Cuma Orang Indonesia yang Punya 8 Kebiasan Unik ini Pas Belanja

Semua orang senang belanja. Yang gak enak tuh cuma ngeluarin duitnya doang. Selebihnya sih enak-enak aja, karena kan emang udah dari sananya manusia itu konsumtif. Tapi yang unik nih, orang Indonesia punya kebiasaan tersendiri nih kalo belanja.

1. Semua Toko Dimasukkin

Karena takut merugi, pada akhirnya jadi nyari best price untuk barang yang sama di toko yang berbeda-beda. Makanya biasanya kalo belanja tuh setiap toko di mall/pasar/tempat belanja apapun ditelusuri baik-baik, ngelilinginnya juga diatur biar gak ada satu toko pun yang terlewat.

2. Ngaduk-ngaduk Boks Diskon Sampe Berantakan

Papan merah dengan angka puluhan dan % di toko tuh menarik perhatian banget. Ibarat laron yang tertarik sama lampu, orang-orang juga biasanya langsung mengerubuti si boks diskon. Sebenernya sekali liat juga harusnya udah tau sih itu boks isinya apaan aja kira-kira, tapi tetep aja orang-orang pada penasaran dan merasa akan menemukan mutiara terpendam. Makanya diaduk-aduk aja terus sampe berantakan.

3. Di Fitting Room untuk Foto-foto Doang

Karena sesungguhnya cermin juga sama menipunya sama kamera, tapi seenggaknya setelah ada “mata kedua” yaitu lensa kamera, jadi punya perspektif lain lah dalam ngeliat pakaian yang lagi dicoba. Kan sayang ya kalo udah dibeli taunya jelek. Tapi kebanyakan juga cuma coba-coba doang terus yang dibeli palingan cuma sebiji gitu.

4. Masuk Fitting Room Ramean

Nah karena kaca dan kamera juga kadang dirasa gak cukup, pendapat manusia lain itu jadi penting. Kan agak ribet ya tuh kalo harus masuk fitting room terus nyoba baju terus manggil orang di luar untuk liat, jadi ya biasanya langsung aja deh diajak masuk sekalian. Sempit gak apa-apa yang penting seru. Gitu sih kira-kira.

5. Suka Gak Enakan Kalo Gak Jadi Beli

Udah gak diragukan lagi kalo orang Indonesia itu emang gak enakan mulu, bahkan untuk hal-hal yang gak seharusnya di-gak-enak-in. Kayak misalnya gak jadi belanja nih, kan wajar aja ya namanya juga lagi liat-liat. Tapi tetep aja ada perasaan gak enak gitu, dan suka ngasih alesan-alesan awkward kayak “Kayaknya gak cocok deh,” atau “Mau liat-liat dulu ya mbak,” dan alasan awkward lainnya, disertai dengan “Maaf ya.” Padahal sih gak usah segitunya banget juga.

6. Ngitung Diskon Dulu

Karena takut ketipu akal-akalan diskon, pada akhirnya jadi berusaha pintar dan ngitung diskon. Tapi ujung-ujungnya tetep terjebak juga sih karena udah terlanjur pegang barangnya jadi udah terlanjur jatuh cinta pengen beli dan gak peduli lagi sama diskonnya.

7. Ngumpetin Barang Inceran di Tempat Tersembunyi

Sering banget nih kayak gini. Jadi misalnya udah ngincer suatu barang terus pengen banget tapi belum bisa beli saat itu juga. Jadinya suka diumpetin dulu di tempat yang tersembunyi seperti di bagian paling belakang rak gitu. Padahal kalo gak bisa beli, ya berarti gak usah beli aja, ya gak sih? Besoknya juga barangnya udah diberesin sama mbak SPG-nya dan ditaro di tempat semula.

8. Ujung-ujungnya Beli barangnya di toko yang Pertama

Liat deh poin satu. Di situ disebutkan kalo jadi wajib hukumnya menginjakkan kaki di semua toko. Tapi yang paling sering terjadi sih nih ya, palingan jadinya belanja di tempat yang pertama didatengin itu. Meskipun katanya cinta pertama susah dilupain itu bullshit, tapi buktinya tetep bakal kepikiran kan sama barang yang diliat pertama kali?

Duh, jadi inget nih belum beli baju Lebaran. Kalo kamu belanja biasanya gimana? Ada ritual tertentu apa yang MBDC sebut di atas udah kamu banget?

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!