Umurnya Udah 51 Tahun, Tapi Napi Ini Masih Pengen Ikut Ujian Nasional SD

Gak ada kata terlambat buat ngejar ilmu. Meskipun keadaan kurang mendukung, tapi kalo udah niat, semangat gak akan surut. Setidaknya itulah yang dirasakan Ramin yang merupakan narapidana di Rumah Tahanan Kelas 2B Serang, Provinsi Banten.

Umurnya udah 51 tahun, tapi Ramin masih semangat ngerjain soal walopun penglihatan udah berkurang. Dari 14 napi yang ikut ujian nasional Kejar Paket A (setara SD) di Rutan Kelas 2B Serang, emang ada tiga napi yang berumur di atas 50 tahun. Salah satunya Ramin yang terjerat kasus pencurian kambing setahun silam.

“Karena semasa kecil saya hanya mengeyam pendidikan sekolah dasar kelas satu selama satu minggu,” kata Ramin soal tujuannya ikut ujian nasional kejar paket A yaitu ijazah setara sekolah dasar.

Ijazah nanti rencananya bakal dipakai Ramin buat nyari pekerjaan, termasuk memotivasi anak dan cucu Ramin buat naruh pendidikan sebagai prioritas utama. Dua orang lain yang berusia di atas 50 tahun juga ikut ujian supaya ada bekal positif selepasnya dari kurungan.

Salut buat Ramin dan temannya!

Umur kamu udah 51 dan gak punya ijazah SD, haruskah ikut ujian?

Mau dong kalo emang ada kesempatan

Gak tertarik, apa sih pentingnya pendidikan

Pengen sih, tapi boleh nyontek gak?

Sumber