Ini Alasan Kenapa Sekolah Tinggi-tinggi itu Gak Mubazir Meskipun Ujung-ujungnya Jadi Pedagang

Lulus kuliah terus jadi pedagang, emang masalah ya? Mungkin ada aja sih orang yang ngoceh gini:

“Dih, sekolah tinggi-tinggi, ujung-ujungnya malah jualan”

Atau ada juga yang mempertanyakan, ketidaknyambungan antara jurusan waktu kuliah sama pekerjaannya sebagai pedagang. Buat kamu yang udah bepikiran modern pasti bakal timbul pertanyaan kayak gini:

“Emang apa salahnya sih jadi pedagang?”

Yaudah jangan emosi, MBDC bantuin deh buat ngejelasin ke orang-orang kalo sekolah tinggi-tinggi itu gak mubazir kalo ujung-ujungnya jadi pedagang.

1. Pelajaran pas kuliah ngajarin softskill juga kali

Bukan cuma memahami apa kata filsuf aja, tapi kamu juga diminta buat ngapalin, analisa kasus, dan suka dikasih tanggung jawab buat bikin tugas juga. Itu tuh yang penting kalo kamu mau jadi pedagang, kenalin produk, analisa pasar, sampe tanggung jawab sama customer.

2. Bisa belajar berorganisasi di lingkungan kampus

Contohnya ikut BEM deh, di situ kamu belajar bagi-bagi tugas dan tanggung jawab. Jadi kalo kamu nanti bisnis sama temen-temen kamu, kordinasinya jelas, gak main salah-salahan. Ada gunanya kan?

3. Paling enak ngebangun link pas jaman kuliah

Gak semua skill kamu punya kan? Kamu butuh orang lain buat melengkapi bisnis kamu. Nah bangun link itu paling enak pas kuliah, kamu gak terikat waktu kayak jaman sekolah dulu. Perbanyak teman sambil nongkrong di kantin kampus, siapa tau nanti dia jadi partner bisnis kamu atau paling gak partner hidup deh.

4. Skripsi ngajarin buat penelitian, penting nih!

Kalo gak kuliah gimana bisa skripsi. Ilmu yang didapet dari skripsi sebenernya gak cuma hasil penelitian kamu aja, tapi juga proses penelitiannya juga. Penting banget kalo kamu mau dagang, kamu jadi tau gimana caranya riset yang baik. Contoh, pelanggan kamu adalah ibu-ibu, kamu bisa kan pake metode kualitatif yaitu wawancara dia, siapa tau dia punya anak cewek yang bisa kamu jadiin target pasar juga.

5. Kalo gak kuliah kapan lagi bisa magang alias nyobain kerja beneran

Ya bisa aja sih kamu magang kalo gak kuliah, tapi kamu harus SMK, itupun harus yang sesuai sama jurusan kamu di SMK. Nah proses magang itu bikin kamu jadi ngerasain gimana rasanya kerja. Kamu liat proses kerja di kantor, nanti kamu tiru buat ngembangin dagangan kamu.

6. Nyoba jualan di acara kampus

Selama kuliah, ada berapa acara kampus yang pernah kamu ikutin? Banyak banget kan. Berarti kamu punya banyak kesempatan buat nyoba usaha kamu. Kalo gagal kan, bisa jadi pelajaran, jadi nanti pas lulus kamu tau apa yang salah sama dagangan kamu.

7. Dapet pacar

Kalo mau jadi pedagang sukses salah satunya caranya kamu harus selalu enjoy. Lah gimana mau enjoy kalo pasangan aja kamu gak punya. Makanya kuliah itu penting, karena kuliah ada masa di mana kamu bisa dapetin pacar, segala jenis anak muda ada di kampus, tinggal pilih mana yang kira-kira mau sama kamu deh.

Mulai sekarang jangan pernah mikir sekolah tinggi-tinggi itu mubazir ya. Lebih banyak untungnya daripada leye-leye di rumah nikmatin duit orang tua.

Komen ya di bawah!

RELATED POST

RECENT POST

Celotehan Ortu Kalo Celana Pacar Anaknya Sobek-sobek


7 Cara Biar Mie Instan Kamu Gak Diminta Pas Musim Hujan


Padahal Dubbing, Tapi Tetep Ngakak Liat Presiden Afrika Selatan Gagap Nyebut 'In the Beginning'


Enakan Pacarin Cewek Ala-ala Korea Apa Ala-ala Amerika?