8 Peraturan Gak Tertulis Antara Adek dan Kakak Kelas yang Selalu Bikin Deg-degan

Masalah senioritas emang gak pernah surut ya. Selalu jadi yang paling sering kejadian meski udah sering juga dilarang. Gak ada untungnya juga main ngotot-ngototan tentang kekuasaan cuma karena lebih tua setahun atau dua tahun. Tapi kenyataannya sih masih ada tuh peraturan yang gak tertulis antara adek dan kakak kelas yang selalu bikin deg-degan.

1. Perkara Siapa yang Pake Lapangan

Kalo ada kakak kelas pake lapangan, yaudah. Adek kelas harus ngalah. Meski katanya hakikatnya lapangan di sekolah itu milik siapa aja, tapi adek kelas gak bisa seenaknya ngusir kakak kelas. Kalo kakak kelas mau pake lapangan pas adek kelas lagi pake… Ya boleh aja sih.

2. Ikutin yang Dilakuin Kakak Kelas Pas Nongkrong

Kalo ada adek kelas nongkrong bareng sama kakak kelas, mau gak mau gak bisa nolak yang ditawarin sama kakak kelas dan ikut-ikut aja yang mereka lakukan. Seperti misalnya yang paling sederhana itu adalah ngerokok. Adek kelas sih manut-manut aja, soalnya bisa panjang urusannya kalo nolak.

3. Adek Kelas Gak Boleh ke Kantin Kakak Kelas

Biasanya sih gitu. Bukan cuma parkiran ruko aja yang ada wilayah kekuasaannya. Di sekolah juga ada. Biasanya sih kantin di sekolah itu kan ada beberapa, dan ada “kantin kakak kelas”nya yang mana gak bisa sembarangan orang ikut makan nongkrong di situ.

4. Adek Kelas Jadi “Kacung”

Biasanya sih kalo lagi nongkrong bareng, yang biasanya disuruh ke sana ke sini beli cemilan atau minuman tuh yang paling junior yang berangkat. Atau kalo di lingkungan organisasi pun, yang kebagian harus fotokopi dokumen, nyebarin surat, atau kegiatan yang mobile banget, biasanya sih yang adek kelas yang disuruh.

5. Adek Kelas Seragamnya Harus Bener

Padahal sih semua siswa harus bener pake seragamnya. Harus bener-bener menaati peraturan lah. Tapi namanya juga adek kelas, apalagi anak baru, masih belum berani untuk macem-macem dan takut juga jadi “diarah” kalo aneh-aneh dan ketauan sama kakak kelas.

6. Selalu Jadi Cadangan

Gak pernah jadi prioritas lah. Kalo lagi tanding olahraga tuh biasanya meski jago si adek kelas atau apalagi anak baru, pasti lebih sering jadi cadangan. Tapi kalo kakak kelasnya capek, adek kelasnya yang harus maju meski nantinya tetep bakal disalahin kalo kalah.

7. Anak Baru Gak Boleh Naksir Kakak Kelas

Haram hukumnya, adek kelas cewek atau pun cowok, untuk naksir kakak kelas. Terlarang banget deh kalo bukan si kakak kelas yang mulai duluan. Kalo pun kakak kelas yang mulai duluan suka dan ngedeketin —misalnya kakak kelas cowok suka sama adek kelas cewek, nanti cewek-cewek kakak kelas yang suka sama kakak kelas cowok itu pada gak suka dan nyamperin si adek kelas gebetan itu lagi. Ketebak lah pokoknya akhirnya akan kayak gimana. Mirip lah sama scene di sinetron-sinetron.

8. Ada Kamar Mandi Khusus Kakak Kelas

Karena biasanya kakak kelas punya “agenda” tersendiri, jadi adek kelas gak bisa sembarangan main pake aja tuh kamar mandi yang mana aja. Ada kamar mandi yang emang biasanya cuma kakak kelas aja yang pake. Mungkin karena lebih deket ke ruang kelas si senior juga kali ya, makanya agak aneh kalo adek kelas pake kamar mandi itu. Ah tapi namanya juga kebelet, harusnya sih dimaklum aja.

Padahal mental-mental yang kayak gini yang harusnya udah mulai dihapuskan. Jangan ada lagi tuh pembeda antara senior dan junior untuk hal-hal sepele hanya karena seniornya minta dihormati. Semoga sih sekarang udah gak kayak gini lagi. Main mah main aja sama siapa aja, gak usah ada kesenjangan lah.

Tapi kamu pernah ngalamin hal-hal kayak di atas gak? Bagi pengalamannya dong! Di kolom komentar ya!

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!