Perbedaan Anak SMA Ngerayain Lulus UN Dulu dan Sekarang

Ciyeee anak SMA yang udah selesai UN. Ngerasa udah lumayan berkurang satu ya bebannya? Bagus deh kalo udah ngelewatin UN, berarti udah siap dong ya untuk menghadapi level selanjutnya? Harus siap dong, itu buktinya udah melakukan perayaan lulus-lulusan setelah pelaksanaan UN meskipun belum ada pengumuman lulus apa enggak, ya kan?

Kamu-kamu angkatan atas alias yang udah lulus SMA lima tahun lalu, atau 10 tahun lalu, atau bahkan 20 tahun lalu, pasti cuma bisa geleng-geleng kepala liat kelakuan DD-DD-GMZ jaman sekarang. Padahal dulu kamu ngerasanya gak gitu-gitu amat, pasti kamu mikir gitu kan ya?

Sebenernya jaman dulu juga ada tradisi corat-coret atau konvoi, tapi paling mentok ya “liar”-nya cuma segini aja:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“smadulu” url=“http://i930.photobucket.com/albums/ad148/arrazy/smadulu01.jpg"} Pake spidol aja cukup[/caption]

Foto bareng setelah coret-coret itu perlu dong. Nah tapi yang harus kamu perhatikan, itu coretannya hanya pake spidol hitam (atau biru ya) terus yaudah gitu aja.

Ada juga yang udah pake piloks seperti foto jadul ini yang diambil di tahun 1994 (lulus tahun 1994 berarti sekarang kurang lebih umurnya sudah 40 tahunan). Yaaa, di era ayah ibu kamu atau om tante kamu gitu deh.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“1994” url=“http://lh3.googleusercontent.com/-rIWK8Phalbs/VaHUgiajylI/AAAAAAAACxU/ecyCYFFVBKg/s640/blogger-image--1308177519.jpg"} Corat-coret tahun 1994[/caption]

Tetep corat-coret, tapi minimalis karena warna piloksnya cuma dua (karena mahal sayang duit juga kayaknya) dan tulisan-tulisan kecil dengan spidol juga tetep ada.

Yang konvoi-konvoi juga ada sih:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“konvoi” url=“http://assets.kompas.com/data/photo/2012/05/26/1706146620X310.jpg"} Konvoi woi[/caption]

Diliat dari baju yang dibuka tiga kancing dan gaya rambut mas-mas kacamata hitam yang berdiri di motor sih dia modelnya pake gaya 80-an gitu ya. Tapi itu bisa aja gimmick dianya yang suka yang retro-retro gitu sih. Nah kalo diliat dari warna foto dan dari helm-helm batok yang masih belum SNI yang dipake di foto ini, ini sih udah taun 2000an gitu, tapi mungkin awal 2000 kali ya. Nah udah lumayan mulai keliatan tuh kan liarnya, piloks sudah mulai berwarna-warni, dan udah berani juga konvoi ke jalan bahkan tanpa helm.

Baiklah, mari kita liat perbedaannya dengan kelulusan SMA baru-baru ini ya:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“potong-rok” url=“https://www.instagram.com/p/BD7byrRtiVr/"} Rok ala Tarzan[/caption]

Warna-warni banget! Yang jelas sekarang warna piloks makin banyak, dan, tetep ada juga sih tuh coretan pake spidol. Yang bikin shock sih itu roknya kenapa harus dipotong pendek banget gitu ya? Yang paling kanan pake zig-zag ala rok Tarzan segala lagi.

Saking pengen beda dari yang lain sekaligus menyalurkan bakat gambar, ada juga yang nyoretnya kayak gini:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“coret-seragam” url=“http://2.bp.blogspot.com/-PJ43J-zOsiU/U3tj2nMM1HI/AAAAAAAAC3Q/Z0LHXFDO94I/s1600/berawan+com+Corat+coret+seragam+kelulusan+sekolah+sma+smu+parade+konvoi+abg+alay+labil+cewek+gadis+cowok+wanita+seni++wanita+kami+artistik+coy.jpg"} Seni[/caption]

Wah, nyeni banget ya. Terniat. Cuma mungkin pemilihan warnanya aja kali ya yang harus lebih dipikirin.

Ada juga yang ngerasa kalo corat-coret doang udah biasa dan kurang greget sehingga dia melakukan hal ini:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“kupang” url=“https://www.instagram.com/p/BD4-6WOMB6K/"} Gregettt![/caption]

Salut! Awas lho iritasi.

Udah gitu konvoinya juga sembarangan banget pula.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“konvoi-api” url=“http://cdn-2.tstatic.net/pekanbaru/foto/bank/images/belum-tentu-lulus-ujian-nasional-siswa-ini-maki-polisi-konvoi-coret-baju_20150415_194927.jpg"} Kuda lumping main api[/caption]

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“tongsis” url=“https://www.instagram.com/p/BD9eco9sNbl/"} Pake tongsis dong biar gaul[/caption]

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“dk” url=“http://s.kaskus.id/images/2015/05/16/7674356_20150516094719.jpg"} Tangguh[/caption]

Sebenernya tindakan konvoi itu dilarang bukan karena gak ada sebab lho. Selain membahayakan keselamatan diri di jalan, bisa membahayakan pengguna jalan yang lain juga. Mana suka gak pake alat berkendara yang lengkap lagi. Makanya wajar kalo polisi suka mengamankan mereka.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“razia-konvoi” url=“http://4.bp.blogspot.com/-yVdRM-FgIlg/VVWk8ItqlzI/AAAAAAAAAt4/iDwt7u_KHyQ/s1600/1600428konvoi1780x390.jpg"} Kena, deh…[/caption]

Kalo udah nabrak, jatoh, berdarah, nangisnya juga paling manggil-manggil emaknya.

Daripada bikin kekacauan mending sekalian abadikan momen ini dibantu tangan profesional. Foto studio gitu misalnya.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“fotostudio” url=“https://www.instagram.com/p/BD-uZVUA_zK/"} Pose![/caption]

Atau abis corat-coret, gitu mbok ya inget juga sama bersyukur.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“sujud” url=“https://simomot.files.wordpress.com/2015/05/siswi-sma-corat-coret-lulus-un.jpg"} Sujud dulu[/caption]

Dari seorang sumber MBDC yang baru lulus beberapa tahun lalu, katanya sih setelah dia selesai pelaksanaan UN SMA mereka satu sekolah ngaji bersama sebagai penutup, setelah sebelum UN dimulai juga diawali dengan ngaji bersama.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“doa-bersama” url=“http://batampos.co.id/wp-content/uploads/2016/04/Zikir-Akbar-Menjelang-UN-SMU-F-Rezza-Herdiyanto-3.jpg"} Dzikir bersama[/caption]

Intinya sih bukannya generasi jaman dulu itu lebih baik dan generasi sekarang lebih busuk. Anak yang baik tetep ada, yang nakal juga banyak. Ya sama aja sih. Cuma beda “mainannya” aja.

Tapi seyogyanya sih ya, jangan lah kayak begitu-begituan. Kalo udah ditiru sama anak kecil gini gimana hayo.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“SD” url=“https://2.bp.blogspot.com/-QTElqNr37YE/Vrsq7P1q7sI/AAAAAAAAOdQ/KlrDxFge3sk/s640/8.jpg"} Ckckck[/caption]

Jangan yang macem-macem deh ya mendingan. Satu macem aja: lulus terus kuliah yang bener. Udah.

Kamu sendiri gimana pas merayakan lulus UN?