Ini Dia 15 Barang yang Wajib Dibawa Editor Jalan2Men Tiap Traveling

Setiap hari Jumat, Jalan2Men akan menayangkan artikel Travel Tips yang berisi segala tips dan informasi bermanfaat seputar traveling yang dipersembahkan oleh para traveler di Indonesia.

Kamu pasti tahu, dong, demi membuat dan menyebarkan konten menarik buat pembaca seantero Indonesia, editor Jalan2Men mesti sering-sering traveling ke berbagai destinasi. Karena jadwal yang lumayan padat, kadang-kadang minggu ini lagi kepanasan berjemur di Pink Beach, minggu depannya bisa trekking ke air terjun di Buleleng. Apa pun itu, editor Jalan2Men harus siap sedia dengan fisik, juga barang bawaannya.

A post shared by Y U K I (@yukianggia) on

Kali ini, editor Jalan2Men mau berbagi 15 barang yang enggak pernah ketinggalan dibawa saat traveling. Kebanyakan barang kecil, tapi sebenarnya bermanfaat banget dan sering dilupakan oleh traveler. Kalau kamera dan laptop enggak dimasukin karena pasti dibawa terus untuk traveling sekaligus kerja, kan. Ini dia daftar barang bawaan penting yang enggak boleh ketinggalan.

1. Eye Mask dan Ear Plug

Mungkin ini enggak terlalu dibutuhkan dalam penerbangan pendek, tapi kalau terbang dari Jakarta ke Papua yang bisa lebih dari 7 jam, rasanya perlu deh supaya bisa tidur dengan nyaman di pesawat.

2. Earphone

Ini penting banget, kalau lagi di perjalanan daripada bengong mendingan dengerin musik, kan. Jadi jangan pernah lupakan earphone, kalau bisa bawa dua kalau-kalau salah satunya rusak.

3. Fotokopi KTP atau paspor

Mungkin aja KTP terjatuh di bandara sebelum boarding, dan saat petugas mau mengecek KTP, kamu panik deh karena hilang. Ini beneran terjadi sama editor Jalan2Men. Jadi, siapkan fotokopinya buat jaga-jaga daripada enggak boleh terbang.

4. Universal adapter

Pilih yang banyak colokannya, ini bisa berguna banget kalau tiba-tiba harus ke luar negeri dan colokannya berbeda. Bisa juga dipakai kalau colokan di hotel terbatas.

5. Jas hujan

Karena Indonesia cuma punya dua musim, kemarau dan hujan, ya bisa aja tiba-tiba turun hujan saat traveling. Jas hujan tipis (enggak makan tempat) yang dibeli di minimarket harganya murah banget, dan bisa beberapa kali pakai.

6. Folder plastik kecil

Bisa buat nyimpan dokumen perjalanan, seperti tiket dan paspor, dan juga uang dengan aman tanpa takut basah karena kehujanan atau ketumpahan air. Ini bisa juga untuk sekalian menyimpan bon-bon atau struk saat traveling.

7. Obat sakit kepala atau perut

Ini yang paling sering terjadi kalau traveling, antara sakit kepala karena terlalu lama di pesawat atau sakit perut karena salah makan dan lain-lain. Ketahui penyakit yang sering menyerangmu, dan siapkan obatnya.

8. Sikat gigi travel-size

Biar napas selalu segar kapan pun di mana pun.

9. Sandal jepit

Ini penting untuk saat darurat misalnya kalau hujan dan sepatu basah atau untuk dipakai saat di pesawat karena pengap kelamaan pakai sepatu.

10. Pulpen

Mungkin sepele karena kita selalu mengandalkan HP untuk segala hal, tapi ada juga urusan yang perlu ditulis pakai pulpen di kertas. Bisa untuk isi formulir atau apa pun yang mendadak.

11. Tisu basah

Tisu kering gampang dicari, tapi kalau tisu basah belum tentu. Ini berguna untuk mengelap noda atau membersihkan tangah dan wajah.

12. Gunting kuku

Percaya atau enggak, tapi tiap traveling kuku tangan sering banget patah. Bisa karena bongkar-bongkar tas atau koper dan kepentok, bisa juga karena akibat petualangan selama traveling. Daripada kukunya tajam dan bisa menyakiti, lebih baik digunting.

13. Kartu nama

Kita enggak tahu bakal ketemu siapa dalam perjalanan, dan kartu nama adalah cara tetap menjalin hubungan yang baik ke depannya. Siapkan selalu kartu nama pribadi dan kantor.

14. Kacamata hitam dan topi

Kacamata hitam penyelamat di saat mata sembap baru bangun tidur dan juga saat matahari tiba-tiba terik banget. Ke pantai atau gunung, kacamata jangan pernah ketinggalan. Topi juga berfungsi sama. Melindungi ke mana pun, dari angin, dari hujan, dari rambut yang berantakan.

15. Ikat rambut

Berhubung editor Jalan2Men gondrong, jadi selalu bawa ikat rambut beberapa buah ke mana pun. Buat jaga-jaga kalau angin lagi kencang banget atau saat gerah.

Baca Ini Juga