Ini Kota Paling Ramah di Dunia Versi Travel & Leisure, Ubud juga Termasuk!

Situs wisata asal Amerika Serikat, Travel & Leisure memang sering kali membuat survei kepada pembacanya untuk menentukan berbagai destinasi terbaik, kota paling ramah, paspor paling kuat, dan lain-lain. Baru-baru ini mereka kembali dengan survei untuk kota paling ramah di dunia. Jalan2Men senang banget karena ternyata Ubud masuk ke dalam daftar 20 Kota Paling Ramah di Dunia itu.

Ubud, yang terkenal dengan alam dan budayanya yang kental, masuk ke dalam posisi 11. Keterangannya, sih, enggak cuma Ubud yang termasuk ramah, seluruh orang Indonesia disebut memiliki hati yang ramah. Jadi geer!

Nah, untuk posisi puncak atau nomor satu tak diduga kota yang paling ramah adalah Thimpu di Bhutan. Alasannya apa? Simpel. Sementara kebanyakan negara lain mengukur kemajuan ekonominya berdasarkan GDP (Gross Domestic Product), Bhutan mengukurnya berdasarkan GHP (Gross Happiness Product). Bayangin aja, ukurannya berdasarkan kebahagiaan masyarakatnya, Men!

Laporannya, pada tahun 2016 lalu, sekitar 43,4% masyarakat Bhutan dinilai amat sangat bahagia, yang tercermin dari keseharian di Kota Thimpu. Duh, jadi penasaran pengin lihat langsung ke sana.

Kamu mau tahu daftar lengkap 20 kota yang paling ramah di dunia? Ini dia daftarnya.

1. Thimpu, Bhutan

2. Charleston, South Carolina

3. Chiang Mai, Thailand

4. San Miguel de Allende, Meksiko

5. Queenstown, Selandia Baru

6. Galway, Irlandia

7. Dublin, Irlandia

8. Savannah, Georgia

9. Luang Prabang, Laos

10.  Cork, Irlandia

11. Ubud, Indonesia

12. Edinburgh, Skotlandia

13. Sydney, Australia

14. Christchurch, Selandia Baru

15. Hobart, Tasmania

16. Auckland, Selandia Baru

17. Nashville, Tennessee

18. Siem Reap, Kamboja

19. Hoi An, Vietnam

20. Reykjavík, Islandia

Lalu apa aja yang bisa kamu lakukan di Ubud? Banyak. Kamu bisa belanja-belanja di sepanjang jalan di Ubud, bisa ikut kelas kerajinan tangan (membuat perhiasan perak misalnya) dan kelas tari, bisa ikut kelas yoga atau jalan ke persawahan, bisa wisata kuliner, dan lain-lain.

Kalau masih bingung, bisa cek artikel di bawah ini. Gimana, masih bingung juga mau ngapain di Ubud?

Baca Ini Juga

Sumber