4 Perlombaan 17-an dan Filosofinya

Bangsa Indonesia punya cara unik untuk merayakan hari kemerdekaan. Pada 17 Agustus bukan hanya upacara wajib yang dilakukan, melainkan juga perlombaan yang bermacam adanya. Dari balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang dan banyak lagi lainnya.

Tahu gak kalau perlombaan ini udah ada sejak jaman kemerdekaan dan bahkan ada filosofi di balik setiap perlombaannya.

1. Balap Karung

balapkarung

 

Balap Karung dimaksudkan untuk ngingetin masyarakat Indonesia betapa susahnya masyarakat jaman dulu hidup. Soalnya saking miskinnya, orang Indonesia gak bisa beli pakaian dan memakai karung sebagai gantinya. Nah karena orang jaman dulu pengen orang jaman sekarang tau juga gimana gak enaknya pake karung, diciptakan lah lomba ini. Nah rasain tuh pake karung yang gak ada nyaman-nyamannya.

2. Makan Kerupuk

makankerupuk

 

Entah kenapa dari semua makanan, kerupuk dijadikan sebagai perlombaan. Tapi emang kalo dipikir-pikir, kerupuk adalah makanan yang Indonesia banget. Dimanapun kamu bisa memakannya dan di setiap rumah makan kamu bisa menemukannya. Filosofinya sih agar kamu sadar kalau kerupuk itu enak banget.

3. Panjat Pinang

panjatpinang

 

Permainan yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Kepikiran aja gitu, bikin lomba manjat pinang. Pada dasarnya orang Indonesia, terutama yang tinggal di hutan, memang pada suka manjat. Dijadiin lomba tapi di atasnya adalah hadiah-hadiah yang sering gak terduga. Filosofinya adalah hidup memang tak segampang manjat pinang. Terutama jika kamu jadi orang yang berada paling bawah.

4. Tarik Tambang

tariktambang

 

Permainan lainnya yang juga membutuhkan kerjasama banyak orang adalah tarik tambang. Sebuah tali tambang ditarik oleh dua grup yang berebut. Siapa yang jatuh, mereka lah yang kalah. Filosofinya adalah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Gitu deh. Ngerti lah ya.

Well, itu analisa asal-asalan MBDC, gimana kalau kamu tonton aja video di atas untuk tahu lebih dalam makna perlombaan 17 Agustus.


Oh iya! Karena besok 17an gimana kalau kamu ikut keseruan MBDC! Upload foto kamu lagi main lomba 17an di Instagram terus tag @malesbanget dan pake hashtag #MeriahkanLomba17an.

Hadiah menarik menanti kamu.

Bikin video paling seru ya!