Membedah Jingle Tahu Bulat Digoreng Dadakan dan Penyanyi Aslinya

Dulu mungkin cuma bakso doang makanan yang bentuknya bulat.

Tapi sekarang, bakso udah gak bisa jumawa lagi nih. Paling gak sejak kemunculan makanan fenomenal banget, bernama Tahu Bulat.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Tahu bulat” url=“http://resepindonesia.net/wp-content/uploads/2015/09/Tahu-Bulat-500x350.jpg"} Dia udah berubah[/caption]

Sebenernya makanan ini udah ada dari beberapa tahun lalu sih. Tapi, belakangan tahu bulat ini kembali jadi pembicaraan, karena jingle-nya yang terngiang-ngiang di kepala.

Begini lah liriknya:

Tahu Bulat, digoreng dadakan, 500an, anget-anget …, gutih-gurih…, Enyooooiiii …”
[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“tahu bulat” url=“https://www.nonegram.com/status/1223222942138354197_2231604337"} Langsung nempel di kepala[/caption]

Kalau kamu baca liriknya udah pake nada kayak abang-abangnya, selamat! lagunya udah masuk alam bawa sadarmu. Udah sih lemesin aja, jangan dilawan.

Tahu Bulat Itu Makanan Apa Sih?

Tapi buat kamu yang gak pernah lihat, sebenernya gak ada yang istimewa-istimewa banget sih sama makanan ini. Selain bentuknya yang sekarang udah jadi bulat. Selebihnya sih tahu ini kayak tahu-tahu yang biasa aja. Cuma ditambah bumbu (bubuk) rasa pedes, asin, dan keju aja. Sama satu lagi yang bikin beda adalah tahu bulat ini digorengnya dadakan.

Kenapa Tahu Bulat Harus Digoreng Dadakan?

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“tahu bulat” url=“https://2.bp.blogspot.com/-ZXJ2wLW5Z3I/VyhkYbZtykI/AAAAAAAADWk/aHq4etjqckEI3ubJWW5Qk9aRiOekylFAACLcB/s400/meme%2Btahu%2Bbulat.jpg"} Takut wacana.[/caption]

Kalau aja lirik jingle itu gak begini, “tahu bulat digoreng dadakan”, kita semua pasti gak akan penasaran sama hal ini. Kenapa tahu bulat itu harus digoreng dadakan? Terus maksudnya dadakan itu gimana sih? Tiba-tiba digoreng gitu, sampe si abang jualannya sendiri pun juga gak tau? Karena semuanya serba mendadak, alias gak ada rencana sama sekali sebelumnya.

Ya, MBDC juga sama penasarannya sama kayak kamu. Tapi, mungkin penjelasan Irvan ini bisa lumayan membantu.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“tahu bulat” url=“liputan6.com”} Ceritanya kamu ngerti ya[/caption]

Gimana, kamu jadi makin pusing ya? Intinya sih tahu itu baru digoreng kalau ada yang beli, karena kalau digoreng semuanya sekaligus, nanti tahunya dingin terus melempem. Jadinya gak bulat lagi deh.

Ternyata, Jingle Tahu Bulat Tiap Daerah Beda-Beda

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Partitur Tahu Bulat” url=“twitter.com”} Mainin pake suling[/caption]

Iya, jadi kata penjualnya, mereka itu tergabung dalam beberapa grup. Masing-masing grup itu terdiri dari 7 mobil pedagang tahu bulat. Nah, kalau jingle-nya sama, berarti itu dari satu grup yang sama. Pantas aja kalau tiap daerah tuh jingle-nya beda-beda kayak gini:

1. “Tahu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan, halawww…” 2. “Tahu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan, anget anget, gurih gurih nyoyyy” 3. “Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, haraneut keneh. Bapa mana wakwaw, hellooo helloo…” 4.  ”Tahu bulat, tahu hangat, digoreng di atas mobil, cuma lima ratus, gope,gopee, gopeee, ketahuan,ketahuan…” 5. “Tahu bulat,digoreng,di mobil, dinaaa katel,dadakan, lima ratusan, gurih gurih enyoi”

dan masih banyak lagi, gak mungkin MBDC tulis semuanya di sini.

Jingle Tahu Bulat Versi Paduan Suara

Jingle Tahu Bulat Versi Ceket

Eh maksudnya versi Reggae.

Dan, Gini Jadinya Kalau Jingle Tahu Bulat Divisualisasikan

Tapi, Siapa Sih Sebenernya Pemilik Suara Jingle Tahu Bulat Itu?

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Tahu Bulat” url=“http://www.lucu.me/"} (((Vokalis)))[/caption]

Selain masalah dadakan tadi, orang-orang juga penasaran sama pemilik suara jingle itu? Konon katanya sih, itu suaranya yang punya usaha tahu bulat ini. Tapi nama bosnya siapa, MBDC belum tau nih. Cuma kalau ngutip dari koran Sindo sih, katanya dia adalah Iwan.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Penyanyi tahu bulat” url=“http://www.koran-sindo.com/"} Vokalis banget nih[/caption]

Kalau Iwan itu diibaratin vokalis, kira-kira siapa ya?

Ian Kasela

Charly ST 12

Bonus: Meme-meme Tahu Bulat

Gimana, udah lega dong sekarang? Atau masih ada yang pengen kamu tanyain soal Tahu Bulat Digoreng Dadakan? Ya udah komen aja di bawah ya. Oh ya kalau kamu adalah temennya Iwan, titip salam ya.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!