9 Modus Buat Kamu yang Gak Pernah Bisa Nabung

Penulis: Adi Rijek

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Sedih tiap kali lihat saldo rekening yang gak pernah nambah atau malah kadang malah minus, alias punya utang? Apa yang salah kalau begitu? Mungkin gaya hidup dan keuanganmu yang salah.

Nasihat yang sudah sering kita dengar dari jaman dulu adalah: menabunglah. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Tapi saking seringnya kita dengar, lama-lama cuma masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Jadinya ya begitu, saldo kosong tiap akhir bulan. Menabung gak ada hubungannya dengan besarnya gaji. Berapapun gajimu ya harus disisihkan sekian persen buat ditabung.

Buat kamu yang sudah berusaha menabung tapi susah, mungkin 9 modus ini bisa sedikit membantu.

1. Jadi Yes Man di Kantor

[caption id="" align="aligncenter" width="630"] {source name="business-man-thumbs-up" url="http://www.lynettelewis.com/wp-content/uploads/2013/03/business-man-thumbs-up.jpg"} Okeh![/caption]

Jadilah pendengar dan tempat curhat yang baik. Jangan pernah menolak kalau dimintain bantuan (kecuali tindak ilegal). Jadilah orang yang gak bisa berkata tidak, kayak Jim Carrey di film Yes Man.

Gak cuma biar suasana kerja jadi kondusif, tapi siapa tahu dapat makan siang atau dapat jatah bekal gratis. Nah, lumayan kan, duit makan siangmu bisa dimasukin celengan.

2. Pasang Foto Keinginan

Kamu pengin punya rumah, bisnis atau mobil.  Jangan biarkan cuma jadi keinginan semata, tapi kejarlah. Eh, nabung aja susah gimana mau ngejar beli rumah?

Baca Ini Juga

Gaji di Bawah 4 Juta Bisa Punya Rumah Lewat KPR Sejahtera Tapak, Gimana Caranya?

Pasanglah foto keinginanmu di tempat kamu biasa mangkal: meja kantor, toilet, kamar. Kalau melihat foto itu kamu bakal lebih terstimulasi lagi buat nabung.

3. Jajan

[caption id="" align="aligncenter" width="630"] {source name="kakilima" url="sebandung.com/wp-content/uploads/2014/03/Tempat-Jajan-Malam-Di-Bandung.jpg"} Bisa gak ya pesen satu gelas es teh manis, tapi nongkrongnya ampe 6 jam?[/caption]

Sering diajakin teman-teman buat kongkow pas weekend gak masalah. Tapi bukan berarti kamu kudu boros juga.

Kalau mau diajakin kongkow, makan dulu di rumah atau di warteg dekat kostmu. Jadi pas nyampe tongkrongan kamu gak perlu jajan banyak lagi. Bisa juga membujuk temanmu buat jajan camilan yang bisa dimakan rame-rame.

4. Kurangi Beli Barang yang Gak Perlu

Kalau dibikin list, sebenarnya barang yang gak perlu itu banyak banget. Tapi kita mulai dari hal mendasar dulu deh: air mineral.

Kalau kamu anak kost yang sering beli air galon, ambil aja air mineral dari kantor. Modal botol kosong atau tumbler doang.  Jadi lumayan, alokasi dana buat beli air galon bisa dipres jadi satu kali dalam dua bulan.

5. Belanja di Warung

[caption id="" align="aligncenter" width="630"] {source name="buka-warung" url="https://malakayuara.files.wordpress.com/2013/05/buka-warung.jpg"} Warung[/caption]

Mini market memang udah menjamur. Tapi jangan pernah lupakan warung. Dengan konsep kearifan lokal, warung itu lebih kental suasana kekeluargaannya.

Jadilah pelanggan yang baik. Walau gak beli, setor muka aja sok akrab biar dekat sama empunya warung. Kali aja kalau udah beli bisa dapet diskon atau bonus.

Baca Ini Juga

Warung vs Mini market, Kamu Lebih Sering Jajan di Mana?

6. Kurangi Beli Rokok

Buat yang perokok, mungkin ini penyebab beberapa persen gaji cepat habis. Tapi ya namanya udah kadung jadi perokok, mau berhenti susah. Kalau kamu biasa beli rokok 1 bungkus per hari, sekarang jadikan 1 bungkus per dua hari.

Caranya, jangan bawa rokok ke kantor atau tempat nongkrong. Nanti bisa minta temen atau satpam kantor. Yang penting modal korek api. Jadi kalau ada yang mau minjem korek bilang aja "Enak nih, sebats dong bro." Kalau sebulan bisa bertahan lumayan kan, duit rokokmu berkurang separuh dan itung-itung mengurangi kebiasaan burukmu.

7. Jaga Kesehatan

Banyak cara menuju sehat, mulai dari yang murah sampai mahal. Tapi yang namanya sakit tetap bakal menghampiri, seberapapun kuatnya usaha kita. Kamu tahu BPJS Kesehatan kan? Nah, kalau tiba-tiba sakit manfaatin saja BPJS. Gratis. Kalau kantor ngasih asuransi tambahan dan bisa double claim, lebih lumayan lagi tuh.

8. Bikin Rekening Terpisah

Yang satu buat gaji, satunya lagi khusus tabungan. Begitu gajian, langsung transfer berapa persen. Simpan ATM buat tabungan di tempat aman. Jangan di dompet. Nanti hasrat impulsif bisa muncul.

9. Modal Rice Cooker

Buat yang anak kost, rice cooker itu barang esensial. Setiap gajian, beli beras kiloan. Masak secukupnya buat sehari. Bawa bekal nasi ke kantor.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“makan-bareng” url=“https://mirfagah.files.wordpress.com/2014/08/img_9343.jpg"} Seru loh kalau makan siang bareng-bareng di kantor, pada bawa bekal masing-masing, terus saling berbagi deh.[/caption]

Nanti beli lauk di warteg atau kantin kantor. Kalau malas keluar duit buat lauk, kamu bisa mempraktikkan poin 1.

Jadi gimana? Masih bilang kalau menabung itu susah? Kalau 9 modus itu masih gagal juga menumbuhkan semangat menabungmu, mungkin kamu butuh pendamping hidup yang jago mengatur keuanganmu.

duitpintar-logo (1) (1).png

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!