Apa itu Spoiler dan Kenapa Itu Jadi Masalah yang Sangat Penting?

Jadi ceritanya sekarang ini lagi rame di social media orang marah-marah karena spoiler tayangan favorit mereka bertebaran di mana-mana. Yap, Game of Thrones akhirnya telah menyelesaikan season ke limanya yang sekali lagi bikin penggemar mereka terkejut dengan kematian salah satu karakter idola mereka yang mirip kayak pemain bassnya Coldplay. Ah yaudahlah ya karena spoiler udah di mana-mana, dan kayaknya kamu juga udah pada nonton, jadi MBDC kasih tau aja, Jon Snow mati!

[caption id=“attachment_19227196004” align=“alignnone” width=“630”]{source name="Jon Snow" url="topyaps.com"} {source name=“Jon Snow” url=“topyaps.com”}[/caption]

Pertanyaannya adalah apakah spoiler itu masalah penting? Jawabannya nanti aja di akhir artikel. Sekarang mendingan kita menelisik terlebih dahulu tentang apa itu spoiler?

Spoiler Apaan Sih?

Kalau dari wikipedia sih spoiler berarti membeberkan jalan cerita dari sebuah cerita (bisa film, tv, buku, teater, musik, dsb) yang menyebabkan berkurangan kesenangan dalam membaca, menonton, atau mendengar cerita tersebut. Biasanya sih orang paling kesel kalau spoilernya itu yang berhubungan dengan ending film dan twist film.

Nah misalnya nih kamu udah nonton Game of Thrones trus temen kamu yang lain belum, trus kamu tiba-tiba nyeritain ke temen kamu kalau Jon Snow mati di akhir cerita. Maka kamu pun tergolong dalam orang-orang yang udah bikin spoiler. Dengan begitu apakah kamu bersalah? Bisa ya bisa nggak, karena menurut MBDC tipe orang yang ngasih spoiler itu ada macemnya:

1. Orang yang Dengan Sadar Ngasih Spoiler Demi Kesenangan Tipe tukang spoiler ini merupakan karakter yang paling jahat buat orang-orang yang nerima spoiler. Tipe ini biasanya akan lebih suka apa-apanya duluan. Ya karena kan mereka harus ngasih spoiler ke orang lain. Lantas hukuman apa yang pantas dikasih sama tipe orang yang satu ini? Ya terserah kamu aja sih, yang penting bertanggungjawab aja.

2. Orang yang Gak Sengaja Ngasih Spoiler Karena Terlalu Antusias Tipe yang satu ini maksudnya mungkin baik buat mempromosikan film atau acara tv yang menarik atau mungkin disukain sama banyak orang. Nah karena saking antusiasnya terkadang tipe orang yang kayak gini suka kelepasan nyeritain hal-hal dalam film atau acara tv secara menditail. Lantas hukuman apa yang pantas dikasih sama tipe orang yang satu ini? Ya terserah kamu juga sih, tapi sih lebih enaknya ditoyor dikit aja.

3. Media Massa/Kritikus Tipe ini paling banyak dijumpai saat ini dan yang paling sering ngasih spoiler. Memang sih kebutuhan mereka mungkin buat ngereview film atau acara tv yang udah ditonton, dan terkadang mereka harus masukin hal-hal penting dalam film atau acara tv tersebut biar review atau tulisan mereka lebih mendalam. Tapi sebenernya buat kasus tipe terakhir ini permasalahannya udah terpecahkan dengan disertakannya tulisan SPOILER ALERT di judul biar lebih bijaksana gitu deh. Dan hal ini pun sudah diapprove sama salah satu dedengkot review Roger Ebert dengan sebuah tulisan berujudul Critics have no right to play spoiler. Lantas kalau ada Media Massa atau kritukus yang gak nyantumin Spoiler ALert dalam tulisan atau artikelnya padahal isinya memuat spoiler gimana dong? Ya terserah kamu aja sih mau diapain.

[caption id=“attachment_19227195945” align=“alignnone” width=“630”]{source name="Legend" url="www.indiewire.com"} {source name=“Legend” url=“www.indiewire.com”}[/caption]

Siapa yang Dirugiin Dari Spoiler?

Pertanyaan yang sangat menarik. Siapa sih yang emangnya dirugiin dengan adanya spoiler? Kalau mau jawaban yang singkat dan cepat ya tentunya orang-orang yang mau nonton film ataupun acara tv tertentu. Ah masa? Emangnya para pembuat film atau acara tvnya gak ngerasa dirugiin juga gitu? Ya sejauh yang MBDC tau sih belum ada tuh film atau acara tv yang jadi gak laku gara-gara spoiler berkeliaran di mana-mana.

 

Walaupun begitu ada beberapa sutradara atau rumah produksi film yang tetap khawatir kalau filmnya dispoiler-in karena takut dikit yang nonton. Masalah ini sih bisa dianggap wajar kalau ngingat orang nonton film itu harus ngeluarin sejumlah uang tertentu. Nah kalau tiba-tiba kamu bocorin isi film tersebut bukan gak mungkin orang yang kamu bocorin jadi males buat nonton. Apalagi kalau filmnya itu yang punya twist macam Modus Anomali atau Psycho. Ya walaupun sebenernya banyak banget aspek dari film yang bisa jadi daya tarik dan menjual selain twist dan ending aja sih.

[caption id=“attachment_19227195952” align=“alignnone” width=“630”]{source name="penting" url="standupstrategy.org"} {source name=“penting” url=“standupstrategy.org”}[/caption]

Trus Spoiler Masalah Penting Gak?

Kalau ngeliat belum adanya pihak pembuat film atau acara tv yang dirugikan dengan kehadiran spoiler, mungkin spoiler itu bukan masalah yang besar banget. Toh sekarang ini trailer film sendiri udah mulai suka nyempilin spoiler bukan? Tapi kalau mau diliat dari sisi kenyamanan konsumen yang dalam hal ini adalah penonton, spoiler jelas bisa jadi masalah yang lumayan penting. Yap karena menonton adalah sebuah pengalaman yang pengen kamu rasakan pertama kali tanpa adanya gangguan. Kamu ingin menemukan nilai magis dan kejutan-kejutan dari tontonan karena emang kamu temuin dan rasain sendiri bukan karena udah dikasih tau terlebih dahulu. Gini aja deh, gimana jadinya kalau dalam hidup ini ada orang yang selalu ngasih tau kamu tentang apa yang akan terjadi sama kamu? Gak menarik kan. Baik atau buruk, kejutan lah yang bikin hidup ini lebih berwarna. Lalu pantaskah penggemar Game of Thrones marah-marah karena mereka dikasih spoiler? Ya pantas-pantas aja sih. Kalau marahnya kemudian beralih jadi melakukan tindakan yang sama kayak yang diterima Jon Snow baru deh gak pantas.

Tapi spoiler ini emang masalah yang gak bakal bisa diselain sih. Kamu gak spoiler tapi temen kamu yang spoiler. Temen kamu gak spoiler, orang lain yang spoiler. Orang lain banyak yang gak spoiler, media massa yang spoiler. Intinya sih selama kamu masih hidup di dunia ini dan masih bergantung sama social media ya kamu gak bakal bisa lari dari SPOILER!

Mungkin ada yang punya pendapat lain? Silahkan berkomentar di kolom komen

 

RELATED POST

RECENT POST

Akhirnya Bisa Juga Nonton Konser Paramore di Jakarta


Tahuri, Alat Musik Kerang yang Ajaib dari Maluku


Situs Layanan Informasi Kesehatan DokterBaBe Berganti Nama Jadi OkayDoc


5 Pertanyaan Tentang Video Klip Seringai Bareng Iko Uwais