[Tutorial] Nyalain Mobil Manual yang Mogok

Mobil mogok itu emang gak asik banget deh, apalagi mogoknya di saat yang teramat genting. Biasanya sih mogoknya mobil disebabkan karena aki. Kalau kamu jago mesin-mesinan sih kamu bisa utak atik tuh sampe hidup lagi, tapi kalo kamu cuma taunya tinggal make doang, ya palingan tinggal telpon Papa, trus minta tolongin deh. Dasar manja!

Sebenernya ada cara paling mudah buat ngidupin mobil yang mogok karena aki. Teknik ini pastinya udah banyak yang tau ya, tapi gak ada salahnya MBDC kasih tau lagi ke kamu. Berikut ini adalah tutorial menyalakan mobil manual yang mogok dengan mudah. Eh iya, tapi ini bisa dilakuin kalau mobil kamu manual. Kalau matic, ya telpon teknisi aja, udah banyak kok layanan 24 jamnya.

1. Mobil Gak Bisa Distarter 

1

Lho kok gak bisa distarter nih? Gagal kencan deh!

2. Cek Mesin

2

 

Buka kap mobil, coba kamu liat ada yang salah gak sama mesin kamu? Yap, MBDC tau kok sebenernya kamu gak tau apa-apa soal mesin, tapi tahap ini harus tetep kamu lakuin sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pengendara mobil. PURA-PURA NGERTI!

3. Coba Starter Lagi

3

 

Sebenernya sih percuma aja ini kamu lakuin, karena kan mesinnya gak kamu apa-apain juga. Cuma kan nyoba itu gak bayar, jadi ya coba aja lagi. Siapa tau aja yang kali ini bisa. Jangan lupa baca doa! Tetep gak nyala kan? Yaudah ke tahap selanjutnya

4. Keluar Mobil dan Cari Bantuan

4

 

Disaat-saat seperti ini mau gak mau kamu harus berinteraksi lagi nih secara nyata sama manusia. Coba liat sekitar, ada orang gak? Kalo gak ada, gak usah lanjutin ke tahap selanjutnya. Kamu masuk mobil aja, terus curhat di social media. Nanti pasti ada yang bantuin, bantuin ngasih simpati!

5. Samperin Orang Buat Minta Tolong

5

 

Kalo misalnya kamu liat ada beberapa orang di sekitar situ, kamu langsung samperin aja buat minta tolong. Jangan kamu panggil suruh dateng ke kamu ya, kan kamu yang minta tolong. Pastiin orang yang mau kamu mintain tolong itu lebih dari 1 orang dan punya tampilan yang mayan ateletis, karena yang kamu butuhin itu tenaga mereka. Ya kalau kamu suka sih bisa sekalian colongan.

6. Kunci Dalam Posisi Stand By

8

 

Setelah berhasil minta tolong sama orang buat bantu dorongin mobil kamu, langsun aja kamu masuk ke mobil buat melakukan trik ini. Masukin kunci ke lobang (cie lobang) dalam posisi stand by, tapi jangan kamu starter.

7. Injek Kopling

6

Tahan terus ya, jangan dilepas dulu

8. Masukan Gigi 2

7

 

Gampang lah ini ya.

9. Suruh Orang Dorongin

9

 

Selanjutnya kamu suruh orang yang tadi kamu mintain tolong buat dorongin mobil kamu. Gini cara suruhnya,“Mas dorong sekarang, mas! Terus, mas, lebih kenceng, mas!”

10. Lepas Kopling

10

 

Nah kalo kamu ngerasa mobil jalannya udah mayan kenceng, langsung deh lepas injekan kopling secara perlahan. Kalau ada hentakan dari mobil, langsung injek kopling lagi, kalau perlu sambil injek gas.

11. Berhasil

11

Asik, akhirnya mobil kamu nyala. Berarti kencan kamu gak jadi gagal. Tapi kamu harus inget, mobil kamu bisa idup lagi karena bantuan dua orang tadi. Makanya kamu jangan langsung kabur sambil melambaikan tangan seraya bilang,“Makasih, mas!”. Sopan dikit lah, berterimakasih langsung ke mereka.

12. Turun Dari Mobil Buat Bilang Terimakasih

12

 

Eh tapi sebelum turun jangan lupa buat matiin mesin mobil lagi ya, nanti mobil kamu ilang lho kalo ninggalin mobil dengan posisi menyala.

13. Bilang Terimakasih

13

 

Kalo emang kamu punya uang dan pengen berbagi rezeki, bisalah kamu kasih ongkos. Berapanya terserah kamu, sesuain aja sama mukanya.

14. Mikir

14

 

Bingung ya, kenapa kuncinya kamu cabut lagi tadi?

15.  Mogok Lagi Deh Mobil Kamu

15

 

Yaudah ulangi aja dari tahap pertama. Eh, jangan-jangan kamu sengaja biar lebih lama sama dua orang tadi. Cieeee

Kayak gitu deh kira-kira caranya idupin mobil manual yang mogok. Selamat mencoba!