5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Supaya Kamu Bisa Traveling Terus

Jalan-jalan terus tentunya bisa bikin kere, kecuali kalau kamu habis menang undian miliaran rupiah. Makin kere lagi kalau kamu selalu mengincar tujuan yang jauh dan terpelosok. Harga tiketnya itu, lho! Rasanya, kok, makin hari makin mahal saja. Lalu kamu lihat orang lain ada yang sering betul jalan-jalan. Apa iya sebanyak itu orang yang menang undian miliaran rupiah?

Bisa jadi mereka punya siasat jitu untuk bisa jalan-jalan sesering itu, yaitu mengandalkan tiket pesawat yang murah! Bahkan, saya pernah terbang dari Jakarta ke Padang seharga Rp60.000,- saja, bolak-balik!

Baca Ini Juga

Nah, bagaimana saja cara mendapatkan tiket-tiket murah ini?

1. Beli tiket pada saat promo

Di Indonesia, Air Asia menjadi pionir tiket promo. Saat baru beroperasi di sini, mereka berani pasang harga promo semurah Rp0,- di luar pajak. Lalu maskapai-maskapai lain ikut-ikutan ngasih promosi serupa, seperti Mandala Air dan Batavia Air (yang sayangnya sekarang keduanya sudah tutup). Potongan harga tidak selalu signifikan, ada juga yang hanya mengurangi 20% atau 50%. Tapi, dibandingkan harga penuh, penumpang tetap untung, kan?

2. Cari informasi tanggal promo

PR berikutnya adalah mengetahui kapan maskapai-maskapai mengadakan promo tiket. Kamu anak masa kini, kan? Pasti punya akun sosial media, dong? Bisa Twitter, Facebook, atau Instagram. Follow akun maskapai-maskapai itu karena mereka sering berpromosi di sana. Begitu juga dengan biro perjalanan yang menjual tiket pesawat.

Selain media sosial, newsletter yang masuk ke e-mail juga sering menginformasikan tanggal-tanggal promosi mereka. Tinggal kamu berlangganan saja dan sesekali cek bagian Spam atau Promotion, siapa tahu ada informasi yang tersasar ke sana.

3. Datang ke travel fair

Beberapa maskapai rutin mengadakan travel fair, semacam bazar khusus untuk berjualan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, dan paket liburan. Garuda Indonesia pernah menggemparkan para peminat jalan-jalan dengan tiketnya yang mencapai 50% lebih murah dari harga normalnya pada tahun 2014. Selain itu, perusahaan-perusahaan lainnya pun kerap mengadakan travel fair, seperti bank penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai.

Mau tahu tips berikutnya, baca di sini, yuk!