Jakarta Utara vs Jakarta Selatan. Kamu Jagoin yang Mana?

Sudahlah, gak bisa dipungkiri bahwa di Jakarta ada dua kiblat pergaulan yaitu di Utara dan ujung sebaliknya yakni Selatan. Tapi MBDC pengen membedah lebih luas lagi keistimewaan di antara dua daerah ini, dibagi dalam beberapa kategori yang terdiri dari…

1. Tempat Nongkrong

Utara: Pantai Indah Kapuk, OTW Food Street Kelapa Gading, Segarra Ancol

Selatan: Kemang, Senopati, Santa

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Anak nongkrong” url=“http://proto.areamagz.com/"} Provinsi Jakarta[/caption]

Kalo tempat untuk nongkrong, minum-minum cantik, bersenda gurau Utara punya Pandai Indah Kapuk sebagai sentral, misalnya di Locale atau iDarts (dari namanya udah jelas kan kamu bisa main apa di situ. Sementara belahan Selatan udah lama terkenal sebagai tempat berkumpulnya para anak muda se-Jakarta. Kemang dan Senopati udah cukuplah mewakili pergaulan kelas menengah-atas.

Skor: Utara 1-1 Selatan

2. Kuliner

Utara: Seafood 1001 Malam, Bandar Jakarta, OTW Food Street, Food Plaza PIK

Selatan: Blok S, Roti Bakar Eddy, Nasi Goreng Kebuli Apjay, Bubur Barito, Sop & Soto Sumsum H. Agus.

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Kuliner” url=“http://i0.wp.com/"} OTW[/caption]

Utara khas dengan ragam seafoodnya, banyak banget yang bertebaran secara paling dekat dengan pesisir, juga bagai perbabian di Kota. Sementara Selatan pun tangguh di berbagai lini.

Skor: Utara 2-2 Selatan

3. Perumahan

Utara: Bukit Golf Mediterania, Kelapa Gading

Selatan: Pondok Indah, Darmawangsa

[caption id=“” align=“alignnone” width=“640”] {source name=“Perumahan” url=“http://1.bp.blogspot.com/"} Komplek[/caption]

Bicara perumahan, kedua daerah sama-sama punya yang prestisius. MBDC kembali ngasih satu poin bagi Utara dan Selatan

Skor: Utara 3-3 Selatan

4. Gedung Pertunjukan

Utara: JIExpo Kemayoran

Selatan: Jakarta Convention Hall, Teater Salihara, Balai Resital Kertanegara, Usmar Ismail Hall, Erasmus Huis

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Gedung Pertunjukan” url=“http://www.usmarismailhall.com/"} Usmar Ismail Hall[/caption]

Selatan jelas megang untuk kategori ini karena sebagian besar gedung seni pertunjukan keren yang tersebar di ibukota banyak di Selatan dan Pusat. Utara disisakan Kemayoran dengan komplek PRJ dan beberapa gedung di Ancol. Skor tampaknya harus bertambah satu saja untuk Selatan.

Skor: Utara 3-4 Selatan

5. Mall

Utara: Mall Kelapa Gading (1,2,3,5), La Piazza, Mall of Indonesia

Selatan: Pondok Indah Mall (1,2,3), Gandaria City, Blok M Square, Kuningan City, Lippo Mall Kemang

[caption id=“” align=“alignnone” width=“640”] {source name=“MOI” url=“http://jakarta.panduanwisata.id/"} Jakarta kota mol[/caption]

Jakarta adalah kota mall, jadi gak sulit menemukannya di posisi strategis. Di masing-masing daerah aja ada yang satu mall beranak pinak. Untuk kategori ini keduanya sama kuat.

Skor: Utara 4-5 Selatan

6. Relaksasi

Utara: Orchardz Industri, Orchardz Jayakarta Hotel, Forte Spa, Alexis Hotel

Selatan: Martha Tilaar Salon Day Spa, Delta Spa, Clarins Spa

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Tempat relaksasi” url=“http://www.cosmopolitan.co.id/"} Biar rilek[/caption]

Untuk tempat bersantai melemaskan otot-otot tubuh Utara dan Selatan relatif berimbang dengan beberapa kesamaan franchise seperti Bersih Sehat dan My Place. Walaupub begitu Utara lebih mendominasi dari segi jumlah dan variasi. Tempat yang cukup mudah ditemukan di Jakarta.

Skor: Utara 5-6 Selatan

7. Galeri Seni

Utara: Galeri Canna, Mon Decor

Selatan: Dia.Lo.Gue, Waga, Edwin’s Gallery, ruangrupa, RUCI, Salihara

[caption id=“attachment_19227225837” align=“aligncenter” width=“630”]{source name="Galeri Seni" url="http://mozaic.co.id/"} Utara kurang nyeni {source name=“Galeri Seni” url=“http://mozaic.co.id/"} Utara kurang nyeni[/caption]

Utara kurang bersahabat dengan tempat-tempat semacam ini. Ada beberapa galeri tapi patut diakui namanya masih kurang berhembus kencang. Selatan unggul.

Skor: Utara 5-7 Selatan

8. Sarana Olahraga

Utara: GOR Sunter, GOR Bahtera Jaya Ancol, Sports Mall Kelapa Gading

Selatan: GOR Ragunan, GOR Kuningan, Bulungan, Gedung Squash Lebak Bulus

[caption id=“attachment_19227225839” align=“aligncenter” width=“630”]{source name="Sports Mall" url="http://kui.atmajaya.ac.id/"} Markas Satria Muda {source name=“Sports Mall” url=“http://kui.atmajaya.ac.id/"} Markas Satria Muda[/caption]

Sarana olahraga di Jakarta itungannya dikit, adalah beberapa gelanggang olahraga serta lumayan banyak gelanggang remaja. Kalo di Senayan yang masuknya Jakarta Pusat sih pada lengkap ya. MBDC lagi baik, tambahin aja deh.

Skor: Utara 6-8 Selatan

9. Kampus

Utara: Universitas Bunda Mulia, duh apa lagi ya, BSI ajalah

Selatan: UNIKA Atmajaya (punya beberapa kampus di Utara), Universitas Paramadina, Universitas Sahid, Interstudi, Moestopo (pada mainnya di Selatan).

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Universitas Paramadina” url=“http://1.bp.blogspot.com/"} Kampus Selatan[/caption]

Agak sulit ya nemuin kampus di Utara, ada sih satu-dua, tapi harus diakui kalo soal perguruan tinggi Selatan lumayan mendominasi.

Skor: Utara 6-9 Selatan

10. Taman

Utara: Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Selatan: Taman Ayodya, Taman Langsat, Taman Honda Tebet

[caption id=“” align=“alignnone” width=“620”] {source name=“Taman Langsat” url=“http://www.nyunyu.com/"} Tamannya Selatan[/caption]

Kalo soal taman, Menteng belom ada lawannya, ada tiga di sana. Tapi itu kan di Pusat ya. Sisanya ada di Selatan, Barat, Timur. Utara paling ada di proyekan di Angke Kapuk di mana kamu bisa ngelihat mangrove. Kurang sih di pertamanan, tapi pertemanan…belom tentu.

Skor: Utara 6-10

11. Water Park

Utara: Waterbom PIK, Atlantis Water Adventures, Ancol

Selatan: Pondok Indah Water Park

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Waterbom” url=“http://www.waterbom-jakarta.com/"} Main air[/caption]

Taman di darat udah, sekarang taman di air dan Utara (deket air sih ya) menawarkan lebih banyak pilihan. Bolehlah satu angka untuk Utara.

Skor Akhir: Utara 7-10 Selatan

Jadi skor menunjukkan bahwa untuk beberapa kategori Selatan lebih unggul dari Utara. Tapi mau Utara, Selatan, Barat, Timur kan sama-sama Jakarta ya. Saling menjaga aja. Satu nusa, satu Jakarta!

Kalo kamu lebih ke Utara apa Selatan?

Utara dong, air cuy

Selatan fix