Pekerjaan Ideal Versi Kamu vs Versi Orang Tua. Biarpun Berbeda, Tapi Pasti Ada Jalan Tengahnya

Jangankan mau milih kerjaan apa, pas SMA aja banyak dilema yang dialami.

Pada akhirnya, kamu juga jadi bingung. Mau bekerja sesuai keinginan kamu, atau yang pekerjaannya menurut orang tua ideal kayak gini:

1. Yang sama dengan pekerjaan mereka

Orang tua kebanyakan berharap kalo anaknya bisa punya pekerjaan seperti mereka. Selain karena mereka udah tau seluk-beluknya gimana sehingga bisa ngasih masukan saat anaknya kebingungan, mereka juga punya banyak kenalan di bidang tersebut yang bisa “dititipin” anaknya.

Kalo buat kamu sih, yang penting dipanggil interview aja dulu, kalo bisa sampe tahap user aja, itu udah bersyukur banget.

2. Yang mereka ngerti itu pekerjaan apa

Wajar, kalo manusia takut sama apa yang mereka gak tau, takut menghadapi apa yang mereka gak ngerti. Makanya orang tua juga takut anaknya akan mengalami hal-hal yang gak mereka ngerti. Pengennya sih anaknya punya pekerjaan yang udah ketauan gimana cara kerjanya, dan yang paling penting, jenjang karirnya gimana.

Buat kamu, yang penting secara keseluruhan udah paham pekerjaan jenis apa yang akan kamu hadapi.

3. Yang dapet jaminan pensiun

Kalo orang tua kan pasti selalu berpikir jauh ke depan, terutama kalo udah menyangkut masa depan anak. Gak mungkin lah pengen anaknya sengsara di kemudian hari, di waktu di mana mungkin orang tua udah gak bisa lagi menemani dan membantu anaknya. Makanya orang tua akan seneng kalo anaknya punya pekerjaan yang menjamin kesejahteraan hari tua. Biar tenang.

Tapi buat kamu sih itu bukan prioritas utama. Kan bisa pake asuransi untuk hari tua.

4. Yang gak susah untuk dijelasin

Jaman dulu pekerjaan kan belum beragam kayak sekarang, dan orang tua juga gak begitu paham sama pekerjaan-pekerjaan jaman sekarang. Jadi kalo ditanya sama temen-temennya, mungkin mereka juga bingung jelasinnya gimana.

Yah, mereka gak maksa sih nyuruh kamu pindah kerja ke tempat yang mereka bisa gampang ngejelasinnya, tinggal kamunya aja tuh yang pinter-pinter ngasih pemahaman. Buat kamu, masih untung job-desk-nya jelas, dan gak ngalamin ‘job-desk-nambah-terus-tapi-gajinya-gak-nambah-nambah’.

5. Yang liburnya bareng

Nah apalagi kalo misalnya bisa dapet waktu yang liburnya bareng. Bakal lebih seneng lagi tuh. Sebenernya supaya gak repot juga sih kalo ada hari besar gitu-gitu, biar bisa pulang kampung bareng.

Tapi yah, buat kamu sih yang penting weekend gak ada telepon yang ngasih kerjaan aja udah bentuk #bahagiaitusederhana.

6. Yang gak jauh

Orang tua merawat dan membesarkan anaknya sejak kecil. Gak muluk-muluk lah keinginan orang tua tuh, asal bisa sering ketemu sama anaknya, itu juga udah cukup. Pasti pengennya selalu deket sama anaknya. Meski gak maksa, tapi orang tua pasti lebih merasa senang kalo anaknya kerja di tempat yang deket, yang masih terjangkau pengawasan mereka. Dan lebih seneng lagi kalo masih tinggal bareng. Meski repot, pasti mama kamu juga gak keberatan masakin kamu jam 11 malem saat kamu baru sampe rumah, dan bikinin sarapan pagi-pagi supaya kamu tidurnya bisa lebih lama dan bangun tinggal makan lalu berangkat.

Kalo buat kamu sih… Ya kerja mah di mana aja yang penting kerjanya jelas dan terutama, gajinya juga jelas.

7. Apa aja asal kuliahnya jurusan teknik

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh The Harris Poll, kebanyakan orang dewasa di Amerika akan mendukung anaknya untuk memilih pekerjaan di bidang teknik.
Ya gak heran sih, di sini juga kan pasti akan ‘membanggakan’ kalo punya anak yang kerja di perminyakan, pertambangan, dan yang sejenisnya. Kamu juga bukannya nolak sih mau kerja di tempat gituan. Tapi kuliahnya itu lho repot. Masuknya repot, kuliahnya repot, lulusnya juga repot. Segala repot.

Tapi, gak usah kesel juga kalo orang tua banyak nuntut kamu. Orang tua bukan mau mengekang juga, mereka tuh cuma pengen yang terbaik aja buat kamu. Ngomong-ngomong pekerjaan apa yang mau kamu ambil nanti? Atau udah kerja? Kerjaan sekarang sesuai tuntutan orang tua gak sih? Langsung ke kolom komentar ya!

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!