Pantai Pasir Putih Serasa Milik Pribadi ini Cuma Ada di Kei!

Mungkin belum banyak dari kalian yang tau tentang Pulau Kei Kecil atau pergi ke sana. Tapi, kalau memang berencana beli tiket ke Ambon, lebih baik sekalian beli tiket ke Kei Kecil di Kepulauan Kei. Perjalanan dari Ambon sekitar satu jam tiga puluh menit dengan pesawat kecil tipe ATR

Begitu sampai di bandara, jangan terkejut melihat pemandangan seperti di Texas. Perbukitan cokelat dan pohon yang jarang justru terlihat keren banget. Apalagi dengan jalan lurus yang bikin kita seakan-akan lagi road trip ke Grand Canyon di Amerika Serikat.

Baca Ini Juga

Nah, kalau menyusuri jalan sampai ujung, kita akan tiba di wilayah Desa Ngilngof. Desa ini punya pantai yang dinobatkan sebagai salah satu pantai dengan pasir putih terhalus di dunia. Pantai apa, ya?

Berikut ini 4 pantai pasir putih di Pulau Kei Kecil yang dijamin membuat kita merasa berada di pantai pribadi, seolah-olah pantai ini milik sendiri dan kita bebas bersantai-santai sambil tiduran atau tidur beneran atau mendengarkan musik favorit.

1. Pantai Ngurbloat

Ini dia pantai yang berada di Desa Ngilngof: Ngurbloat. Yang lebih dikenal juga dengan sebutan Pasir Panjang. Kata ngur berarti ‘pasir’, sedangkan bloat ‘panjang’. Sesuai namanya, pantai pasir putih ini panjang banget, seperti tak berujung.

Di sepanjang pantainya juga berjajar pohon kelapa. Selain pemandangan pasir putih dan laut birunya, pantai ini juga jadi tempat favorit untuk menikmati sunset. Di sekitar pantai ini ada penginapan untuk pengunjung, biasanya tarifnya termasuk makan tiga kali sehari. Masih pikir-pikir mau ke sini?

2. Pantai Ngursarnadan

Pantai Ngursarnadan masih satu garis dengan Ngurbloat, dan jadi lokasi favorit turis asing untuk menginap karena adanya cottage. Pantai ini terletak di Desai Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil. Jaraknya dari bandara sekitar 18 km saja. Serupa dengan Ngurbloat, pasir putih di sini juga sehalus bedak. Sampai-sampai rasanya mau ditempelkan ke wajah.

Di sini kita bisa bersantai sambil tidur-tiduran di pasir atau duduk-duduk di pondok bambu yang tersedia. Jangan lupa bawa tabir surya karena teriknya dahsyat banget

3. Pantai Madwaer

Pantai Madwaer atau Matwair paling jauh di antara yang lain. Lokasinya di Kecamatan Kei Kecil Barat. Sekitar satu jam lebih dari Ngurbloat. Jalan menuju pantai ini juga tidak terlalu bagus, berbatu dan aspalnya rusak. Tapi, bukan berarti pantai ini tak wajib disambangi. Justru Pantai Madwaer adalah yang paling tenang dan damai di antara dua pantai sebelumnya.

Karena terletak di ujung desa, hampir tak ada kerumunan pejalan. Hanya warga lokal dan anak kecil yang berenang-renang. Kalau berjalan sedikit ke ujung, dijamin kita bisa merasa seperti di pantai pribadi. Sepi dan damai. Biasanya kita juga bisa pesan lobster ke nelayan setempat, siapa tahu mereka baru pulang melaut dan punya stok. Makan lobster di pantai pribadi? Wah!

4. Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun enggak jauh dari Bukit Masbait, bukit tertinggi di Kei Kecil yang jadi tempat ziarah umat Katolik. Selain berpasir putih, Pantai Ohoidertawun terkenal memiliki kontur yang landai. Saat surut, air bisa menjorok hingga 200 meter sehingga pesisir pantai jadi sangat luas. Cocok untuk lapangan bola.

Tapi, kalau ada pemandangan keren begitu, enaknya, ya, menikmati suasana sambil minum kelapa langsung dari buahnya. Di sekitar pantai ini juga ada cottage yang bisa disewa.

Bagaimana, masih pikir-pikir mau beli tiket ke Kei?