konser Rich Chigga di New York.

Pintu sendiri baru dibuka jam 10.30 dan konsernya jam 11.30 (wah malam banget ya?). Sebelum Rich Chigga ada ada grup rap yang main. Anehnya si grup rap ini, mereka grup rap tapi gak ngerap, iya jadi muterin musik rap kesukaannya trus mereka shout-shout di atas panggung aja.

Nah pas Rich Chigga keren, sebelum dia naik ada visual close up mukenye dia di atas panggung, eh kirain dia dateng dari backstage, gak taunya doi dateng dari arah penonton, berasa kaya nonton tinju. Rich Chigga tampil dengan  jaket merah dan kaca mata item, keren lah.”

Pas di panggung doi ngomong “Make Some F***KN Noise” tapi anehnya kedengerannya sopan. Lucu sih. Keliatan banget kalo doi anak baek-baek.

Meski demikian sambutan penonton meriah. Oiya, dari 150-200 orang penonton di SOB’s malam itu (sold out sih konsernya, gokil juga untuk tiket sebesar 26 dolar ), 85% nya orang Asia, sisanya ada bule, dan sisanya African-American.

Tampil berdua, cuma dengan DJ (ini keren sih, gak keroyokan), di atas panggung, nampak Rich Chigga begitu nyaman baik ngobrol sama penonton. Tapi sayang, doi tampil cuma 35 menit, cuma 6 lagu yang dia mainin plus 2-3 lagu orang yang dia shout-shout aja.

Pas lagu “Dat $tick”, penonton meriah, grup sebelum dia ikutan nimbrung ke atas panggung dan ikutan shout.

Yang disayangkan emang durasi doi perform sih, bahkan saking sedikitnya lagu sampe dibawain 2 kali, yang kedua versi Amerika. Rich Chigga sendiri minta maaf atas stock lagunya yang minim.

Oiya, ada kejutan menarik pas di atas panggung. Dia bilang dari dulu dia pengen ngelakuin ini kalo doi manggung di New York.  Yes, doi muterin lagu rap trus doi shout sambil nembak-nembakin uang ke penonton.

Di tengah-tengah lagu, doi bilang “I love seeing everyone here in person” dan doi juga sempet nanya apakah ada orang Indonesia di sini.

Surprisingly terrnyata banyak juga, kaya ada 20 orang gitu.

Gue salut sih sama Rich Chigga. Pas panggung, gue suka sama gaya ngerapnya, keren. Gak sok cool, chill gitu aja. Kayanya semuanya nyaman lah.

Tapi nih ya, kalo menurut gue yang biasa nonton konser di sini. Keseluruhan konsernya sih gue bilang terasa flat. Kenapa? ya karena lagunya pendek-pendek dan berhentinya suka mendadak. Ya jadi gak surprise aja. Trus musiknya sendiri ketiban sama ngomong-ngomongnya.

Rich, sayangnya, gak ngidupin suasana partynya. Soalnya dia maunya feel party kalo dari omongannya di panggung. Sayang sih.

Oh iya btw, mungkin gue orang pertama yang tepuk tangan di konser semalem. Dan gue baru ngeh,

ternyata di New York, tepuk tangan udah gak in buat anak-anak sekarang (millennials). Kayanya sedikit banget yang tepuk tangan (mungkin gak sampe 10 orang). Apa emang tepuk tangan ini mau diilangin? Gue gak tau. Tapi sebagai ganti responnnya, doi disorakin (dalam arti positif), nyanyi bareng, udah pasti. Tapi tepuk tangan, minim, hampir gak ada.

Dan anehnya, gak ada African American di konsernya semalam. Ironis ya. Musiknya hip hop gitu, tapi dia kaya manggung di depan group of people-nya dia sendiri.

Nah, itu dia guys, laporan pandangan mata dari konsernya Rich Chigga di New York. Wah gak nyangka ya minim tepukan tangan.

Jadi penasaran nih, emang di Amerika respon tepuk tangan untuk artis pas abis main itu udah mulai hilang ya?

Btw, selamat buat Rich Chigga!

Oiya yang penasaran liat video waktu Rich Chigga konser di New York, nih videonya

I LOVE YOU NEW YORK

A post shared by rich chigga (@brianimanuel) on