7 Pemandangan yang Biasa Ditemuin di Record Store Day

Buat yang demen sama rilisan fisik, dari kaset, CD sampe piringan hitam atau vinyl,

Siap-siap!

Karena tanggal 21 - 23 besok bakal ada perhelatan tahunan khusus yang namanya Record Store Day. Yes, ini adalah perhelatan tahunan bagi pencinta rilisan fisik di seluruh dunia (ya termasuk di Indonesia).

Apaan sih Record Store Day?

Dari kalimatnya aja udah jelas ya, bahwa Record Store Day (RSD) itu artinya Hari-nya Toko Musik. Ya, ini adalah hari dimana pencinta musik di seluruh dunia merayakan eksistensi toko musik, terutama toko musik independen.

Kalo mau tau sejarahnya mending klik di sini

Nah, kalo di kalo di Amerika itu RSD itu dirayain di tiap toko musik, tapi kalo di Indonesia beda. Karena Indonesia itu budayanya nongkrong bareng atau ngumpul-ngumpul, ya jadinya konsepnya kaya record fair atau bazaar gitu. Jadi tiap toko musik dikumpulin di satu tempat trus pada ngelapak deh.

Kaya tahun lalu nih,

Eh ngomong-ngomong soal RSD di Indonesia nih, nyadar gak sih kalo di tiap acara RSD itu pasti kamu sering nemuin paing sedikit ada 7 pemandangan ini.

Apa aja? Nih dia

1. Rame 

Dimana-mana yang namanya bazaar, pasti rame, apalagi musik.

2. Antrian 

Antrian bakal muncul kalo kamu pengen beli rilisan fisik resmi yang biasanya dijual khusus di booth RSD. Nah, kalo gak mau antri, ya dateng aja duluan.

3. Nanya-nanya doang

Namanya bazaar ya, pasti ada aja tuh kelakukan calon pembeli yang nanya-nanya doang tapi gak beli. Mudah-mudahan kamu bukan tipe kaya gini ya.

4. Borong

Nah, selalu aja ada pemandangan dimana ada satu atau dua orang yang ngeborong semua rilisan fisik di RSD, baik kaset, CD atau piringan hitam. Ini baru mengapresiasi musik Indonesia.

5. Band

Gak afdol kalo di ajang RSD gak ada band yang main. Secara band-bandnya juga merilis sesuatu, khusus di RSD ini.

6. Makan

Dimana-mana kalo ada bazaar, mau musik kek, apa kek, pasti aja ada stand makanan.

7. Diskon

Biasanya kalo udah bazaar kaya RSD di Indonesia yang biasanya digelar 2 hari, nah di hari ke-2 pasti para tennant (lapak) yang isinya toko-toko musik itu pada diskonin barangnya. Tujuannya simpel: gak mau repot bawa barang-barang dagangannya lagi karena berat, pengennya barang cepet habis. Nah, kalo udah kaya gini sih kamu gak usah mikir 2 kali, langsung sikat aja.

Nah, jadi pengen ke Record Store Day kan? udah lah kalo gak ada acara apa-apa di hari ini, besok dan lusa, mending ke Record Store Day?

Di mana aja sih Record Store Day di Indonesia digelar?

Di Jakarta aja, RSD digelar di 3 tempat, di Kuningan City Lantai 7 (tanggal 21-22), trus di Blok M Square dan Santa (tanggal 22-23).

Selain disitu di kota-kota satelit kaya Bogor dan Bekasi juga ngerayain. Intinya sih dimana-mana juga ada, di tiap kota di Indonesia digelar serentak. Udah kaya Pemilu.

Kalo mau tau dimana aja RSD digelar trus rilisan resmi RSD apa aja yang ada, klik di sini

Selamat merayakan RSD dan ingat, bijak dalam berbelanja ya.