Patut Dicoba! 7 Trik Sederhana yang Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Irit

Siapa sih yang gak mau pergi liburan tapi uang juga tetep aman? Pasti mau banget kan. Apalagi kadang meski udah dibudgetin dengan seketat-ketatnya, tetep aja pas di lapangannya kamu masih suka mengeluarkan uang buat hal-hal sepele yang gak sadar bikin budget liburan kamu jadi membengkak. Ujung-ujungnya pas liburan selesai kamu cuma bisa bengong dan bingung, “ke mana perginya uang gue?” Kok tiba-tiba abis?“. Nah biar gak kayak gitu, sini MBDC kasih tau trik-triknya biar kamu bisa irit pas lagi pergi liburan.

1. Berangkat Malem, Jadi Gak Usah Tidur di Hotel

[caption id=“attachment_19227207748” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Bus" url="travelfarandclose.files.wordpress.com"} Foto dulu sebelum bobo. {source name=“Bus” url=“travelfarandclose.files.wordpress.com”} Foto dulu sebelum bobo.[/caption]

Kalo tujuan liburan kamu jauh dan perjalanan yang harus ditempuh lumayan makan waktu, kamu bisa mengakalinya dengan pergi malem. Atau cari cara supaya kamu sampe di sana pada siang hari alias di jam check-in hotel. Misalnya tujuan kamu adalah Yogyakarta yang kalo ditempuh dengan jalur darat sekitar 12 jam. Nah berarti kamu harus berangkat dari Jakarta sekitar jam 12 malem. Jadinya kan kamu bisa menghemat biaya semalam penginapan hotel. Mayan kan. Eh tapi namanya perjalanan suka susah diprediksi kan, kalo kamu malah sampe pagi hari, ya kamu coba istirahat aja di tempat makan. Sekalian nunggu jam check-in hotel.

2. Sarapan Rame-Rame di Hotel

[caption id=“attachment_19227207743” align=“alignnone” width=“560”]{source name="breakfast" url="www.tripadvisor.co.id"} Makannya gantian, biar gak ketahuan. {source name=“breakfast” url=“www.tripadvisor.co.id”} Makannya gantian, biar gak ketahuan.[/caption]

Ini pinter-pinternya kamu sih buat bisa mengambil porsi dalam jumlah besar. Jadi misalnya kamu dan temen kamu rame-rame pesen satu kamar di hotel. Nah biasanya kan satu kamar jatah sarapannya cuma buat dua orang gitu. Sementara kamu dan temen-temen kamu jumlahnya lebih dari dua. Maka cara ngirit biaya makannya adalah dengan sarapan di hotel bareng-bareng. Biar gak ketauan, kamu masuk ke ruang makannya gantian satu per satu gitu. Jangan sekaligus. Lebih enak lagi sih bawa langsung aja makanannya ke kamar. Tapi itupun kalo dibolehin sama pihak hotelnya makan di kamar.

3. Makan Nasi Bungkus Padang

[caption id=“attachment_19227207744” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Nasi bungkus" url="www.saribundo.biz"} Banyakin aneka kuah aja. {source name=“Nasi bungkus” url=“www.saribundo.biz”} Banyakin aneka kuah aja.[/caption]

Masih soal makan, karena emang biaya makanlah yang pasti paling banyak kamu keluarin kalo lagi pergi liburan. Makanya jadi perlu trik-trik lain buat menghemat pengeluaran. Nah, cara berikutnya adalah ketika kamu mau beli katakanlah itu makan siang, kamu beli aja nasi bungkus padang. Kenapa? Karena porsinya yang besar jadi bisa kamu makan rame-rame sama temen-temen kamu. Tinggal pesen satu lauk utama, semisal ikan goreng, abis itu siramin macam-macam kuah gulai dan sambel deh. Jadi tetep kelihatan semarak dan meriah kan makan siang irit kalian. Hemat!

4. Makannya Satu-Dua Kali Sehari Aja

[caption id=“attachment_19227207745” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Makan" url="danandsophtraveltheworld.wordpress.com"} Aauum. {source name=“Makan” url=“danandsophtraveltheworld.wordpress.com”} Aauum.[/caption]

Biasanya sih perut kamu suka otomatis tau diri gitu. Tanpa kamu suruh, perut kamu itu bakal jarang merasa laper. Mungkin karena dia juga sama antusiasnya dengan kamu yang udah seneng bisa pergi liburan. Jadi suka lupa makan. Nah, kondisi kayak gini justru baik buat keuangan kamu. Karena kamu jadi gak usah makan tiga kali sehari lagi selama liburan. Cukup satu-dua kali sehari aja udah cukup.

5. Beli Air Mineral Merek Gak Terkenal

[caption id=“attachment_19227207750” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Air" url="www.ylki.or.id"} Merk gak jelas. {source name=“Air” url=“www.ylki.or.id”} Merk gak jelas.[/caption]

Air mineral adalah satu hal yang paling sering kamu beli ketika lagi liburan. Iya tentu ini wajar banget, karena emang manusia lebih bisa menahan lapar daripada haus. Nah, meski begitu bukan berarti kamu gak bisa irit untuk hal yang satu ini. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli air minum kemasan yang mereknya gak terkenal. Misalnya merek-merek keluaran minimarket gitu. Dijamin lebih murah!

6. Bawa Uang Seperlunya Aja

[caption id=“attachment_19227207746” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Money" url="lilianaproevolutionforex.info"} Bawa tiga lembar cukup. {source name=“Money” url=“lilianaproevolutionforex.info”} Bawa tiga lembar cukup.[/caption]

Trik berikut ini tujuannya biar kamu gak BM (baca: banyak maunya -red) aja selama di tempat liburan. Karena kalo di dompet kamu ada banyak uang, biasanya kamu bakal lebih gampang buat mengeluarkannya bahkan untuk hal-hal yang gak penting banget. Nah, kalo uang kamu pas-pasan kan kamu pasti bakal mikir-mikir lagi kalo pengen beli sesuatu. “Hmm, beli gak ya?”

7. Liburan di Rumah Aja

[caption id=“attachment_19227207747” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Sleepy" url="my.telegraph.co.uk"} Makan chiki sambil nonton aja udah di rumah. {source name=“Sleepy” url=“my.telegraph.co.uk”} Makan chiki sambil nonton aja udah di rumah.[/caption]

Ya, kalo kamu merasa poin-poin di atas masih belum bisa menghemat pengeluaran. Kamu liburan di rumah aja sana. Tinggal beli chiki di warung terus nonton film-film liburan di laptop deh.

 

Itulah trik-trik sederhana yang bisa kamu coba saat lagi pergi liburan. Ada trik yang udah pernah kamu coba gak? Oh ya, ada bagusnya artikel ini kamu share juga ke temen-temen kamu. Kali aja kamu bisa menemukan travelmate kamu dengan cara ini. Yang satu visi sama kamu, yang seneng liburan irit!

 

Sumber foto utama

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!