Jangan Sampe Salah! Ini 7 Situasi yang Tepat untuk Bertanya 'Kapan Kawin?'

Situasinya nih, kamu lagi ketemuan sama temen lama. Terus, kamu penasaran gitu sama kisah hidupnya dia. Kamu juga udah tau dia udah punya pacar dan dia juga udah berada di usia yang matang. Maka kamu pengen tanya saat itu juga, “Kapan kawin?” ke dia. Wets, santey bosh. Jangan asal jeplak aja. Coba liat dulu situasinya, tepat gak?

Paling tepat sih kalo lagi di tujuh momen ini.

1. Saat Gak di Depan Banyak Orang

Karena sesungguhnya itu adalah masalah pribadi. Mungkin memang mau segera, tapi ada masalah pribadi yang gak mungkin diumbar-umbar gitu. Jadi sebaiknya karena ini masalah personal, nanyanya juga secara personal dong. Jangan di depan orang banyak lah, yang ada jadi awkward ntar si orang yang kamu tanyain itu.

2. Saat Dua Keluarga Udah Saling Kenal

Nah, kalo udah sampe saling kenal tuh kedua keluarga, baru deh kamu boleh tanyain. Soalnya kan ibaratnya kalo keluarganya udah pada kenal, udah gak ada lagi larangan-larangan gak penting dari salah satu pihak (kayak di sinetron), sebenernya tinggal tunggu waktu aja, ya gak?

3. Saat Keduanya Udah Mapan

Biasanya masalah gak segera menikah itu kan karena pertimbangan biaya juga kan, nah maka saat kamu tau keduanya sebenarnya sudah mapan dan siap secara finansial, baru deh tuh boleh kamu tanyain. Jangan baru lulus SMA udah langsung ditanya aja. Emangnye duit dari mane?

4. Saat Udah Nanya-nanya Vendor

Kalo gak ada urusan sih kayaknya gak akan sampe segitunya nanya-nanya vendor, ya gak? Udah nanya-nanya terus sampe bikin list catetan sih udah mungkin akan segera nih. Makanya boleh deh kamu tanya tuh, kapan sih dia mau kawinnya?

5. Saat Udah Dikasih Kain

Meski gak terlalu esensial (Maliq kali ah esensial), tapi nyatanya orang-orang seneng aja gitu punya “pasukan” yang bisa diandalkan saat resepsi.

Makanya masih banyak yang bagi-bagi kain.

Nah jadi kesimpulannya sih kalo udah dikasih kain, itu artinya mereka akan segera melangsungkan pernikahan, jadi boleh kamu tanyain.

Dijamin gak akan ada rasa tersinggung.

6. Saat Mereka Udah Lamaran

Apalagi setelah udah lamaran. Udah bakal pasti banget mereka segera melangsungkan pernikahan. Boleh deh tuh kamu tanya, tepatnya kapan sih acaranya.

7. Saat Mereka Udah Nikah

Because, you know… Udah halal kan?

Yah jadi gitu lah kira-kira. Kamu boleh tanya “Kapan kawin?” kalo lagi dalam situasi di atas. Gak akan ada awkward lah kalo situasinya tepat. Semoga kamu bukan termasuk ke dalam tipe orang yang nanya “Kapan kawin?” tanpa perkiraan ya.