5 Trik Menarik Untuk Searching di Google yang Belum Banyak Orang Tahu

Dalam dunia teknologi yang serba canggih saat ini, kamu sudah mampu untuk mencari informasi dalam konteks apapun dan dimanapun kamu berada. Tentu saja ini memudahkanmu untuk menyantap informasi di setiap harinya hanya dengan membuka Google.

Namun terkadang, kamu pasti masih suka kesulitan saat mencari di Google. Maka dari itu, melalui artikel ini Jaka akan memberikan trik menarik untuk searching di Google dan ternyata, masih banyak yang belum tahu lho cara seperti ini. Apa sih triknya? Tengok ke bawah gan!

1. Tambahkan ‘OR’

Terkadang, dalam mencari suatu informasi kita suka lupa akan nama yang pasti. Nah, untuk itu kamu perlu menambahkan penulisan OR (tidak perlu huruf kapital) saat menuliskan sebuah nama yang kamu ingin cari. Dengan begitu kamu akan diberikan banyak pilihan oleh Google nantinya.

2. Gunakan Situs Untuk Pencarian

Biasanya, ketika kamu tengah asyik mengunjungi sebuah situs dan menemukan konten lalu lupa bookmark, pasti akan terasa menyebalkan jika kamu ingin kembali dalam satu konten tersebut tapi kamu hanya ingat satu kata kunci. Mudah, kamu gunakan situs tersebut dalam pencarian serta tambahkan keyword yang kamu ingat.

3. Tuliskan URL yang Spesifik

Dalam mencari, terkadang kamu ingin mendapatkan pencarian yang spesifik. Maka dari itu, kamu tuliskan saja “intitle:” dan sambung dengan kata apa yang ingin kamu cari. Jika kamu ingin mencari sebuah kata dari URL, kamu gunakan “inurl:” dan sambung kata sesuai dengan apa yang dicari.

4. Pakai Jangka Waktu

Seru nih kalau mau dicoba. Jika kamu ingin mencari sebuah informasi yang spesifik dan terjadi pada waktu tertentu, ada cara unik yang wajib kamu coba. Kamu bisa memakai jangka waktu dengan cara menuliskan tiga titik “…”. Letakkan itu setelah kamu memasukkan tahun, setelah itu kembali masukkan tahun maksimal.

5. Hilangkan Pencarian yang Tidak Penting

Kamu pasti akan mencari informasi soal apapun sesuai dengan apa yang kamu inginkan saat itu. Maka dari itu, biar pencarian kamu menjadi spesifik, kamu wajib menggunakan kode “-(satu kata yang ingin dihilangkan)”. Kamu bisa melihat contohnya seperti yang ada dalam gambar.

Itu dia 5 cara menarik untuk searching di Google yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Gunakan 5 cara di atas untuk hal yang positif ya brader, jangan dibuka untuk hal-hal negatif seperti… ya kamu tahu lah. Selamat mencoba!