7 Kolaborasi Musisi Indonesia Keren yang Pernah Ada

Kolaborasi sesama musisi adalah hal menarik yang kudu disimak. Baik dalam bentuk rekaman atau pun di atas panggung.

Perbedaan karakter antara tiap musisi yang menjadi satu ini lah yang membuat sebuah kegiatan kolaborasi ini menjadi menarik.

Industri musik Indonesia mencatat ada berbagai kolaborasi berbahaya yang layak disimak. Ada yang berbentuk rekaman, ada juga yang di atas panggung.

MBDC menuliskannya kembali dan memberikannya buat kamu semua.

1. Tika & The Dissidents x Vina Panduwinata

Ada dalam: Djakarta Artmosphere 2009: Tika & The Dissidents ft. Vina Panduwinata “Surat Cinta”

Boleh dibilang ini kolaborasi yang juara. Kemampuan Tika dalam meramu intro “Surat Cinta” dalam nada minor layak diacungi jempol. Showmanship antara Vina dan Tika sendiri juga layak diberi apresiasi. Jempolan deh!

2. Barasuara x Efek Rumah Kaca

Ada dalam:  Artwarding Night, 2016

ERK dan Barasuara adalah band yang dikagumi karena lirik dan aransemen musik serta totalitas mereka di atas panggung. Dan bila kedua band ini diketemukan dalam satu panggung, hasilnya adalah ledakan kreasi yang super eksplosif.

3. Iwan Fals x Noah - “Yang Terlupakan”

Ada dalam: Iwan Fals- Satu

Iwan Fals dan NOAH adalah kolaborasi keren yang pernah tercipta. Dengan cermat, NOAH mengaransemen salah satu lagu personal Iwan Fals menjadi satu anthem yang megah di panggung.

4. Endank Soekamti x Naif - Benci Untuk Mencinta

Ada dalam: Endank Soekamti - Kolaborasoe (2014)

Endank Soekamti dan Naif punya kemampuan musik yang mumpuni sekaligus menghibur di atas panggung. Kedua hal ini yang nampak terjadi ketika dua band ini dikolaborasikan. Dari Naif hanya David Naif yang menyumbangkan tarikan vokalnya yang khas di lagu yang sangat mellow tapi dibuat menjadi ganas oleh trio pop punk asal Jogja ini. Video musiknya pun digarap sangat bagus dan kreatif oleh Endank Soekamti.

5. Ahmad Dhani x Andra Ramadan x Bongky x Bimo x Pay 

Ada dalam: Ahmad Band - Ideologi Sikap, Otak 

Di suatu masa, ada sebuah kolaborasi yang hebat antara musisi yang masih aktif di bandnya, dengan musisi yang udah keluar dari band asalnya. Ya, kolaborasi ini bernama Ahmad Band. terdiri dari Ahmad Dhani dan Andra Ramadan (Dewa 19) dengan Pay dan Bongky (eks- Slank) dan Bimo (eks-Netral). Berlima, mereka membuat ekstrak ramuan rock bernuansa politis sekaligus beberapa kumpulan lagu cinta yang manis dan puitis yang hanya bisa ditemukan di satu album saja.

6. God Blessx Armand Maulana x Koil x Marcello Tahitoe

Ada dalam:  Semangat Baja The Anthem

Apa jadinya jika nama-nama besar di panggung musik rock ini bersatu dalam satu frame dan menyanyikan hits dari salah satu lagu rock paling dahsyat yang pernah ditulis? Jawabannya ada dalam video musik ini. Ini adalah sebuah proyek yang diprakarsai oleh kumpulan musisi ini yang tujuannya ingin memberikan sebuah tayangan spesial untuk menghargai semangat para musisi baru untuk bisa menghargai para pendahulunya.

7. White Shoes & The Couples Company x Fariz RM

Ada dalam: White Shoes & The Couples Company - Album Vakansi 

Kalau ada mimpi yang jadi kenyataan mungkin anak-anak White Shoes & The Couples Company merasakan salah satunya, selain manggung di beberapa benua. Fariz RM adalah musisi idola mereka, maka sudah barang tentu kolaborasi ini adalah yang paling keren sepanjang karier bermusik mereka.

Mantep kan kolaborasinya? Coba bagi kamu yang tau kolaborasi mana menurut kamu yang paling keren, langsung aja komen ya.