7 Musisi Ini Berhutang Banyak Kepada Chuck Berry

Dalam musik rock, terlebih rock ‘n’ roll, tidak ada predikat, misalnya: siapa yang mati muda, ia lah yang jadi legenda. Non sense alias omong kosong!

Kematian Chuck Berry membuktikan bahwa gak ada batasan umur untuk jadi legenda. Yang penting adalah apa yang sudah ia lakukan untuk musik.

Selama hidupnya, Chuck Berry telah meletakkan dasar terhadap apa yang dunia sebut sebagai musik Rock ‘n’ Roll.

Lewat riff-riff gitar mautnya, ia memberi standar kepada musisi-musisi bagaimana sound dan musik rock ‘n’ roll itu seharusnya berbunyi.

Kematiannya adalah sebuah cerita sedih, tapi sebuah perenungan kepada musisi rock hari ini yang ingin bermain rock ‘n’ roll, untuk kembali kepada bagaimana musik rock itu dimainkan.

Adapun 7 Musisi rock ini berhutang banyak kepada sosok Chuck Berry. Tanpa Chuck, mungkin saja gak bakal ada mereka. Siapa saja mereka?

Mari kita cek satu per satu.

 

1. The Beatles

Band asal Liverpool berhutang sangat banyak kepada Chuck Berry, terutama di awal kariernya. Adalah Chuck Berry yang menjadi inspirasi The Beatles dalam menentukan musik apa yang ingin mereka mainkan. Video di atas ini adalah salah satu bukti penghargaan The Beatles terhadap Chuck Berry.

2. The Beach Boys

Lima pemuda asal pantai barat Amerika ini berhutang banyak, terutama dari patron riff gitar mereka yang banyak terpengaruh dari gaya rock ‘n’ roll yang dimainkan oleh Chuck Berry. Salah satu yang jelas adalah lagu ini yang diambil mentah-mentah dari lagu lagu Chuck Berry yang berjudul “ Sweet Little Sixteen”. Klik di sini buat yang penasaran dengerin.

3. The Rolling Stones

Band Inggris yang dikomandoi vokalis Mick Jagger ini juga berhutang banyak kepada musisi-musisi blues juga rock ‘n’ roll awal seperti Chuck Berry. Malah, berkat Chuck Berry lah nama The Stones mulai terangkat ketika The Stones membawakan sebuah lagu dari Chuck, berjudul “Come On”. Versi aslinya? Klik di sini 

4. Jimi Hendrix

Gitaris-gitaris rock dunia jelas berhutang banyak dengan almarhum Chuck Berry. Salah satunya adalah Jimi Hendrix. Di awal masa remajanya di era 50-an, Jimi banyak dengerin musisi-musisi kaya Elvis Presley, Little Richard, dan Chuck Berry. Tuh liat aja doi mengcover salah satu lagu Chuck Berry, judulnya “Johnny B Goode”

5. Motörhead

Kharisma Chuck Berry milik semua musisi yang berada di jalur rock, dari rock n roll sampai jalur rock keras seperti band hard rock heavy metal, Motörhead. Lewat aransemennya, mereka menjadikan salah satu nomor klasik dari Chuck berjudu; “Let It Rock” menjadi sebuah cover yang sangar.

6. MC 5

Semua yang cinta punk pastinya tau neh siapa MC 5. Yes, saking cinta band proto punk asal Detroit ini sama Chuck Berry, sampe-sampe album debutnya yang dirilis tahun 1970 ini dinamain sama kaya judul single Chuck Berry di tahun 1959. Judulnya apa? Sama kaya yang kalian dengerin di atas ini.

7. Maureen Tucker

Lewat musik rock ‘n’ rollnya, Chuck Berry memberikan banyak sumbangsih kepada triliunan musisi dunia yang ada sesudahnya, baik yang jago kaya Jimi Hendrix, maupun yang mungkin namanya gak pernah kamu denger sebelumnya, kaya Maureen Tucker. Siapa dia? Dia adalah drummer band The Velvet Underground. Nah, saking cintanya sama rock n roll, doi pernah mainin nomor Chuck Berry judulnya “Round and Round” yang diaransemen dalam bentuk yang lebih eklektik. Dengerin aja di atas.

Chuck Berry adalah milik semua musisi yang berada di bawah payung besar:

ROCK ‘N’ ROLL

Karena Rock ‘n’ Roll adalah Chuck Berry dan Chuck Berry adalah Rock ‘n’ Roll!