Sambut Nyepi Tahun ini, Arak-arakan Ogoh-ogoh Terbanyak Ada di Buleleng

Hari Nyepi atau tahun baru dalam kalender Saka tahun ini jatuh pada hari Selasa, 28 Maret 2017 ini. Kalau kamu ingin merasakan nuansa yang berbeda dari Bali yang biasanya selalu ramai dan gegap gempita, mungkin kamu bisa merencanakan perjalanan untuk mengikuti Nyepi.

Sebelum Nyepi, seperti yang kita tahu akan banyak berlangsung acara adat, yang paling populer adalah arak-arakan Ogoh-ogoh. Acara ini berlangsung satu hari sebelumnya, yaitu 27 Maret 2017. Ogoh-ogoh adalah patung-patung monster dalam tradisi Hindu yang dibuat dari kertas dan akan dibakar di sepanjang desa atau pantai sebagai simbol untuk menghancurkan hal buruk atau sial.

Nah, menurut Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja, tahun ini ada 7.079 Ogoh-ogoh yang akan diarak di seluruh Bali. Yang terbanyak ada di Kabupaten Buleleng dengan jumlah Ogoh-ogoh mencapai 1.381.

Seperti biasa, dalam perayaan Nyepi ini seluruh Pulau Bali akan sepi total. Tidak ada yang boleh keluar, menyalakan lampu, atau memutar musik. Kalau kamu tinggal di hotel, ikuti aturan yang ada, jangan menimbulkan keributan sama sekali. Apalagi kalau sampai keluar, siap-siap aja kamu bakal ditangkap pecalang atau polisi adat.

Hotel biasanya mengizinkan tamunya menyalakan lampu, tapi kamar mesti ditutup total dengan korden agar cahaya tidak tembus keluar. Nah, ini bisa jadi momen yang bagus bagimu untuk sekalian merenung. Jangan lupa, pada Hari Nyepi Bandara Ngurah Rai juga akan tutup selama 24 jam. Jadi pastikan kamu tiba di Bali beberapa hari sebelumnya dan pulang setelah Nyepi, ya.

Kalau butuh referensi hotel yang bagus untuk menyambut Nyepi, mungkin kamu bisa cek di sini.

Baca Ini Juga

Sumber