Kudu Dengerin Nih, Lagu-lagu Tentang Jakarta

Eh pada tau gak hari, 22 Juni Jakarta ngerayain ultah lho. Yes, hari ini genap ibukota Indonesia ini ngerayain usianya yang ke-489. Wuidih, udah tua juga ya? Ya iya lah, kan Jakarta udah ada sejak jaman dulu kala, jauh sebelum kemerdekaan.

Jakarta emang selalu jadi magnit bagi semua orang, entah kenapa orang pada berbondong-bondong ke Jakarta. Konon ada istilah kalo mau sukses ya ke Jakarta. Tapi kenyataanya, gak juga tuh. Ya, ada sih yang sukses, tapi gak sedikit juga yang akhirnya gak sukses.

Di dunia musik pun juga gitu. Musisi kalo mau sukses ya harus ke Jakarta, ya karena ada yang bilang Jakarta adalah pusatnya industri musik. Padahal kan gak juga ya, band-band kaya Sheila on 7 atau Superman is Dead atau Endank Soekamti tetep sukses tuh walaupun mereka gak di Jakarta.

Tapi anyway, Jakarta emang selalu menggoda ya, seakan kota ini adalah mimpi buat orang mencari sukses. Padahal kota ini gak selalu indah seperti yang dibayangin. Selalu ada sisi lain dari kota ini yang kamu semua pasti udah tahu, dari macet, banjir, penggusuran, dan lain sebagainya. Pastinya kamu-kamu yang tinggal di Jakarta pasti udah pernah ngerasain.

Nah, buat kamu yang tinggal di Jakarta, MBDC ngasih kamu kompilasi lagu-lagu tentang Jakarta. Apa aja? Dengerin bareng-bareng yuk,

Guruh Soekarno Putra - “Hallo Jakarta”

Sebuah lagu yang secara gamblang ngomongin kota Jakarta, sebagai ibukota Indonesia dan pusat pemerintahan. Kesana lah orang datang berlaga, mencari penghidupan.

Benyamin S. - “Kompor Meleduk”

Yang nyanyi musisi legendaris juga tokoh penting betawi. Lagunya sendiri juga bicara tentang lika-liku warga Jakarta, terkhusus yang tinggal di pemukiman padat, dari rumah kebakaran gara-gara kompor meleduk sampai kebanjiran gara-gara gotnya mampet. Klasik!

Lilis Suryani - “Gang Kelinci”

Sama kaya Benyamin S, Lagu ciptaan Titiek Puspa ini juga memotret kehidupan khas masyarakat Jakarta yang tinggal di gang sempit, rumah sempit tapi diisi oleh banyak keluarga.

Iwan Fals - “Sore Tugu Pancoran”

Sebuah lagu tentang potret kejamnya kota Jakarta, diperankan oleh Budi, anak miskin yang harus berjualan koran untuk menyambung hidupnya.

Dewa 19- “Selatan Jakarta”

Jakarta Selatan dulu adalah tempat paling gaul lebih dulu, Ini udah ada dari dulu sampai sekarang, liat aja Mal Pondok Indah sampai Kemang. Nah, soundtrack yang keren buat ngegambarin selatan Jakarta, khususnya di era 90-an adalah lagu ini.

The Upstairs - “Matraman”

Tak terpikirkan sebelumnya kenapa vokalis Jimi Multhazam menyebutkan daerah Matraman sebagai bagian dari salah satu lagu yang paling terkenal dari band ini. Kisah percintaan yang pupus karena perhitungan yang kurang matang, seperti jarak antara Matraman dan Kota Kembang, gak bakal ketemu.

Nah, itu dia beberapa lagu tentang Jakarta yang musti kamu dengerin. Eh tapi kalo kamu pengen tahu lebih banyak, kami udah punya playlistnya nih buat kamu di Apple Music nya MBDC. Dengerin yuk dan add ke playlist kamu.

Selamat Ulang Tahun, Jakarta!

RELATED POST