[TUTORIAL] Cara Membuat 3D Holographic Projector

Saat ngeliat 3D hologram di film Star Wars tentunya orang-orang pada waktu itu langsung berfikir kalau hal kayak gitu kayaknya gak mungkin terjadi. Tapi ternyata dugaan salah, karena teknologi berkembang lebih cepat. Nah kamu juga bisa nih bikin 3D hologram sendiri dengan peralatan yang gampang dicari dan tentunya harganya jauh lebih murah. Yuk mari kita mulai

1. Siapin Bahan-Bahannya

1

Yang harus kamu bikin untuk ngebuat 3D holographic adalah reflectornya terlebih dahulu. Cara buatnya gak susah cuma emang harus ada effort dikit lah. Tuh bahan-bahannya bisa kamu liat di atas.

2. Print Pola Untuk Jadi Reflectornya

2

Pertama kamu harus bikin dulu polanya. Bentuknya kayak yang di atas tuh. Tapi kalo kamu rada males, nih kamu bisa ambil pola yang udah MBDC bikin di bawah, jadi kamu tinggal print aja.

[caption id=“attachment_19227218971” align=“alignnone” width=“630”]Ini dia pola, tinggal kamu print aja Ini dia pola, tinggal kamu print aja[/caption]

 

3. Tempelin Pola di Belakang Tempat CD

3

Nah, pola yang udah kamu print itu langsung tempelin aja ke tempat CD. Terserah mau CD albumnya siapa, bebas.

4. Potong Ikutin Polanya

4

Abis itu kamu potong deh tempat CD tesebut ngikutin pola yang udah ditempel pake cutter. Agak sedikit ditekan ya motongnya, biar lebih asik.

5. Copot Dari CD

5

Kalau tempat CDnya udah ngebentuk pola, kamu tinggal copot tuh. Cetek!

6. Patahin

7

Trus kalau udah berhasil kamu copot, langsung kamu patahin jadi dua. Tapi sebelumnya harus dicutter dulu juga ya biar lebih gampang patahinnya.

7. Buat Jadi Empat Bagian

8

Nanti bakal jadi empat bagian kayak gambar di atas

8. Satuin Pake Lakban Kertas

9

Langkah selanjutnya adalah ngegabungin empat bagian tadi dengan lakban kertas seperti gambar di atas.

9. Dibentuk Jadi Piramid

10

Nah ini dia alasan kenapa kamu harus tempel pake lakban kertas, supaya keempat bagian tersebut gak berantakan saat mau dibentuk jadi piramid. Jangan lupa dikasih power glue di setiap sambungan yah.

10. Jadi Deh

11

Horeee berhasil. Eh tapi tunggu, perjalanan kamu ngebikin 3D holographic belum selesai sampai di sini. Karena berikutnya kamu harus

11. Siapin Smartphone 

12

Kamu punya smartphone kan ya? Nah yang harus kamu lakuin selanjutnya adalah puter video khusus 3D holographic. Yes, karena kamu gak bisa sembarangan muter video buat hasilin efek hologram. Dengan kata lain kamu harus bikin juga sih videonya. Tapi tenang, MBDC udah sediain nih buat kamu

12. Taro Reflector di Atas Smartphone

13

Langsun aja kamu taro reflector yang udah kamu buat dengan jerih payah di atas smartphone yang lagi muter video. Hasilnya nanti kayak yang kamu liat di atas.

Selamat! kamu jadi punya hiburan baru dan tentunya bisa nyombong juga ke pacar atau bahkan orang tua pacar.

Eh, kayaknya menarik juga ya kalau film biru dijadiin 3D holographic begini. Dan setelah MBDC telusuri ternyata ada nih yang udah nyediain videonya. Masuk sini.