7 Hal Tentang Jakarta yang Orang Jakarta Sendiri Belum Tentu Tau

Banyak loh hal-hal tentang kota Jakarta yang orang gak tau. Bahkan penduduk Jakarta sendiri belum tentu tau, mungkin mereka bukannya gak tau, tapi lebih tepatnya gak mau tau. Yaudah deh, terserah udah tau apa belum yang jelas MBDC punya info tentang Jakarta yang seru aja buat diketahuin kite semua. Ini dia!

1. Tau Gak, Sekarang Jadi RT dan RW di Jakarta Dapet Gaji Lho

Udah pada tau belom kalo Pak RT dan Pak RW di lingkungan kamu tinggal itu tiap bulannya dapet gaji lho. Oke deh mungkin kamu udah tau, tapi kamu tau gak kalo mereka digaji berapa? Gak tau kan nih rinciannya.
  • Gaji Rukun Tetangga (RT) : Rp. 975.000,-
  • Gaji Rukun Warga (RW) : Rp. 1.200.000,-
Kalo kamu udah tau berapa gaji mereka, kamu tau gak, ada syarat yang harus mereka lakuin selaku RT/RW? Mereka harus bikin laporan dengan menggunakan aplikasi Qlue. Apa itu Qlue? Di poin selanjutnya ya!

2. Qlue, Aplikasi Partner DKI Jakarta yang Banyak Manfaatnya

Udah gak jaman kalo kamu cuma ngeluh doang. Daripada cuma bisa ngeluh mending download aplikasi Qlue, yang bekerjasama dengan DKI Jakarta. Aplikasi itu bisa kamu pake buat ngelaporin kemacetan, banjir, sampah, jalanan rusak, atau apapun deh, katanya sih cepet ditindaklanjuti.

3. DKI Jakarta Punya Pahlawan Warna-warni Lho!

Kalo ini dijamin banyak yang gak tau, kalo MBDC bilang pahlawan warna-warni, apa yang terlintas di pikiran kamu?
Salah, salah, salah, salah… Pahlawan warna-warninya Jakarta adalah para petugas kebersihan yang ada di DKI Jakarta. Kamu yang ngerasa orang Jakarta, udah pernah liat belom? Kalo belom nih MBDC kasih unjuk?

Walaupun ada mereka semua, bukan berarti kamu bisa seenaknya aja buang sampah atau ngerusak fasilitas umum ya!

4. Nanti Jakarta Bakal Nerapin Electronic Road Pricing

Jangan bilang kamu baru tau apa itu ERP. Atau jangan-jangan kamu taunya cuma ribut-ribut masalah penghapusan 3in1 doang? Yaudah gapapa, jadi ERP itu teknologi baru yang bakal ngegantiin 3in1. Tiap lewat jalan Sudirman, Thamrin nanti kita bakal ngelewatin semacam gerbang gitu yang otomatis mensensor semacam alat di mobil kamu. Nanti alat itu ada saldonya yang bisa abis. Biar lebih jelas liat aja videonya deh.

5. Reklamasi Bagian Dari Proyek Garuda

Kamu tau gak DKI Jakarta mau reklamasi teluk Jakarta? Apa jangan-jangan kamu taunya konflik yang terjadi doang? Eh kamu tapi kamu tau kan reklamasi itu apa?
Jadi gini, reklamasi itu adalah pembuatan daratan baru dari dasar laut atau sungai, soalnya kan kata Jokowi Jakarta Utara itu 30 tahunan lagi bakal tenggelem, jadi harus ada reklamasi cuma ada yang gak pro, bilangnya dapet ngerusak biota laut. Cuma nanti di ujung Jakarta ada proyek Garuda kalo sampe jadi reklamasi.

6. Lagi Dibangun Mass Rapid Transit (MRT)

Kalo ini sih udah pada tahu pasti, soalnya proyek pembangunannya ganggu banget. Tapi MBDC sebenernya gak mau nekenin tentang proyeknya, kalo proyeknya sih kamu liat aja tuh videonya. Tapi pengen nekenin kalo kita bakal macet-macet ria sampe paling gak 2 tahun lagi lho! Jadi siap-siap aja nunggu sampe MRT jadi.

7. Flyover Semanggi Baru

Pasti kamu ngiranya di daerah Semanggi situ lagi pada bangun MRT doang, padahal sebenernya gak gitu lho. Pemda DKI gak cuma bikin MRT aja, tapi ada pembangunan flyover Semanggi yang baru. Liat aja videonya. Katanya Ahok sih flyover ini bakal ngurangin kemacetan sebanyak 30%. Kapan ya jadinya..

Tuh banyak kan yang belum kamu tau padahal kamu warga Jakarta. Yaudah, kalo kamu tau berita tentang Jakarta yang kira-kira orang banyak gak tau, share dong di mari. Biar kita pinter rame-rame, betul kagak?