Dijamin Seru, Ini Dia Permainan Tradisional 2.0 yang Harus Kamu Mainin Sekarang

Jadi gini, daripada kamu bisanya cuma ngeluh karena anak-anak jaman sekarang lebih sering main gadget daripada main ke luar rumah, kenapa sih gak kamu gabungin aja kedua hal itu? Kamu bisa lho ajak adek atau keponakan kamu mainin permainan tradisional dengan menyertakan teknologi yang ada saat ini. Contohnya:

Baca Ini Juga

Main Karet Pake Jumping Stilts

Permainan yang murah meriah ini, karena cuma modal karet gelang bisa kamu mainin pake jumping stilts. Jadi daripada cuma dipake loncat-loncatan gak jelas, lebih baik main karet sekalian. Sekaligus buat nambah skill loncatan dan keseimbangan kamu juga. Berapa lama sih kamu bisa bertahan lompatin karet yang diputer sama adek/temen kamu?

Petak Umpet Ditangkepnya Pake Foto

Jadi seperti yang kamu tau kan, saat kamu menemukan temen di tempat persembunyiannya, yang biasanya kamu lakukan adalah menyebut namanya sambil menyentuh tembok,pohon,atau apa aja yang dijadiin base terus bilang inglo atau hong . Nah, kalau di era digitalnya kayak sekarang, cara nangkepnya diganti. Jadi kamu cukup fotoin aja temen kamu itu. Ya, kayak abis ngegepin orang ngintipin gitu.

Baca Ini Juga

Main Engklek Pake VR

Nah, permainan tradisional ini kayaknya cocok dan seru kalau dimainin pake Virtual Reality (VR). Jadi ceritanya kamu lagi tersesat di tengah hutan, yang sekelilingnya jurang. Buat keluar dari situ, kamu harus melompati jurang-jurang itu. Padahal sih aslinya kamu cuma lagi main engklek di depan rumah, bareng temen komplek.

Naikin Layangan Pake Drone

Dulu setiap mau nerbangin layangan, kamu sampe harus naik ke atas genteng demi dapet angin atau pergi ke lapangan terus lari ke sana ke mari sampe ngos-ngosan biar layangannya naik. Nah, sekarang kamu bisa manfaatin teknologi drone. Dijamin layangan kamu bisa terbang tinggi sesuai keinginan.

Gobak Sodor Pake Balance Wheel

Cara main gobak sodor itu kan kamu harus melewati garis tapi jangan sampe kesentuh sama tim penjaga. Intinya butuh kecepatan, kelihaian kamu dalam berlari lah. Nah, biar permainan tradisional ini makin relate sama jaman sekarang, mainnya bisa pake balance wheel. Daripada cuma buat mondar-mandir di mall kan. Tapi kamu harus pinter-pinter jaga keseimbangan, biar gak kejengkang.

Petak Benteng Pake Scan Qr Code

Nah, kalau ini antar tim saling adu kecepatan, strategi dalam merebut benteng lawan. dengan cara cepet-cepetan nyentuh. Tapi kalau cuma megang doang, kayaknya kurang seru ya. Gimana kalau main petak bentengnya pake scan qr code. Jadi, ceritanya di masing benteng ada codenya gitu. Siapa yang berhasil ngescan duluan, dialah pemenangnya. Makin ribet sih tapi makin menantang.

Kwartet Pake AR 

Kamu masih inget kan cara main kwartet, cukup minta satu kartu ke pemain lain dengan cara menyebutkan nama kelompok kartu dan kartunya. Misalnya, "Kawan Goku Bulma". Terus, kalau pemain lain punya kartu tersebut, berarti harus dikasih ke yang minta. Nah, biasanya kan gambar-gambar di kartu itu lucu-lucu. Makanya, biar makin seru mainnya pake teknologi Augmented Reality aja.

Gitu deh jadinya kalau permainan tradisional digabungin sama teknologi yang ada. Jadi tetep seru karena menyesuaikan perkembangan teknologi jaman sekarang. Menurut kamu apa lagi nih permainan jaman dulu yang bisa diginiin? Share di kolom komentar ya.