Sesungguhnya Bagi-bagi Kain Bridesmaid Itu Gak Penting-Penting Banget Kok

Tentu kamu familiar kan sama yang kayak gini:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“Bridesmaid kuning” url=“http://mozaic.co.id/assets/uploads/2015/08/bridesmaid.jpg"} Cakep warnanya[/caption]

Atau ini:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“bridesmaid2” url=“http://thebridedept.com/wp-content/uploads/2015/03/IMG_7634.jpg"} Eh, ada BCL… (Jangan di-zoom!)[/caption]

Atau ini?

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“bridesmaids3” url=“https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5b/1bridesmaids_crop.jpg"} Bagus ya[/caption]

Mereka itu disebut dengan bridesmaid, atau maid of honor. Mereka yang akan ngurusin keperluan pengantin saat hari H. Jadi semacem baby sitter-nya gitu deh, kalo pengantin butuh minum, ternyata butuh peniti tambahan, butuh bobby-pin karena sanggulnya tiba-tiba longgar, atau apa pun, mereka yang jadi seksi ribet. Tapi, gak sembarang orang lho bisa jadi bridesmaid. 

Menurut definisi, bridesmaid sendiri artinya:

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“bridesmaid-def” url=“https://en.wikipedia.org/wiki/Bridesmaid"} Kata Wikipedia[/caption]

Bridesmaid itu haruslah keluarga dekat, atau teman dekat pengantin, yang secara tradisinya sih terutama mereka-mereka yang sudah masuk usia menikah tapinya belum menikah.

Jaman sekarang, bridesmaid jadi persoalan yang penting banget.

Bahkan sampe dibikin segala kartu khusus yang udah datang sepaket sama kain siap jahit.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“willyoubemybraidsmaid” url=“http://2.bp.blogspot.com/-1Kolvt_O-Ek/Vi4HkFx9QVI/AAAAAAAAAKE/PibzFK_XrMQ/s1600/photo2.JPG"} Formal bener yak[/caption]

Seru? Mungkin iya, untuk pengantin. Tapi kalo dari sisi yang dikasih kain…. Kayaknya kalo dikasih kain tuh bersyukur, dan kalopun gak dikasih malah kayaknya lebih bersyukur lagi.

Kalo Dikasih Kain Bridesmaid…

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“ted-wahlberg” url=“http://screencrush.com/442/files/2012/12/ted07.jpg?w=720&cdnnode;=1"} BFF[/caption]

Artinya, kalo kamu dikasih kain bridesmaid itu kamu dianggap orang terdekat. Orang yang dipercaya banget untuk ngurusin tetek-bengek pernikahan orang tersebut. Tentu kamu merasa senang karena kamu merasa masih dianggap sebagai orang penting bukan?

Tapi ngasih-ngasih kain gitu apa gak ngerepotin?

Ternyata harga kain bridesmaid juga gak mahal-mahal amat. Perkiraan kasarnya sih, satu orang butuh 2,5 meter kain satin dan 1,5 meter kain brokat (kalo orangnya gedenya sedeng).

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“brokat” url=“http://4.bp.blogspot.com/-khru0SD3uW8/UmToNlK_rsI/AAAAAAAAAQM/Vl63xezuR_E/s1600/IMG-20131020-WA0012.jpg"} Brokat[/caption]

Pengamatan mata-mata MBDC cabang Pasar Mayestik Jakarta sih harga satin yang standar itu sekitar Rp16-17 ribu/meter, sementara untuk harga brokat lebih bervariasi. Ada yang Rp40 ribu/meter, tapi yang mahal sampe Rp300 ribu/meter juga ada. Jadi kalo mau yang bahannya biasa-biasa aja mah dibujetin seorang bridesmaid Rp100 ribu juga bisa.

Emang sih, kainnya murah, tapi ongkos jaitnya?

Kalo pengantennya baik (baca: banyak uang) sih harusnya dikasih juga ya ongkos jaitnya. Atau malah dipilihin gitu tempat jaitnya di mana, jadi tinggal ngukur-ngukur cantik doang terus tinggal terima jadi.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“woman-in-tailor” url=“http://img.news.sina.com/business/p/2012/0226/U48P5029T2D443468F24DT20120227111928.jpg"} Wah kayaknya kainnya bakal kurang nih mbak[/caption]

Tapi kan kebanyakan gak kayak gitu. Banyaknya sih cuma ngasih kain doang udah gitu terserah mau dijait modelnya kayak apa pokoknya yang penting kainnya seragam. Nah kainnya yang kayak gimana, mau ngejait model yang kayak gimana, kan pasti harganya gak murah. Kadang sering juga tuh pengantennya maunya harus model kebaya dan gak boleh dress biasa gitu.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“ongkos-jahit” url=“http://www.rumahmodedewi.com/ongkos-jahit/"} Mahal-mahal amat yak[/caption]

Belum lagi kalo kainnya ada payet-payet gitu. Karena takut merudul, payetnya sendiri harus dilepas dulu, terus setelah bajunya jadi, si payet ditempelin kembali.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“payet” url=“http://g01.s.alicdn.com/kf/UT8JJHxXfpcXXagOFbXO/200591680/UT8JJHxXfpcXXagOFbXO.jpg"} Payet[/caption]

Ongkos payet itu beda lagi lho. Bisa Rp50 ribu sampe Rp100 ribu tergantung kerumitan pakaiannya. Ribet ya? Makanya ngasih kain bridesmaid itu cenderung nyusahin.

Kenapa nyusahin?

Karena kamu gak tau keadaan temen kamu yang kamu kasih kain itu. Iya kalo dia punya uang. Kalo dia lagi susah? Kalo dia lagi nabung? Tentu ongkos ngejait yang bisa sampe Rp500 ribu itu adalah jumlah yang besar, yang bisa dikonversi ke barang lain yang lebih berguna.

Belum kalo calon bridesmaid kamu lagi ribet dan gak punya waktu untuk hal-hal yang gitu-gituan. Yang ada kamu malah nambahin beban dia.

Siapa aja yang dikasih?

Nah sekarang kita bayangkan nih ya kamu mau ngasih ke berapa orang.

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“Counting-by-drawing-stick” url=“http://wilsonprintingusa.com/wp-content/uploads/2014/02/bigstock-Counting-days-by-drawing-stick-53464849.jpg"} Tung itung[/caption]

Sahabat? Iya. Tapi sahabat yang mana? Sahabat pas SD? Sahabat SMP? SMA? Kuliah? Kantor? Tongkrongan? Tentu dari semua lingkungan ada orang-orang yang kamu anggap dekat. Mereka itu yang gak mungkin gak kamu undang ke pernikahan. Ditakutkan, kalo nanti yang dikasih kain cuma sahabat SMP doang, yang sahabat pas kuliah ngerasanya gak adil. Begitu juga sebaliknya. Bisa-bisa merusak pertemanan kalian nih. Jadi pilihannya sih kalo mau ngasih tuh ngasih ke semuanya, atau gak ngasih sama sekali ke siapapun.

Jadi Bahan Omongan Orang

[caption id=“” align=“aligncenter” width=“630”] {source name=“gossip-friends-women” url=“http://media.salemwebnetwork.com/cms/CW/faith/12327-gossip-friends-women-secret.1200w.tn.jpg"} Ih, ini sih kainnya yang 10 ribu semeter cyin![/caption]

Tentu orang akan seneng membandingkan. Kalo kamu ngasih kain tapi gak lebih cetar daripada kain yang dikasih sahabat kamu waktu pernikahannya dia, kamu akan dianggap sebelah mata. Giliran ngasih yang lebih, nanti orang yang nikah setelah kamu akan kesusahan karena standarnya yang udah naik. Dia juga gak mau dong dianggap lebih ‘rendah’? Persaingan yang gak penting gini nih yang seharusnya gak ada, tapi ada aja.

Mubazir

Tentu kamu gak tau kan abis selesai acara itu baju mau dikemanain? Karena biasanya, si baju bridesmaid itu udah gak bisa lagi dipake ke acara lain. Belum lagi kalo warnanya yang aneh-aneh jadi susah di mix and match. Pada akhirnya numpuk aja dah di lemari menuh-menuhin tempat.

Jadi gimana ya? Mau ngasih kain tapi takut ngerepotin, tapi kalo gak ngasih kayaknya pesta pernikahannya gak seru gitu. Yaudah lah makanya gak usah ribet-ribet, gak perlu ngasih-ngasih kain bridesmaid segala. 

Toh, bukan sesuatu yang harus ada semacam mahar. Bukan yang wajib ada kayak saksi pernikahan. Seragam bridesmaid bukan sesuatu yang mendesak, yang kalo ada sih bagus, gak ada juga gak apa-apa.

Jadi ya gak penting-penting amat.