Bangkutaman Ngasih Kado Natal yang Umurnya udah 17 Tahun

Banyak cara bagi band buat ngasih kado natal ke penggemarnya atau ke pendengar musiknya yang merayakan Natal.

Sebagian besar sih ngerilis single Natal, kaya yang dilakukan oleh grup band Leonardo and His Impeccable Six yang baru-baru ini ngerilis single barunya yang berjudul “Hari Kita” secara digital

berikut lagunya,

Kalo Leonardo dan bandnya ngerilis single natal, lain cerita sama bangkutaman. Band yang belum lama rilis mini album Rileks dan sempe ngasih lagu buat para pekerja kantoran ini ngasih kado Natal buat para penggemarnya.

Kado natalnya unik, lantaran umur kadonya udah 17 Tahun.

Hah, 17 Tahun? 

Wah kalo makanan mah udah basi ya disimpen 17 tahun.

Oh ternyata ini bukan makanan, melainkan lagu lama yang diremake kembali sama bangkutaman.

Judulnya “Catch Me When I Fall”

Sedikit informasi, lagu “Catch Me When I Fall” ini pertama kali muncul di EP self titled pertama bangkutaman yang direkam tahun 1999 di Yogjakarta. Lagu ini kemudian disempurnakan di album Ode Buat Kota yang dirilis tahun 2010.

“Jadi kalau dihitung-hitung usia lagu Catch Me When I Fall tersebut sudah genap 17 tahun, dan terhitung sekarang, lagu ini telah mengalami tiga kali transformasi, “ ungkap gitaris Irwin Ardy tentang sejarah lagu ini.

Nih kalo mau denger versi aslinya tahun 1999,

Lantas mengapa lagu “Catch Me When I Fall” yang lantas dipilih untuk diremake ulang oleh bangkutaman khusus untuk kado Natal ini?

“Karena Catch Me When I Fall adalah lagu yang hingga kini selalu berhasil meramaikan dan selalu memberi semangat buat bangkutaman dan crowd saat kami tampil on-stage” kata Irwin Ardy tentang alasan kenapa lagu ini yang dipilih.

Nih contoh lagu “Catch me When i Fall” kalo dibawain live,

“Selain itu juga, kita juga ingin bereksperimen secara luas dan bebas, dan setelah kami dengar kayanya lagu ini yang cocok, dan memang kalo didengarkan sih kerasa banget transformasinya, terasa aja perjalanan yang kami buat di bangkutaman selama 17 tahun,“ tambah vokalis/gitaris Wahyu Acum.

Saking catchy lagu ini, sampe-sampe Endah N Rhesa aja bisa bawain lagu ini bareng bangkutaman,

Perbedaan “Catch Me When I Fall” versi 1999, 2010 dan 2016 ini adalah jikalau di tahun 1999 masih kental dengan versi The Stone Roses kemudian disempurnakan jadi folk rock di album Ode Buat Kota. Dan menginjak usianya yang ke-17 ini, bangkutaman merombak total lagu “Catch Me When I Fall” menjadi sebuah nomor bermuatan country folk-pantai barat Amerika-ala The Byrds, Buffallo Springfield, dengan bumbu psikedelia ala The Beatles era Revolver dan Sgt. Peppers lewat permainan synthesizer dari Topan Daru, yang juga membubuhkan ketukan drumnya yang empuk di lagu ini.

Penasaran ya mau dengerin Catch Me When I Fall, kado natal yang udah berusia 17 Tahun yang sekarang diremake lagi sama bangkutaman?

Nih langsung aja dengerin lewat akun Soundcloud mereka, guys!