8 Hal Yang Bisa Kamu Pelajari Dengan Rajin Main Game

Beberapa hari yang lalu, Om Mario Teguh mengeluarkan pernyataan yang kontroversial. Dia ngomong gini nih:

11060053_10154039060249881_4244567962902146581_n1

Wah pernyataan yang kesannya merendahkan banget ya. Om Mario Teguh gak tau kali ya, kalo jadi gamer itu punya banyak keuntungan. Main game bisa membuat seseorang jadi lebih baik!

Ini dia beberapa hal yang bisa dipelajari dengan rajin main game:

1. Lebih Cepat Bikin Keputusan

Dalam game bertipe first-person shooter kayak Counter-Strike, seorang gamer harus cepat mengambil keputusan. Kalo dia lamban mengambil tembakan atau salah mengambil posisi, nyawanya jadi korban. Karena dibiasakan untuk mengambil keputusan dengan cermat tentu hal ini berdampak ke dirinya.

2. Improvisasi Kreativitas dan Imajinasi

Pernah main Sim City? Pernah main Minecraft? Dua game itu menantang gamer yang main gamenya bisa bikin sesuatu yang terstruktur tapi dari imajinasinya sendiri. Dengan terbiasa main game beginian, otomatis si gamer akan terasah daya pikirnya. Apalagi dalam game akan selalu ada masalah yang harus dipecahkan. Kreativitas dan imajinasi ini akan membantu gamer berkembang jadi orang yang lebih baik.

3. Jadi Lebih Teliti dan Observan

Game juga menuntut pemainnya untuk teliti. Teliti membeli barang, memanfaatkan kesempatan dan banyak lagi lainnya. Game puzzle yang berat bisa gagal diselesaikan jika seseorang gak teliti. Hasilnya seorang gamer di dunia nyata jadi lebih perhatian sama apapun yang dikerjakan.

4. Fokus Kepada Banyak Hal Tanpa Harus Merasa Pusing

Faktanya, seorang gamer bisa fokus kepada enam hal sekaligus tanpa harus merasa pusing. Kalo orang jaman dulu kan, multitasking adalah sesuatu yang menakjubkan. Bagi seorang gamer di masa sekarang mah biasa aja. Karena mereka terbiasa untuk memperhatikan banyak hal sekaligus, terutama ketika bikin game yang berbasis strategi.

5.Lebih Visioner

Selain itu, seorang gamer bisa belajar jadi lebih visioner. Visioner dalam artian sudah berpikir selangkah ketimbang banyak orang. Seorang gamer dituntut bukan cuma mengetahui masalah tapi juga menyelesaikan masalah. Untuk menang, mereka harus berpikiran lebih depan dari orang lain. Tentunya, hal ini mengasah cara berpikir seseorang.

6. Jadi Lebih Matang Dalam Problem-Solving

Dalam game, kalo gagal seseorang bisa mengulang. Di dunia nyata, nggak bisa. Karena terus mengulang sesuatu sampai bisa, semakin lama main seorang gamer bahkan lebih cerdas memilah cara untuk nyelesain masalah. Jadi dia gak perlu lagi berlama-lama memikirkan penyelesaiannya. Ketika bertemu masalah di dunia nyata, dia juga akan menimbang cara terbaik untuk nyelesain masalah.

7. Punya Banyak Pengetahuan

Seringkali sebuah game bisa didasarkan pada pengetahuan mendalam. Misalnya, main game sejarah. Gak mungkin sejarah yang palsu yang dikasih. Begitu juga main game peperangan ataupun semacamnya. Otomatis seseorang akan mempelajari sesuatu dari game tersebut. Kemudian pengetahuannya disimpan dan dipakai untuk hal-hal berguna lainnya di dunia nyata.

8. Belajar Bahasa asing

Kebanyakan game yang ada sekarang adalah permainan berbahasa Inggris. Buat yang susah belajar bahasa, mungkin bisa mulai main game. Banyak istilah yang bisa kamu pelajari di game. Begitu juga kalo mau ngobrol, karena game sekarang banyak menyediakan chat room yang diisi pemain luar negeri.

Banyaaak kan yang bisa dipelajari dari game. Jadi kalo game justru bikin seseorang pemalas itu salah. Justru main game bisa bikin tambah pinter.

Pada akhirnya, benar apa yang dibilang oleh Om Dennis ini:

Dennisquotes

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!