Kapankah Waktu yang Tepat Untuk Buka Bareng? Ini Dia Analisisnya

Udah masuk bulan Ramadan dan undangan buka bareng banyak berdatangan? Kamu pengen banget sih dateng, tapi kok waktunya agak gak pas ya? Huh, emang tuh, selain tempat buka barengnya, si buka bareng sendiri suka jadi tricky karena waktunya yang gak oke. Mau dateng tapi ya gimana. Makanya, akan MBDC kasih tau nih, kapan waktu yang tepat untuk buka bareng.

Coba kita telaah ya.

[caption id=“attachment_19227196388” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Kalender Ramadhan 2015" url="2015calendarprintable.com"} {source name=“Kalender Ramadhan 2015” url=“2015calendarprintable.com”}[/caption]

Minggu pertama (Warna Kuning)

Di minggu pertama puasa, pasti kamu masih seneng-senengnya buka di rumah. Di rumah, masakannya masih bervariasi. Serba ada! Semuanya enak-enak.

Minggu kedua-ketiga (Warna Hijau dan Ungu)

Nah di minggu kedua atau ketiga, di rumah pasti makanan buka puasanya udah mulai biasa aja. Palingan beli bihun goreng pake bakwan dan juga gorengan lainnya. Terus minuman manisnya cuma sirup aja pake es batu. Anggota keluarga kamu yang lain juga ngeles dan banyak acara mulu lagi kalo ditanya mau buka puasa di rumah apa enggak. Akhirnya kamu cuma berdua sama mama, atau bahkan sama si bibi di rumah aja.

Minggu Keempat (Warna Pink)

Kalo kamu kampungnya jauh tentu aja minggu terakhir ini udah dihabiskan dengan perjalanan menuju kampung halaman. Temen-temen kamu yang lain juga udah mudik.

Maka, di bulan Ramadan ini:

Minggu pertama masakan di rumah masih enak dan kamu juga gak enak kalo buka di luar. Udah gitu terlalu cepet aja gitu kalo buka bareng di luar. Mana tanggalnya gak enak banget, tengah bulan nanggung gimana gitu. Duit juga udah menipis banget. Daripada gak bisa makan, jadi minggu pertama dieliminasi.

Minggu kedua dan ketiga ini cocok banget. Berhubung orang di rumah juga banyak yang dapet undangan buka bareng, maka ada baiknya kamu juga ikutan merencanakan buka bareng dengan teman-teman di minggu kedua dan ketiga puasa. Liat juga dong tanggalnya, cakep banget kan? Udah gajian atau udah dapet uang saku tuh pasti.

Minggu keempat ini terlalu sedikit waktunya. Mepet banget ke Lebaran. Udah gitu uang juga pasti udah abis untuk beli baju baru dan lainnya yang baru-baru buat Lebaran. Ya jadinya udah gak mungkin lagi untuk buka bareng. Mending dihabiskan sama keluarga aja.

Kesimpulannya, waktu yang paling tepat untuk buka puasa bareng itu di minggu ketiga dan keempat puasa! 

Di waktu-waktu itu kamu jadi bisa lebih maksimal dalam menjalankan kegiatan buka bersama. Kamu juga bisa merencanakan dengan sungguh-sungguh karena waktunya gak mepet-mepet. Pokoknya cucok banget deh. Meskipun kamu bukan panitia buka bareng, tapi keputusan tanggal pelaksanaan juga kan dari kesanggupan pesertanya bukan? Makanya kamu bisa deh ngasih saran ke panitia tentang waktu buka bareng yang tepat ini.

Gimana? Analisis yang sungguh sangat luar biasa banget sekali kan?

Menurut kamu buka bareng yang paling tepat itu kapan?

Buka bareng itu idealnya...

Kalo lagi ada duit

Kalo ada gebetan

Kalo diijinin orang tua

Kalo gak jauh-jauh

Kalo sama temen-temen deket aja

Buka bareng sama siapa aja ayo

Sumber foto utama