Yuk Cintai Musik Dalam Negeri! Berikut 7 Genre Dalam Dangdut Yang Kamu Pasti Gak Tahu

Ada gak pembaca MBDC yang suka musik dangdut? Kamu pasti malu untuk mengakui bahwa kamu denger dangdut. Dangdut gak keren gitu. Norak. Kampungan. Padahal ya, dangdut bisa dibilang adalah jenis musik asli milik orang Indonesia. Dangdut is the music of my country, kalau kata sebuah lagu.

Asli? Pasti kamu yang keburu males sama dangdut langsung bergidik mendengarnya. Menurut MBDC, musik yang berakar dari India dan kemudian dipadukan dengan kekhasan Indonesia menjadikan genre ini jadi sesuatu yang original. Seperti banyak hal lainnya, yang menjadikan dangdut original adalah karena musik ini akulturasi budaya luar dengan budaya Indonesia.

Karena keluwesannya, genre ini berkembang lebih jauh. Bukan sekedar mengandalkan instrumen musik a la India tapi juga menyentuh modernisasi lewat perpaduan gitar hard rock sampai beat cepat elektronik.

Dangdut bukan sekedar musik norak loh. Tapi, jauh lebih dari itu. Lihat nih, chart yang dibikin oleh Aditya Saputra.

[caption id=“attachment_19227203041” align=“alignnone” width=“480”]{source name="Dangdut" url="facebook.com/aditbujubunengalabuset"} Dangdut {source name=“Dangdut” url=“facebook.com/aditbujubunengalabuset”} Dangdut[/caption]

Pasti setengahnya kamu belum pernah dengar kan.

Agar kamu makin nasionalis, yuk MBDC kenalin ke beberapa genre dangdut yang kamu pasti gak tahu.

1. Metaldut

[caption id=“attachment_19227203040” align=“alignnone” width=“538”]{source name="Alam" url="liputan6.com"} Alam {source name=“Alam” url=“liputan6.com”} Alam[/caption]

Dalam satu fase hidup kamu, kalau kamu anak 2000an, kamu pasti akrab sama sosok yang ada di foto di atas. Alam. Seseorang yang ditasbihkan jadi The King of Metal Dangdut. Gokil ye. Alam cukup menggemparkan pada masanya karena memadukan irama dangdut yang sudah dikenal dengan part gitar yang biasa terdengar di kancah Metal. Gak nyangka kan bahwa musik dangdut bisa gahar juga. Perpaduan ajaibnya ini menurut MBDC gak kalah fenomenalnya dengan Babymetal, yang menggabungkan kultur idol di Jepang dengan Metal.

Contoh lagu:

2. Skadut

Apalagi ini? Kamu mungkin bertanya-tanya. Skadut adalah perpaduan musik Ska dan Dangdut. Well, obvious banget ya. Yang unik memang musik Ska, yang awalnya diciptakan di sebuah negara misikin Jamaika sangat cocok dengan musik dangdut yang juga milik masyarakat bawah Indonesia. Seperti yang bisa kamu dengar di bawah (kalau kamu mau muter YouTube-nya), elemen musik Ska seperti brass section, gitar reggae dan bassline yang catchy ternyata masih nyambung dengan gaya menyanyi a la dangdut yang mengandalkan liukan vokal. Contoh lagu:

3. Koplo x Breakcore

Buat kamu yang akrab sama musik elektronik, mungkin tahu Breakcore. Secara sederhana, genre yang satu ini adalah versi ekstrim dari Jungle dan Electro-industrial. Ternyata musik macam ini bisa dipadukan dengan Koplo. Ciri khas paling kentara dari Koplo adalah permainan gendang yang dominan. Dua kutub yang sepertinya gak nyambung ini terbukti tetap enak didengarkan. Contoh lagu:

4. Jazzdut

Kalau genre yang satu ini menghilangkan semua unsur dangdut yang kamu tahu. Jika didengarkan baik-baik satu-satunya yang khas adalah liriknya yang 'dangdut banget'. Musiknya sih tetap berakar pada Jazz. Kadang bossanova, kadang swing, kadang big band. Sejauh ini genre yang satu ini hanya dinyanyikan oleh musisi Jazz dengan membawakan lagu orang lain. Seperti Monita Tahalea yang membawakan Pacar Lima Langkah atau Raisa yang membawakan ABG Tua. Contoh lagu:

5. Chadut

Salah satu perpaduan genre yang cukup old school di dunia dangdut adalah Chadut. Chadut menggabungkan musik Cha-cha dari Kuba dengan dangdut. Dansa yang dipakai pun dansa Cha-cha yang khas. Musik dangdut tetap terwakili dengan suling, gendang, keyboard dan vokal yang bernyanyi dengan liukan. Contoh lagu:

6. Dangdut Humor

Jenis musik ini pertama kali ada berkat Pancaran Sinar Petromak. Sekelompok anak muda yang berkuliah di UI dan kemudian dikenal berkat sering main bersama Warkop Prambors. Satu dekade kemudian Pengantar Minum Racun membuat orkes dangdut dengan semangat yang sama. Di era modern, genre ini bisa dikaitkan dengan Sekarwati. Contoh lagu:

7. Punk Dangdut

Hampir bersisihan dengan dangdut humor, karena biasanya liriknya mengundang tawa. Tapi, genre yang satu ini jadi berbeda karena memakai alat musik gitarlele dan biasanya lebih sederhana. Meski begitu, cara menyanyinya tetap sama seperti dangdut pada umumnya. Contoh lagu:

Nah itu dia musik

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!