SMA Negeri vs SMA Swasta, Mana yang Lebih Cocok Buat Kamu?

SMA itu kan jenjang pendidikan terakhir sebelum kamu mutusin buat kerja atau meneruskan kuliah. Masa SMA juga jadi masa-masa paling indah, karena kamu udah bisa ngerasain banyak hal tanpa harus mikirin tanggungjawab yang besar. Tentunya itu juga bergantung sama sekolah yang kamu pilih. Kalau salah pilih, yang ada kamu cuma nyesel berkepanjangan, tiga tahun sekolah di situ.

Makanya buat DD-DD yang masih SMP dan lagi ujian biar gak salah pilih, kamu harus lihat dulu antara SMA negeri dan SMA swasta, mana yang lebih cocok sama kamu?

1. Fasilitas Kelas

Negeri : lengkap tapi standar.

Swasta : biasanya lebih bagus.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“kelas” url=“https://perohismagz.files.wordpress.com/2012/09/psikotest-2012.jpg"} Bikin betah[/caption]

Kita mulai dari kelas dulu dong. Soalnya kondisi kelas yang nyaman tentu akan mempengaruhi suasana belajar kamu kan. Nah, walaupun ada  sekolah negeri yang punya fasilitas bagus, kayak sekolah-sekolah top di ibu kota. Tapi, banyak juga sekolah negeri yang kondisi kelasnya jauh dari kata layak. Sementara kalau fasilitas di SMA swasta kebanyakan udah pasti lebih bagus. Wajar  sih kan biaya sekolahnya lebih mahal. Kalau fasilitasnya sama aja kayak negeri, kamu rugi dong kan udah bayar.

Skor : Negeri 0 - 1 Swasta 

2. Guru-gurunya

Negeri : gurunya sering rapat, jarang di kelas.

Swasta : guru jarang absen.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“teacher” url=“https://www.natcom.org/uploadedImages/CommunicationCurrents_Articles/Volume_8/bigstock-Teacher-With-Students-In-Class-36581665.jpg"} Cara diri di depan kelas[/caption]

Hal berikutnya yang harus kamu tau adalah soal guru-gurunya. Nah, biasanya guru di SMA negeri terkenal monoton kalau lagi ngajar. Alias gitu-gitu aja. Dan biasanya satu guru bisa ngajar dua atau tiga mata pelajaran yang beda. Jadi bisa dibilang, mereka akan lebih akrab dan hafal sama murid-muridnya. Saking sering ketemu di kelas.

Udah gitu, guru-guru di SMA negeri tuh, sering banget rapat. Jadinya, kelas sering kosong (baca: gak belajar). Sebagai siswa kamu pasti seneng dong sama keadaan kayak gitu? Sementara kalau di SMA swasta, kayaknya jarang guru ikut penataran. Jadi poin ini kita kasih buat SMA negeri ya.

Skor : Negeri 1- 1 Swasta

3. Kantin

Negeri : biasa aja, tapi jajanannya murah.

Swasta : bagus, tapi jajanannya mahal-mahal.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Kantin” url=“http://s.kaskus.id/images/2013/09/24/2044780_20130924045631.JPG"} tempat favorit anak-anak[/caption]

Kantin sekolah juga hal penting nih yang harus kamu pertimbangin. Soalnya pasti kamu akan lebih banyak ngabisin waktu di kantin deh daripada di kelas. Ya kan? Ngaku aja. Nah bedanya antara kantin SMA swasta dan negeri adalah masalah tampilan dan harga. Tapi, selama kantinnya gak jorok-jorok banget, kayaknya gak masalah ya juga ya dengan kantin SMA negeri. Yang penting bisa jajan lebih banyak.

Skor : Negeri 2 - 1 Swasta

4. Jumlah Temen

Negeri : banyak dan beragam.

Swasta : sedikit, tapi bisa lebih kompak.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“anak SMA” url=“https://adityagumilang.files.wordpress.com/2012/05/111-copy6.jpg"} lempar topi bareng[/caption]

Karena satu kelas di SMA negeri bisa diisi sampe lebih dari 30 siswa, jadi kemungkinan kamu dapet banyak temen di SMA negeri bisa lebih besar dibanding swasta yang rata-rata sekelas cuma 20 orang. Udah gitu, anak-anak SMA negeri biasanya dateng dari berbagai kalangan. Sementara kalau swasta biasanya latar belakangnya gak jauh beda sama kamu. Jadi pasti temenannya itu-itu aja.

Skor : Negeri 3 - 1 Swasta

5. Tujuan Acara Study Tour

Negeri : Yoyga, Bali, atau TMII, Monas, Monumen Pancasila Sakti (buat SMA negeri yang ada di daerah)..

Swasta : Kemungkinan besar ke luar negeri.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Study tour” url=“http://sma.baktimulya400.com/img_galeri/610914japan.JPG"} Jalan-jalan jauh[/caption]

Sama kayak pas SMP, di SMA nanti kamu juga akan mengikuti yang namanya acara study tour. Nah, biasanya ini jadi kesempatan para murid buat jalan-jalan. Nah, karena SMA swasta identik dengan orang-orang yang mampu, jadi kayaknya bukan hal yang mustahil kalau acara study tour-nya akan jalan-jalan ke luar negeri. Soalnya biaya udah bukan masalah lagi. Sementara kalau SMA negeri, biasanya udah paling mewah tuh pergi study tour-nya ke Bali. Tapi karena SMA negeri juga lebih milih destinasi di Indonesia, jadi poin buat dua-duanya

Skor : Negeri 3 - 2 Swasta

6. Undangan PTN

Negeri : lebih banyak dapet undangan dari PTN-PTN bagus.

Swasta : ada tapi gak banyak.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“PTN” url=“http://lampost.co/images/w750_h400px__1431334294.jpg"} Abis lulus SMA mau ke mana?[/caption]

Konon, lulusan SMA negeri lebih berpeluang keterima di Perguruan Tinggi Negeri dibanding SMA swasta. Mungkin itu karena SMA negeri lebih banyak dapet undangan dari PTN-PTN ternama. Sementara kalau swasta, ada sih cuma gak sebanyak SMA negeri. Nah, kalau kamu berencana pengen kuliah di PTN, ya kamu pilih SMA negeri aja.

Skor : Negeri 4 - 2 Swasta

7. Peraturan Sekolah

Negeri : sepatu harus seragam, kaus kaki harus panjang, rambut harus cepak.

Swasta : sepatu boleh bebas, rambut biasanya boleh gondrong (asal kamu berprestasi).

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Gonzaga” url=“htthttp://www.kolesegonzaga.com/wp-content/uploads/2013/01/senat.jpg”} Boleh gondrong[/caption]

Emang gak semua sih, tapi hampir sebagian besar peraturan di SMA-SMA negeri itu kurang asik dibanding kalau kamu sekolah di SMA swasta. Contohnya pakaian yang harus serba seragam. Mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki. Sebenernya tujuannya bagus, biar gak kesenjangan antar anak. Tapi, balik lagi saat SMA itu biasanya kamu lagi berada di masa-masa pengen nyoba berbagai hal. Jadi kalau terlalu banyak dilarang, mungkin kamu jadi kurang nyaman.

Skor : Negeri 4 - 3 Swasta

8. Toilet

Negeri : masih ada WC jongkok.

Swasta : lebih banyak WC duduk.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“toilet” url=“http://jawis.sch.id/admin/fasilitas/150347IMG_9848.jpg"} suka jadi tempat ngumpet[/caption]

Nah, kalau ini sih tergantung kenyamanan kamu. Lebih suka mana, buang air sambil jongkok atau sambil duduk. Soal kebersihannya sih relatif ya, cuma kalau tampilan biasanya toilet SMA swasta lebih baik daripada SMA negeri sih.

Skor : Negeri 4 - 4 Swasta

 

Jadi gitu deh. Mau SMA negeri atau swasta, sebenernya tergantung otak kamu juga sih. Sekolah bagus, tapi kalau gak diikutin sama kemampuan diri kamu, ya percuma.