Wah Siap-siap Selebgram Bakal Dikenai Pajak, Gimana Cara Ngitungnya ya?

Fenomena selebgram beberapa tahun belakangan emang mencuri perhatian ya. Apalagi sekarang, tingkat keterkenalannya bisa selevel artis sinetron, film beneran. Buktinya, orang-orang lebih seneng ngomongin Awkarin sama Young Lex daripada Chelsea Islan.

Nah, ternyata perhatian lain juga dikasih sama Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) ke para selebgram nih. Jadi mereka punya rencana pengen mengejar pajak pengguna akun yang menjual jasa atau barang di media sosial. Salah satunya selebgram, yang mempromosikan produk di akunnya. Selain tentunya akun-akun online shop.

Gak cuma selebgram sih, Ditjen Pajak juga akan mengejar pajak di Facebook dan Kaskuser yang berjualan di forum jual beli.

“Kalau ada keuntungan ya kena pajak gitu aja. Tarifnya normal. Pajak penghasilan seusai keuntungan,” ujar Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di Jakarta, Rabu (12/10/2016) malam.
Saat ini pihak pajak lagi menggodok cara yang efektif dalam menerapkan pajak tersebut. Tapi kayaknya sih pihak Ditjen Pajak harus kerja keras nih ngecekin. Jumlah selebgram di Indonesia kan banyak banget, baik yang musiman dan gak. Tapi kalau buat akun online shop sih gampang, tinggal liatin aja komen-komen akun artis. Banyak tuh.

Setelah dapet kabar ini, kamu masih mau ngaku selebgram gak?

Semua orang udah tau kaleeee gue selebgram

Udah nyerah, dari kemaren yang nge-like foto gue dikit

Udah pensiun, mau fokus di pendidikan

Sumber