Ini 7 Cara Mengapresiasi Musisi Legendaris Indonesia Bisa Dikenal Lagi di Jaman Sekarang

Berita soal Fariz RM yang ber-live PA dan berkolaborasi dengan DJ-DJ di acara Suara Disko pada Jumat (103) malam kemarin emang bikin heboh.

Fariz RM adalah satu dari salah satu musisi masa lampau yang hidup dan jadi saksi bagaimana perkembangan musik yang terjadi dari dulu sampai hari ini.

Siapa aja sih musisi-musisi jaman dulu yang layak buat diapresiasi?

Nih MBDC sempet bikin artikelnya,

Gimana sih caranya mengapresiasi musisi legendaris jaman dulu biar bisa dikenal lagi di jaman sekarang dan bisa populer lagi di jaman sekarang?

MBDC ngasih beberapa caranya gimana biar musisi-musisi legendaris Indonesia jaman dulu bisa dikenal sama millennials jaman sekarang.

1. Dibawain ulang lagunya sama musisi sekarang

Band kaya White Shoes And The Couples Company udah mulai dengan Fariz RM, Kelompok Penerbang Roket dengan album tribute buat grup band Panbers. Gimana kalo band yang lain?

2. Dibuatin acara khusus tribute

Java Jazz udah bikin panggung khusus buat ini. Tapi ya jangan mengandalkan dari Java Jazz, acara-acara lain, terutama yang lagi naik daun kaya RRREC Fest, Music Gallery atau We The Fest  juga bisa bikin.

3. Dibuat Kolaborasi musisi jaman dulu dengan sekarang

Kaya gini-gini sih beberapa musisi udah mulai, meski secara sendiri-sendiri. Tapi ada juga yang bikin acara khusus yang modelnya kolaborasi. Kaya Jakarta Artmosphere

4. Dimainin di Dance Party

Secara anak-anak millennials doyannya dateng ke acara party, nah kalo aja DJ-DJ pada ngeh kalo lagu-lagu ciptaan musisi Indonesia jaman dulu itu enak-enak, pasti anak-anak muda sekarang jadi ngeh. Suara Disko salah satu contoh acara dance party yang musiknya disko tapi Indonesia. Yang dateng kebanyakan millennials.

5. Dimasukin jadi soundtrack film atau sinetron masa kini 

Film adalah media yang cocok buat membuat sebuah lagu bisa didengar oleh masyarakat luas atau anak-anak muda masa kini. Coba deh film-film yang rilis sekarang, model drama cinta-cintaan bisa memakai lagu dari musisi legenda jaman dulu. Pasti deh laris. Itu baru di film, belum di sinetron atau mini series. Kaya misalnya mini seri Korea yang lagi digandrungi sama anak-anak sekarang, selain dari cerita atau aktornya, soundtrack juga salah satu hal yang pasti bisa diinget.

 6. Disisipin di Vlog

Vlog kan makin laris. Semua hal di vlog pasti bikin kamu suka dan nagih. Vlogger-vlogger muda makin bermunculan. Nah, kalo aja nih vlogger-vlogger membahas atau memasukkan lagu atau ngebahas tentang musisi Indonesia legendaris jaman dulu di videonya, udah pasti deh viewersnya jadi ngeh dan pengen tau tentang si musisi.

7. Dibahas di Instagram

Instagram (IG) adalah media yang digandrungin millennials, yang udah gak pake twitter atau FB lagi. Model-model IG mulai bertebaran, yang kalo sekali foto, yang like udah ratusan ribu. Selain model, ada juga akun-akun kocak yang likes-nya juga gokil. Nah, coba deh sesekali bisa ngebahas tentang musisi Indonesia jaman dulu. Pasti jos!

Nah, kamu seberapa tau kah tentang musisi Indonesia jaman dulu?

Nah, MBDC tes ya? Mana diantara musisi jaman dulu ini yang terkenal dengan lagunya \'Burung Camar\'

Fariz RM

Denny Malik

Guruh Soekarno Putra

Vina Panduwinata

Ireng Maulana