Heh, Buat Kamu yang Mau Nikah, Plis Pikirin 9 Hal Kecil Ini, Biar Para Tamu Gak Ribet!

Orang kalo mau nikah pasti ribet banget. Mulai dari baju sampe ke tempat resepsi, bisa bikin kepala keluar asep. Tapi, kalo kamu mau tau, ya, gak cuma orang yang mau nikah doang yang ribet. Tamu undangan juga kadang ikutan ribet, cuma gara-gara si calon pengantin gak merhatiin hal kecil ini:

1. Sediain amplop

Biasanya kalo lagi kondangan kan suka ada kotak amplop. Nah, kadang tuh tamu suka lupa bawa amplop, karena buru-buru. Nah, ada baiknya, disiapin aja amplopnya di meja penerimaan tamu. Jadi, enak gitu loh, gak perlu ke toko ATK dulu buat nyari amplop. Kan, nguntungin kamu juga.

2. Cari tempat resepsi yang ada ATM-nya

Kadang pas tamu datang, suka lupa kalo ada kotak amplop. Terus, ada kan jenis orang yang cash-less. Jadi, suka jarang nyediain uang cash. Makanya, kalo bisa cari deh tempat resepsi yang deket sama ATM, kalo bisa sih ATM-Center, karena kan para tamu gak semuanya nabung di bank yang sama.

3. Musiknya jangan gede-gede

Biasanya tuh kalo kondangan suka diputerin musik gede-gede kayak orang mau konser. Padahal, ini sebenernya bikin para tamu undangan jadi susah buat ngobrol. Masa ngomong mau ngambil gorengan aja harus pake teriak-teriak.

4. Sediain temen kondangan

Sering tuh ya, udah tau jomblo, malah diundang. Dateng deh sendirian, duduk di pojokkan gitu. Makanya, yang nikah harus nyediain satu tim buat nemenin tamu yang dateng sendirian. Per-orang ditemenin aja selama 15 menit. Ya, lumayanlah buat temen ngobrol, kali aja bisa jadi baperan asik

5. Sediain standing figure

Para tamu kadang dilarang buat pulang cuma gara-gara belum foto. Kan tamu juga masih ada kesibukan lain, kalo nunggu antrian pasti lama banget tuh. Makanya, biar dapet foto bareng, mending sediain deh standing figure. Minimal lima lah buat ganti-gantian. Lumayan buat diupload di media sosial.

 

6. Tempat parkir

Space tempat parkir emang suka diabaikan. Mulai dari kapasitas ruang parkir, sampe jarak antara tempat parkir ke lokasi resepsi. Kalo kamu nikah, perlu banget sih buat nyesuain jumlah tamu yang datang, luas parkir gedung resepsi, sampe ke jarak dari tempat parkir ke lokasi acara. Kasian kan, tamu udah dandan rapi, eh malah lecek cuma gara-gara tempat parkir. Jadi, mendingan jenis makanan dikurangin, buat nyediain valet parkiran.

7. Tempat sampah

Sering liat gak banyak sampah berserakan di ruang acara resepsi? Entah piring kertas, tisu-tisu, sampe ke gelas plastik. Nah, ini peril diperhatiin banget. Soalnya, peletakan trash bag yang kurang strategis atau cuma ada di sudut yang sulit dijangkau bikin sampah berlimpah di lokasi resepsi. Jadinya, kalo tamu jalan potensi kesandung dan bikin sepatu kotor itu tinggi banget. Selain itu, kan ada aturannya, pas lagi menikah gak boleh nyapu, kan?

8. Piring makan

Piring makan kadang suka gede banget, kalo enggak ya berat banget. Mendingan nyediain piring makan kertas atau piring makan yang ringan, dan pas di tangan. Biar tamu kalo makan enak juga, gitu. Kan kasian, dateng kondangan tangannya malah pegel-pegel. Ntar ditagih biaya pijet, loh.

9. Jenis souvenir gak usah yang ribet

Kalo nyediain souvenir dengan ukuran gede, kadang bikin tamu pengen ngambilnya pas pulang aja. Eh, sekalinya pulang, malah lupa ngambil. Makanya, kalo nyediain souvenir gak usah terlalu ribet. Sediain aja yang mudah dibawa, tapi bermakna. Dari pada udah nyediain souvenir tapi numpuk, ujung-ujungnya malah biaya lagi buat dikirim ke rumah tamu.

Jadi, buat kamu yang mau nikah, tolong diperhatiin hal-hal di atas ini, ya. Hmm, menurutmu apa lagi nih yang harus dipikirin? Ditunggu komennya di bawah.