5 Jenis Ujian yang Lebih Sulit dan Menyeramkan Dari SBMPTN

Kayaknya dunia anak muda yang udah lulus SMA lagi disibukkan dengan gonjang-ganjing pelaksanaan SBMPTN 2015 besok. Banyak yang deg-degan takut gak lulus, banyak juga yang santai karena gak berambisi banget untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Yah, emang sih SBMPTN itu susah, tapi ternyata masih ada lho ujian yang lebih susah dari SBMPTN.

1. Ujian hidup

[caption id=“attachment_19227194856” align=“alignnone” width=“461”]{source name="Kesulitan dalam hidup terpancarkan banget kan lewat gambar ini." url="anto-z.deviantart.com"} {source name=“Kesulitan dalam hidup terpancarkan banget kan lewat gambar ini.” url=“anto-z.deviantart.com”}[/caption]

Apa itu ujian hidup? Ujian hidup itu sesuatu kejadian yang menimpa kamu sehingga malanglah nasibmu jadinya. Macem ditinggal orang tua meninggal, dapet musibah kecelakaan, ditipu sampe bermilyar-milyar, dirampok, dibegal, nah itu baru ujian hidup. Meskipun ujian hidup yang berat-berat itu emang bikin depresi, tapi kadang kerikil-kerikil kecil macem pengen makan pake ayam di warteg tapi duit kurang seribu juga bisa menuai kesedihan luar biasa.

 

2. Psikotest masuk kerja

[caption id=“attachment_19227194854” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Psikotest yang ngebingungin" url="serbaserbiizzat.blogspot.com"} {source name=“Psikotest yang ngebingungin” url=“serbaserbiizzat.blogspot.com”}[/caption]

Kalo kamu pikir ujian masuk kuliah udah susah, coba ikutan psikotest untuk masuk kerja. Butuh seenggaknya dua kali coba tes sampe kamu ngeh, oooh, ternyata gini triknya biar lulus. Bisa aja sih kamu ngintip contoh soal dan kunci jawabannya di internet ataupun di buku. Tapi kadang tiap perusahaan itu beda-beda soal psikotesnya. Hoki-hokian aja ujungnya. Meskipun udah lulus psikotest gak langsung diterima kerja juga. Masih ada sederetan rangkaian wawancara yang harus kamu ikuti.

 

3. Ujian tulis bikin SIM

[caption id=“attachment_19227194853” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Soal ujian SIM" url="www.panduansim.com"} {source name=“Soal ujian SIM” url=“www.panduansim.com”}[/caption]

Nah ini dia nih yang masih jadi misteri ilahi. Konon katanya orang-orang yang lulus di ujian tulis pasti dengan nilai yang tipis dari batas kelulusan. Gak ada tuh yang dapet nilai sempurna. Disebut-sebut yang lulus ujian tulis itu dapet mukjizat karena pada kenyataannya emang orang cuma jago praktek tapi ilmu teorinya nihil. Emang sih soal ujiannya masih bisa dipikirin mateng-mateng, tapi si pilihan jawabannya itu lho yang rancu. Hampir mirip gitu deh antara pilihan jawaban yang satu sama jawaban yang lain.

 

4. Ujian urusan jodoh

[caption id=“attachment_19227194852” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Burung aja mesra gituuu." url="animals.ekstrax.com"} {source name=“Burung aja mesra gituuu.” url=“animals.ekstrax.com”}[/caption]

Kenapa ini harus dimasukkin, karena kadang kamu lupa kalo ini tuh masuknya ujian juga. Ujian untuk kamu yang bingung memilih diantara semua kandidat potensial yang bisa kamu pacarin, ujian untuk memilih siapa yang pantas untuk diseriusin, atau juga ujian untuk kamu yang sama sekali gak punya pilihan. Ciyan. Yang jauh lebih penting sih ujian di depan calon mertua. Beuh. Salah ngomong dikit, gak akan deh tuh kamu dan si pasangan dibolehin lanjut. Ribet emang masalah ujian untuk urusan jodoh ini.

 

5. Ujian Iqra

[caption id=“attachment_19227194850” align=“alignnone” width=“344”]{source name="Iqra 1, masih gampang gitu deh." url="play.google.com"} {source name=“Iqra 1, masih gampang gitu deh.” url=“play.google.com”}[/caption]

Mungkin ini hanya dialami sama mereka yang ikutan TPA atau pengajian dan semacemnya. Dijelasin dulu ya, jadi kalo belajar ngaji itu awalnya dari Iqra 1 yang masih standar dan mudah banget, yaitu mengenal huruf-huruf arab (hijaiyah) dan melafalkannya.

[caption id=“attachment_19227194851” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Iqra 6 udah mulai rumit." url="alquraniqradigital.com"} {source name=“Iqra 6 udah mulai rumit.” url=“alquraniqradigital.com”}[/caption]

Nah udah beranjak ke Iqra selanjutnya itu huruf hijaiyah udah mulai dirangkai dan berbentuk frase. Puncaknya di Iqra 6, yang mana udah dirangkai menjadi kalimat-kalimat pendek yang makin lama makin panjang dan udah berbentuk seperti ayat Al-Quran gitu. Kalo ujian Iqra 1 itu supaya bisa naik ke Iqra 2, nah kalo ujian Iqra 6 itu biar naik ke Al-Quran gitu, jadi udah gak masuk ke kelas bocah-bocah kecil lagi deh. Yang susahnya ya gitu deh. Deg-degan, dikerubutin orang-orang, udah gitu belom lagi kalo guru ngajinya galak yang selalu bawa sehelai sapu lidi. Ekstrim abis pokoknya!

 

Kira-kira gitu aja sih jenis ujian yang menurut MBDC lebih sulit dari SBMPTN. Menurut kamu ujian apa lagi nih yang lebih menyeramkan daripada SBMPTN?