8 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakuin Kalo Ada Berita Tentang Ledakan Bom

Aksi terorisme datengnya emang gak diduga-duga. Jadi wajar aja kalo semua orang kaget kalo ada kejadian teror. Kalo udah kejadian kayak gitu kamu harus tau apa aja yang harus kamu lakuin untuk menyikapi berita-berita seputar aksi teror yang terjadi. Nih MBDC kasih tau kamu harus ngelakuin apa.

1. Jangan Panik

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Ronaldo” url=“www.espnfc.com”} Tenang bro![/caption]

Kalo kamu jauh dari TKP dan kamu cuma tau kejadian ledakan bom tersebut dari media, kamu jangan langsung panik. Kalo kamu panik, orang lain bisa ikutan panik. Percaya aja sama polisi. Lebih baik kamu cari tau dulu tentang keabsahan berita tersebut.

2. Jangan Nyebarin Berita Hoax

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“bisik” url=“www.belaborthepoint.com”} Eh tau gak tau gak[/caption]

Menyebarkan berita emang ada baiknya, tujuannya supaya orang ikut waspada. Tapi kamu harus pastiin dulu itu berita dari sumber terpercaya atau gak. Kalopun itu berita gak hoax, kamu tetep harus tunggu sampe berita itu bener-bener jelas, soalnya kalo sepotong-sepotong bisa bikin orang jadi salah pengertian.

3. Jangan Nyebarin Foto Korban

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“share” url=“MBDC”} korban apa nih?[/caption]

Kamu gak bakal dicap paling update dan gaul juga kok kalo kamu nyebarin foto korban. Jadi mendingan jangan ya, soalnya kamu harus mikirin gimana rasanya jadi keluarga korban kalo tau ada foto anggota keluarganya yang jadi korban diliat orang. Apalagi kalo bentuk korban udah gak utuh.

4. Jangan Ke TKP 

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“TKP” url=“news.okezone.com”} Jangan ke sini!![/caption]

Mau kamu percaya atau gak tentang berita itu, kamu dilarang keras untuk pergi ke TKP. Selama Polisi masih ngasih Police Line di sekitar TKP berarti tempat itu masih gak aman, entah masih dalam penyeledikan atau masih mungkin ada ancaman teror lagi. Daripada beresiko, mending anteng-anteng aja deh.

5. Cari Informasi yang Akurat

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“cari tau” url=“observer.com”} Cari tau dulu ah[/caption]

Ini penting nih, kalo kamu ambil berita dari sumber yang gak terpercaya kamu gak ada bedanya sama nyebar fitnah dan cuma bikin orang panik. Gak usah berusaha tampil beda dengan cara nyebar berita yang belum pasti kebenarannya. Mangkanya kamu harus tau dari sumber terpercaya, paling bagus sih dari mulut Polisi sendiri, inget gak usah maksain pengen beda kalo ujung-ujungnya salah ngasih berita.

6. Jangan Nyebarin Provokasi

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Provokasi” url=“astikamp.blogspot.com”} Fitnah nih[/caption]

Masih ada aja lho orang yang suka berspekulasi tentang siapa pelakunya atau apa motif dibalik aksi teror tersebut. Boleh aja kok kamu berasumsi atau spekulasi, tapi gakusah di sebarlah. Tar malah jadi provokasi, jadi nyalahin pihak yang belum tentu salah.

7. Ngabarin Orang Terdekat 

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“Telepon” url=“www.mnn.com”} Cemas[/caption]

Kalo kamu tau ada berita tentang bom meledak lebih baik kamu hubungin keluarga terdekat, pastiin dulu kalo mereka ada di tempat yang aman dan jauh dari TKP. Ini lebih penting daripada kamu sibuk cari berita buat diposting di media sosial.

8. Jangan Dibecandain

[caption id=“” align=“alignnone” width=“630”] {source name=“bercanda” url=“www.mnn.com”} Ketawain[/caption]

Poin ini keliatannya gampang tapi kadang kamu suka gak sadar kalo lagi bahas tentang berita apapun ujung-ujungnya dibawa bercanda. Ini berlaku buat kejadian apapun yang menyedihkan ya. Mudah-mudahan kamu udah cukup dewasalah.

Gimana? Kamu udah terlanjur nyebar berita hoax ya? Kalo udah terlanjur buruan minta maaf sebelum makin meluas. Kalo kamu mau nambahin poin di atas, langsung meluncur ke kolom komen ya.