8 Pekerjaan Yang Agak Sulit Dijelaskan Kepada Orang Awam

Jaman sekarang, yang namanya kerjaan udah banyak variasinya. Kerja bukan lagi sesuatu yang konvensional, seperti duduk di kantor dan melihat lembar-lembar data keuangan atau semacamnya.

Kamu bisa melakukan hobi dan menghasilkan duit darinya. Kamu juga gak perlu kelihatan sedang kerja untuk menghasilkan duit. Seringkali kerjaan yang masih “baru” ini dianggap gak beneran kerja. Makanya orang awam suka bingung pas dijelasin.

Ini dia beberapa pekerjaan yang agak sulit pas dijelasin ke orang awan:

1. Social Media Specialist

[caption id=“attachment_19227204620” align=“alignnone” width=“483”]{source name="Social Media Specialist" url="www.youtube.com"} Ini nih admin Twitter MBDC. Samperin aja kalo ketemu. {source name=“Social Media Specialist” url=“www.youtube.com”} Ini nih admin Twitter MBDC. Samperin aja kalo ketemu.[/caption]

“Jadi kerjaan kamu cuma ngetwit aja gitu seharian?”

Pertanyaan macam itu pasti terdengar ketika seseorang memberi tahu bahwa dia bekerja sebagai Social Media Specialist. Sekilas memang kerjaan Social Media Specialist ya cuma ngetwit. Tapi ternyata gak sesimpel itu. Seorang Social Media Specialist bukan ngetwit kayak orang kebanyakan. Dia harus bikin schedule, terus harus mikirin content apa yang pas untuk ditwit. Oh iya, dia bukan cuma ngurusin Twitter tapi juga Facebook dan Instagram. Mikirin juga content apa yang harus diiklanin biar rame dan viral.

Keren ya.

2. Professional Cosplayer

[caption id=“attachment_19227182767” align=“alignnone” width=“504”]{source name="Anna" url="http://iris-iridescence.deviantart.com"} Professional Cosplayer {source name=“Anna” url=“http://iris-iridescence.deviantart.com"} Professional Cosplayer[/caption]

“Jadi kerjaan kamu cuma jadi orang lain gitu?”

Kalau kamu ke expo kayak comic con, pop con atau toys fair kamu pasti ngelihat orang-orang berseliweran dengan kostum superhero. Ada yang mengambil referensi dari Jepang atau juga Amerika. Tahukah kamu bahwa kebanyakan dari mereka dibayar untuk melakukan itu? Ya, pekerjaan sebagai professional Cosplayer itu eksis. Dan kerjaan mereka adalah “memerankan” karakter. Berbeda dengan acting dalam drama atau film, mereka lebih luwes dan bertugas juga melayani pengunjung.

3. Game Reviewer

[caption id=“attachment_19227163781” align=“alignnone” width=“510”]{source name="Sexy Gamer" url="www.google.com"} Berani nantang? {source name=“Sexy Gamer” url=“www.google.com”} Berani nantang?[/caption]

“Jadi kerjaan kamu cuma main game seharian?”

Dulu game dianggap sebagai kegiatan yang buang-buang waktu. Kalau kamu main game melulu, kemungkinan besar orang tua kamu akan memarahi karena dianggap ngelakuin hal gak berguna. Kalau kamu malah memutuskan jadi Game Reviewer bisa diusir kamu dari rumah. Memang pekerjaan ini terlihat gak jelas banget ya. Tapi kenyataannya main game udah jadi hal yang serius dan bahkan dianggap olahraga. Turnamen The International (Dota 2) pemenangnya mendapatkan total 6 juta dollar. Serius banget kan.

Game reviewer bertugas main game dan kemudian mengulasnya untuk gamer lainnya. YouTuber terbesar saat ini Smosh menjadi terkenal karena review gamenya yang unik. Untuk punya kemampuan ini, ya kamu gak bisa sembarangan. Kamu harus jago main game dan udah berpengalaman banyak. Maka dari itu pekerjaan ini gak boleh diremehkan.

4. Creative Writer

[caption id=“attachment_19227204628” align=“alignnone” width=“507”]{source name="Creative Writer" url="www.google.com"} Namanya juga penulis kreatif. Harus kreatif dong. {source name=“Creative Writer” url=“www.google.com”} Namanya juga penulis kreatif. Harus kreatif dong.[/caption]

“Jadi apa bedanya sama jurnalis biasa gitu?”

Nah ini yang sering bikin orang bingung. Creative Writer itu berbeda dengan Jurnalis. Apa bedanya? Menurut Wikipedia, penulisan kreatif adalah tipe penulisan yang tidak perlu mematuhi norma profesional, jurnalistik, akademis dan tekhnis. Awalnya, penulisan kreatif hanya berlaku di kalangan fiksi saja. Belakangan dengan berkembangnya blogging, penulisan kreatif berkembang bukan hanya sekedar fiksi tapi juga non-fiksi. Tulisan di MBDC yang kamu baca adalah tulisan kreatif. Jadi, tolong dibedain ya.

5. YouTuber

[caption id=“attachment_19227200878” align=“alignnone” width=“504”]{source name="jebraw" url="pbs.twimg.com"} Tungguin jalan-jalan men terbaru ya! {source name=“jebraw” url=“pbs.twimg.com”} Tungguin jalan-jalan men terbaru ya![/caption]

“Tunggu dulu, kamu ngerekam video lagi ngomong? Terus ada ratusan ribu orang yang nonton? Terus kamu dibayar? Gimana gimana?”

Kayak tadi udah sempet MBDC bahas di poin Game Reviewer. Smosh, YouTuber terkaya memulai semuanya dari rumahnya sendiri. Dengan modal laptop dan nyerocos, dia pun jadi terkenal dan banyak duit. Bukan cuma dia aja loh yang udah sukses.

Kalau di Indonesia, ada Jebraw dan Naya. Tahu kan ya.

Eh tahu gak sih kalau Jalan-Jalan Men bakal keluar lagi video terbarunya

https://instagram.com/p/6wWYh4InnW

6. Food Taster

[caption id=“attachment_19227204643” align=“alignnone” width=“492”]{source name="Food Taster" url="mirror.co.uk"} Test Makanan {source name=“Food Taster” url=“mirror.co.uk”} Test Makanan[/caption]

“Jadi kerjaannya cuma nyicipin makanan aja gitu?”

Sebelum orang penting kayak Presiden makan di suatu tempat makan. Akan ada satu orang yang mencicipi makanan untuk memastikan kalau makanan tersebut tidak berbahaya. Ya, jadi kalo keracunan, si Food Tasternya lah yang merasakannya.

Pekerjaan ini juga berlaku untuk perusahaan makanan yang makanannya hendak dipasarkan. Tentunya bertujuan agar makanannya sehat dan laku di pasaran.

Ada ya kerjaan kayak gini.

7. Kritikus

[caption id=“attachment_19227204645” align=“alignnone” width=“470”]{source name="Kritikus" url="nbcchicago.com"} Roger Ebert, salah satu kritikus film terhormat {source name=“Kritikus” url=“nbcchicago.com”} Roger Ebert, salah satu kritikus film terhormat[/caption]

“Apaan kerjaan kok cuma ngomentarin kerjaan orang lain. Ini bukan kerjaan!”

Di industri kreatif ataupun seni, ada orang-orang yang punya kerjaan sebagai kritikus. Biasanya sih orang kayak gini dibenci sama seniman benerannya. Kesannya cuma bisa ngomong tanpa berkaya beneran.

Sebenernya orang yang bekerja sebagai kritikus harus banyak memenuhi kualifikasi biar bisa dibilang kritikus loh. Misalnya, dia harus tahu banyak tentang subjek yang dibahasnya. Kalau dia kritikus musik, ya harus ngerti musik, bukan cuma satu jenis musik, tapi luar dalamnya. Kritikus juga fungsinya ngelihat hal-hal lain yang gak dilihat sama orang yang berkarya. Maka dari itu pekerjaannya gak boleh diremehin.

8. Seniman

[caption id=“attachment_19227204646” align=“alignnone” width=“524”]{source name="Artist" url="blogspot.com"} Pada kenyataannya {source name=“Artist” url=“blogspot.com”} Pada kenyataannya[/caption]

“Oh sorry gw nanya kerjaan lo apa. Bukan hobi lo.”

Yak mungkin yang paling terakhir adalah fakta menyakitkan tentang seniman di Indonesia. Memang sih seniman itu bukan pekerjaan. Tapi, seniman juga bukan sesuatu yang main-main. Harus fokus dan gak bisa cuma jadi sekedar hobi.

Sabar ya para seniman.

Ada yang pekerjaannya lebih sulit dijelasin daripada poin-poin di atas? Coba ceritain sama MBDC di comments.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!